Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus di Android

Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus
Image credit: Nokturnal.id

Simpel digunakan, WhatsApp menjadi pilihan utama banyak orang didunia untuk berkomunikasi dengan chat, voice call ataupun video call. Kita hanya perlu mendaftarkan nomor telepon dan akun WhatsApp siap digunakan.

Tidak hanya digunakan secara pribadi kepada keluarga, kerabat dan teman, WhatsApp juga sering digunakan sebagai sarana berbisnis seperti online shop dan sejenisnya.

Mencampur chat yang datang dari pelanggan dengan chat pribadi tentu tidak dianjurkan, selain terkesan tidak rapi, ada risiko salah chat yang mungkin akan menimbulkan kesalahpahaman. Karenanya lebih baik membedakan chat tersebut dengan membaginya di dua aplikasi WhatsApp yang berbeda.

Lalu apakah ada cara menggunakan 2 WhatsApp sekaligus didalam satu smartphone?

Tentu, WhatsApp sendiri menyediakan sarana ini untuk mereka yang menggunakan layanannya sebagai komunikasi untuk berbisnis. Jadi kamu bisa menggunakan aplikasi WhatsApp asli untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat, dan aplikasi WhatsApp lain untuk media berbisnis.

Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus di Android

WhatsApp Business

WhatsApp Business

WhatsApp Business
WhatsApp Business
Developer: WhatsApp Inc.
Price: Free

Yang pertama adalah memanfaatkan WhatsApp Business. WhatsApp Business dibuat untuk digunakan para pemiliki bisnis supaya chat dari klien ataupun pelanggan tidak tercampur dengan chat dari orang-orang terdekat yang sifatnya pribadi. Berikut langkah daftar dan penggunaannya.

1. Download dan install aplikasi WhatsApp Business dari Google Play Store.

2. Buka aplikasi lalu daftarkan nomor baru/nomor lain di akun WhatsApp Business.

3. Apabila kamu sudah memiliki akun WhatsApp, maka kamu bisa langsung login.

4. WhatsApp Business siap kamu gunakan.

Parallel Space

Parallel Space

Parallel Space-Mehrfachkonten
Parallel Space-Mehrfachkonten
Developer: LBE Tech
Price: Free+

Yang kedua menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Parallel Space. Aplikasi ini memang dibuat untuk tujuan menggandakan beragam aplikasi yang kamu inginkan. Parallel Space bisa kamu gunakan gratis dengan menampilkan iklan dan menawarkan opsi pembelian didalam aplikasi.

1. Download dan install Parallel Space.

2. Buka Parallel Space dan centang pada aplikasi yang ingin digandakan, untuk artikel ini saya pilih WhatsApp.

3. Tap tombol Add to Parallel Space, sampai sini aplikasimu akan digandakan.

Centang Aplikasi

4. Jika sudah, tahan ikon aplikasi beberapa saat lalu seret ke bagian Create shortcut.

Buat Shortcut

5. Setelah langkah diatas, shortcut WhatsApp hasil klon Parallel Space akan muncul di layar home.

Menggunakan Fitur App Clone

Di beberapa smartphone seperti Xiaomi, Realme, Vivo, Oppo dan brand lain sudah terdapat fitur bawaan yang berfungsi untuk menggandakan aplikasi apa saja. Fitur ini biasanya ditempatkan dimenu pengaturan yang letaknya berbeda-beda tiap brand-nya.

Dibanding Parallel Space, menggunakan fitur bawaan smartphone ini biasanya lebih mudah dan praktis. Biasanya kamu hanya perlu melakukan tap enable pada aplikasi yang ingin digandakan, lalu shortcut juga akan dibuat secara otomatis tanpa melakukan pengaturan lainnya.

Penutup

Nah itulah cara menggunakan 2 WhatsApp sekaligus yang bisa kamu coba saat ini. Jika memang memiliki bisnis, maka cara pertama sangat saya rekomendasikan. Namun apabila tidak ingin menggunakan WhatsApp Business, maka gunakan cara kedua atau ketiga, pilih yang menurutmu paling mudah diikuti.

Semoga artikel ini bermanfaat, tinggalkan komentar jika menemui kendala saat mengikuti tutorial diatas.

Cheers!

Donny Satriya
Donny adalah pendiri sekaligus penulis di Nokturnal.id, menyukai dunia teknologi sejak lama. Tidak memiliki hobi khusus, namun menyukai musik dari berbagai genre.