Cara Menghapus Blog di Blogspot dan WordPress

Hapus blogmu yang tidak digunakan di Blogspot dan Wordpress secara permanen dengan cara ini.
Cara Menghapus Blog

Platform blog seperti Blogspot dan WordPress bisa menjadi pilihan tepat untuk belajar blogging atau sekedar membagikan tulisan dan pengalaman yang dialami. Membuat blog dikedua platform ini bisa kita lakukan dengan mudah dan gratis. Lebih kerennya lagi, tidak ada batasan blog yang bisa kita buat.

Meski demikian tentunya akan susah untuk merawat banyak blog sekaligus. Dan biasanya saat pertama kali kita membuat blog, kita hanya mencoba dan akhirnya merasa kurang cocok dengan blog tersebut. Jangan khawatir, karena ada cara menghapus blog di Blogspot dan WordPress agar tidak membuat dashboard-mu terlihat berantakan.

Cara Menghapus Blog di Blogspot

Blogger dan Blogspot itu blog yang sama, jadi kamu tidak perlu bingung saat menggunakan cara dibawah ini. Dan perhatikan baik-baik nama blog yang akan dihapus, agar tidak terjadi salah hapus karena kurang teliti.

1. Pertama masuk ke dashboard Blogspot.com seperti biasanya, tampilannya seperti pada gambar dibawah.

Cara Menghapus Blog di Blogspot

2. Kemudian pilih blog yang akan dihapus melalui menu yang ada disebelah kiri. Sebagai contoh, saya akan menghapus blog Auto Cars Concept.

Pilih Blog yang Ingin Dihapus

 

3. Jika blog yang ingin dihapus sudah dipilih, buka menu Setelan yang ada barisan menu sebelah kiri.

Pilih Menu Setelan

4. Kemudian pilih Lainnya. Klik Hapus blog yang ada dipanel sebelah kanan.

Pilih Menu Lainnya

5. Akan muncul popup seperti pada gambar dibawah. Meski sifatnya opsional, kamu bisa klik Download Blog untuk mengunduh semua konten diblog yang akan dihapus, jadi tentukan pilihanmu. Lalu klik Hapus Blog Ini.

Klik Hapus Blog Ini

Catatan:
Blog yang sudah dihapus melalui proses ini masih bisa dipulihkan dalam jangka waktu 90 hari sebelum akhirnya blog dihapus permanen. Kamu bisa mengaktifkan kembali blog menggunakan akun Google yang sama dengan yang kamu gunakan untuk membua blog tersebut.

6. Blog berhasil dihapus. Karena tidak langsung terhapus secara permanen, kamu bisa melihatnya dikategori Blog yang dihapus dibagian paling bawah daftar blogmu.

Kategori Blog yang Dihapus

Tidak terlalu sulit bukan cara menghapus blog di Blogspot? Karena Google akan mempertahankan blog sebelum dihapus permanen, kamu tidak memiliki risiko besar saat melakukannya.

Cara Menghapus Blog di WordPress

WordPress.com menjadi salah satu platform blog gratis yang cukup diminati setelah Blogspot. Sama seperti Blogspot, disini kamu juga bisa membuat banyak blog didalam satu akun.

1. Pertama, log in ke dashboard WordPress.com milikmu terlebih dahulu.

2. Kemudian klik My Sites. Jika belum menemukan blog yang ingin dimaksud, klik Switch Site dan pilih blognya.

Cara Menghapus Blog di WordPress

3. Selanjutnya pergi ke menu Manage > Settings.

Buka Menu Settings

4. Scroll kebawah dimenu Settings, kamu akan menemukan opsi Delete your site permanently. Klik opsi tersebut.

Klik Delete your Site Permanently

5. Kamu bisa mengunduh kontennya terlebih dahulu dengan klik Export content. Jika sudah klik tombol Delete site yang ada dibagian bawah.

Klik Delete Site

6. Ketik alamat blogmu diform yang tersedia pada popup yang muncul. Terakhir klik Delete this site.

Klik Delete This Site

Catatan:
Berbeda dengan Blogspot, di WordPress setelah kamu menghapus blog maka blog tersebut tidak bisa dikembalikan atau diaktifkan kembali. Jadi lakukan proses diatas dengan teliti agar tidak salah memilih blog yang ingin dihapus.

Penutup

Cara menghapus blog memang tidak sulit, yang perlu kamu lakukan adalah fokus saat mengikuti langkah-langkahnya. Jika memiliki pertanyaan atau terdapat langkah yang kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar dikolom yang tersedia. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.