Cara Menghapus Antivirus Avast yang Tidak Bisa Dihapus, Sampai Bersih!

Bingung tidak bisa menghapus Avast seperti program lain? Ikuti tutorial ampuhnya dibawah ini.
Cara Menghapus Antivirus Avast
Gambar: support.avast.com

Ingin menghapus antivirus Avast tapi tidak menemukannya melalui Control Panel atau program pihak ketiga seperti Iobit Uninstaller? Tenang, ada cara menghapus Antivirus Avast paling ampuh dan dijamin bersih yang bisa kamu coba. Saya sendiri juga bingung mengapa proses uninstall antivirus ini lebih sulit dibanding antivirus gratis lainnya.

Meskipun tersedia gratis dan performanya cukup bagus jika melihat hasil pengujian lab independen seperti av-test.org, Avast menyertakan adware dan ekstensi browser yang terkadang cukup menyebalkan. Dari pengalaman saya, hal inilah yang memutuskan saya untuk menghapus Avast dan memilih menggunakan Windows Defender.

Cara Menghapus Antivirus Avast

Langsung ke pokok pembahasan, Avast sudah menyediakan program lain yang digunakan untuk menghapus produk antivirusnya dari komputermu. Jadi kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu dari situs Avast, ukurannya tidak besar jadi kamu tidak perlu khawatir.

1. Kunjungi https://www.avast.com/id-id/uninstall-utility lalu unduh avastclear.exe.

2. Jalankan avastclear.exe melalui doublik klik kiri, klik YES apabila muncul pop-up User Account Control.

3. Akan muncul jendela Avast Antivirus Clear, dan kamu diberi opsi untuk menghapus antivirus Avast melalui Windows Safe Mode atau tidak. Karena lebih disarankan untuk menggunakan Safe Mode, maka klik Yes.

Klik Yes untuk Menghapus Avast

4. Dijendela Avast Antivirus Clear selanjutnya, klik Yes dan komputermu akan melakukan restart.

Klik Yes untuk Masuk Safe Mode

5. Setelah menyala kamu akan masuk Windows Safe Mode dengan tampilan sederhana. Akan muncul jendela Avast lalu klik tombol Uninstall dan tunggu prosesnya.

6. Jika proses uninstall sudah selesai, klik Restart. Komputermu akan menyala secara normal dan antivirus Avast sudah berhasil dihapus sampai bersih.

Baca juga: Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

Cukup mudah bukan cara menghapus antivirus Avast yang tidak bisa dihapus diatas? Cara diatas merupakan cara resmi yang diberikan oleh pihak Avast apabila antivirus mereka tidak bisa dihapus dengan cara biasa, melalui Control Panel maupun program pihak ketiga seperti Iobit Uninstaller.

Penutup

Program avastclear.exe yang sebelumnya kamu unduh tidak akan terinstall meskipun kamu membukanya pada langkah awal, jadi tidak perlu khawatir. Dan semua antivirus Avast akan benar-benar terhapus tanpa meninggalkan jejak.

Lalu soal opsi uninstall, ada baiknya kamu menggunakan mode safe mode agar prosesnya berjalan dengan lancar dan tidak ada file antivirus yang tersisa. Tidak perlu khawatir soal safe mode apabila kamu belum pernah melakukannya, karena pada dasarnya proses menghapus antivirus Avast berjalan otomatis.