Cara Menggunakan TeamViewer di Komputer, Android & iOS

Cara Menggunakan TeamViewer
Gambar: www.teamviewer.com

TeamViewer adalah aplikasi yang digunakan untuk mengontrol komputer atau ponsel secara remote melalui jaringan internet. TeamViewer seringkali dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada komputer lain atau melakukan pengaturan tanpa harus memegang perangkat tersebut secara langsung.

Misalnya teman terdapat masalah di laptop temanmu dan kamu diminta untuk mengeceknya, kamu bisa memanfaatkan TeamViewer sehingga kamu atau temanmu tidak perlu bertemu secara langsung. Lalu bagaimana cara menggunakan TeamViewer yang benar? Simak penjelasannya melalui tutorial berikut ini.

Cara Menggunakan TeamViewer

Pada tutorial ini saya membaginya kedalam tiga jenis sesuai perangkat yang akan disambungkan. TeamViewer bisa kamu gunakan secara gratis, dan saat ini sudah mendukung beberapa sistem operasi populer seperti Windows, MacOS, Linux, iOS dan Android.

Komputer ke Komputer

1. Untuk mengontrol komputer menggunakan TeamViewer, pastika kedua komputer sudah memiliki TeamViewer yang terinstall.

2. Kemudian buka TeamViewer dan berikan ID dan Password yang muncul ke orang yang akan mengakses komputer. Sebagai contoh, berikut ID dan Password komputer bernama USER.

ID dan Password User

3. Kemudian dikomputer lain yang pada contoh ini bernama Leftteeth, masukan ID pada form Partner ID. Pilih Remote control kemudian klik tombol CONNECT.

Masukkan ID

4. Akan muncul jendela baru yang memintamu memasukkan password. Masukkan password dari USER ke Leftteeth, lalu klik Log On.

Masukkan Password

5. Akan muncul jendela baru yang menampilkan layar komputer yang tersambung, kamu bisa mengoperasikannya melalui jendela tersebut.

6. Jika sudah selesai, cukup tutup jendela tersebut dan sambungan akan terhenti.

Android ke Komputer

TeamViewer für Fernsteuerung
TeamViewer für Fernsteuerung

Saat sedang keadaan mobile, kamu tetap bisa mengontrol komputer dengan memanfaatkan TeamViewer dengan mudah.

1. Download dan Install aplikasi TeamViewer melalui Google Play Store seperti biasa.

2. Kamu tetap memerlukan ID dan Password yang ada di TeamViewer komputer.

3. Masukkan ID pada form Partner ID yang ada di aplikasi TeamViewer Android. Lalu tap opsi REMOTE CONTROL.

Tap Remote Control

4. Selanjutnya masukkan Password pada pop-up yang muncul, lalu tap tombol OK.

Masukkan Password di TeamViewer Android

5. Akan muncul tutorial cara berinteraksi menggunakan mouse komputer seperti ini, tap Continue.

Tap Continue di TeamViewer Android

6. Kamu sudah bisa mengakses komputer manapun dengan menggunakan TeamViewer. Untuk menutup, cukup tap ikon X pada ujung kiri layar ponsel, lalu tap CLOSE dan sambungan akan berhenti.

Berhasil Terhubung dengan TeamViewer Android

Komputer ke Android

TeamViewer QuickSupport
TeamViewer QuickSupport
Developer: TeamViewer
Price: Free

Sebenarnya kamu juga bisa mengontrol ponsel atau perangkat Android melalui komputer melalui TeamViewer. Kamu hanya perlu menginstall aplikasi TeamViewer QuickSupport di perangkat Android, lalu mengunduh Add-on yang dibutuhkan. Saya akan memperbarui tutorial bagian ini kedepannya.

TeamViewer memang menjadi cara mudah untuk mengontrol komputer lain untuk berbagai keperluan. Yang perlu diperhatikan adalah, kamu harus memiliki koneksi internet yang cukup stabil agar pergerakan mouse dan perpindahan layar berjalan dengan lancar.

Kemudian meskipun terdapat menu Sign In pada aplikasi TeamViewer, kamu tidak wajib membuat akun dan masuk untuk mulai menggunakannya. Kamu bisa langsung menggunakan TeamViewer seperti biasa langsung setelah selesai install, jadi tidak perlu repot mendaftar apabila memang tidak diperlukan.

Penutup

Tidak sulit bukan cara menggunakan TeamViewer untuk beberapa skenario diatas? Aplikasi ini cukup membantu jika terjadi masalah pada komputer lain yang letaknya jauh, kamu jadi tidak perlu menanganinya ditempat.

Jika mendapati kesulitan saat mencoba tutorial diatas, kamu bisa meninggalkan pertanyaan melalui kolom komentar.