4 Cara Menghapus Cache di Laptop & PC Terbaru 2020

Hapus cache itu mudah kok, lakukan secara rutin agar performa komputermu terjaga.
Cara Menghapus Cache di Laptop

Tempat penyimpanan yang terlalu penuh jadi alasan kenapa laptop kamu lemot, dan salah satu penyebabnya adalah cache. Menghapus cache pada komputer dengan Windows 10 penting dilakukan untuk menambah ruang penyimpanan dan meningkatkan kinerjanya.

Jika kamu belum pernah melakukannya, berikut ini insturksi lengkap cara menghapus cache di laptop dan PC paling mudah yang bisa kamu lakukan. Pembersihan ini bisa kamu lakukan secara rutin agar tidak menumpuk terlalu banyak dan mempengaruhi performa komputermu.

Cara Menghapus Cache di Laptop dan PC

Ada beberapa metode yang bisa membantumu untuk membersihkan cache di komputer.

Membersihkan Cache dengan CCleaner

CCleaner jadi solusi paling mudah untuk membersihkan cache yang dihasilkan dari penggunaan internet melalui browser. CCleaner juga bisa menghapus isi Recycle Bin dan file tidak terpakai di Windows lainnya.

Tidak sampai disitu, kamu juga bisa mengatur aplikasi Startup, melakukan Uninstall dan lain-lain melalui aplikasi ini. CCleaner bisa jadi salah satu aplikasi yang wajib kamu miliki, karena selain fungsinya ia juga tersedia gratis.

1. Download dan install CCleaner di komputermu.

2. Buka CCleaner dan klik Start.

Cara Menghapus Cache di Laptop dengan CCleaner

3. Jika kamu mendapati pesan seperti ini, pastikan kamu menutup semua browser yang sedang digunakan. Kamu bisa klik Close All.

Klik Close All

4. Terakhir klik Clean All. Dan semua file cache seharusnya akan terhapus dari komputer Windows-mu.

Klik Clean All

Membersihkan Cache dengan Disk Cleanup

Disk Cleanup adalah tools bawaan Windows yang berfungsi untuk membersihkan ruang penyimpanan dari cache atau temporary files. Untuk menggunakannya kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini:

1. Buka Run box, kamu bisa mengetik Run lalu tekan Enter di seach box atau menekan tombol Windows logo + R secara bersamaan.

2. Ketik cleanmgr.exe lalu tekan tombol Enter atau OK.

Cara Membersihkan Cache di Laptop dengan Disk Cleanup

3. Pilih Drives yang ingin dibersihkan, lalu klik OK.

Pilih Drives

4. Klik Clean up system files.

Klik Clean up System Files

5. Item yang dicentang adalah item yang akan dihapus, jadi perhatikan baik-baik agar tidak ada data penting yang terhapus. Lalu klik OK.

Klik OK di Disk Cleanup

6. Klik Delete Files, dan file yang kamu pilih akan dihapus permanen.

Klik Delete Files

Itulah cara menghapus cache di laptop dan PC menggunakan Disk Cleanup, sedikit lebih ribet dan membingungkan memang. Jika tidak familiar saya lebih menyarankan menggunakan CCleaner.

Membersihkan Cache Windows Store

Sejak Windows 8, Windows Store jadi aplikasi menarik dimana pengguna dapat mengunduh beragam aplikasi dan game langsung di Windows. Windows Store akan membuat temporary files setiap kali kamu mengunduh aplikasi.

Berikut cara membersihkan cache Windows Store di laptop dan PC:

1. Buka Run box, kamu bisa mengetik Run lalu tekan Enter di seach box atau menekan tombol Windows logo + R secara bersamaan.

2. Ketik wsreset.exe lalu tekan tombol Enter atau OK.

Cara Menghapus Cache Microsoft Store

3. Jendela Commant Prompt akan muncul, tunggu saja hingga prosesnya selasai.

Proses Hapus Cache Microsoft Store

4. Windows Store akan muncul saat proses pembersihan cache dan temporary files selesai.

Microsoft Store

Membersihkan Cache Browser

Saat kamu browsing di internet menggunakan browser, terdapat file cache yang dibuat. Seiring dengan berjalannya waktu, ukuran cache akan semakin besar dan pastinya perlu kamu bersihkan.

Selain menggunakan CCleaner seperti pada metode pertama, kamu juga bisa membersihkan cache browser langsung melalui browser yang kamu gunakan. Berikut cara membersihkan cache laptop dan PC di browser:

Cara Menghapus Cache di Chrome

1. Tekan tombol Ctrl + Shift + Del/Delete pada keyboard secara bersamaan.

2. Kamu bisa menghilangkan centang Browsing history dan Cookies and other site data. Karena hanya bagian Cached iamges and file yang berisi file cache.

3. Klik Clear data.

Cara Menghapus Cache di Chrome

Catatan:
Menghapus Cookies and other site data akan membuat semua akun yang sedang log in menjadi log out. Misalnya kamu sedang dalam keadaan log in di Facebook, setelah proses ini maka kamu perlu log in kembali.

Cara Menghapus Cache di Firefox

1. Tekan tombol Ctrl + Shift + Del/Delete pada keyboard secara bersamaan.

2. Centang bagian yang ingin kamu hapus, yang terpenting hanya Cache saja.

Cara Menghapus Cache di Mozilla Firefox

3. Kemudian Clear Now.

Cara menghapus cache di Chrome maupun Firefox ini juga bisa kamu terapkan di browser komputer lain, secara garis besar tidak ada perbedaan langkah yang signifikan. Lamanya proses penghapusan cache tergantung seberapa besar cache yang terkumpul didalam browser tersebut.

Penutup

Mudah bukan cara menghapus cache di laptop dan PC Windows diatas? Jika baru pertama melakukannya, saya lebih menyarankan menggunakan aplikasi CCleaner karena sangat mudah dan cukup efektif.

Jika memiliki pertanyaan atau saran, silahkan meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.