Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Chat WhatsApp-mu layak mendapatkan pengaman tambahan, terapkan tutorial dibawah agar privasimu lebih terjamin.
Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp
Image credit: Nokturnal.id

Sebagian besar pengguna aplikasi WhatsApp tentu merasa bahwa pesan mereka harus dilindungi agar tidak bisa dibaca oleh orang lain. Karena alasan inilah WhatsApp menambahkan fitur fingerprint lock ke aplikasi mereka agar penggunanya tidak perlu repot untuk mengunci WhatsApp.

Dengan adanya fitur fingerprint ini, bisa dipastikan privasi pesanmu akan meningkat. Untuk bisa memanfaatkan fitur ini tentu kamu harus memiliki ponsel Android dengan sensor fingerprint, karena ia akan mengambil data fingerprint yang sudah kamu atur sebelumnya.

Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp Melalui Fitur Bawaan

Apabila tidak menemukan fitur ini, mungkin kamu perlu memperbarui aplikasi WhatsApp-mu ke versi terbaru yang tersedia di Play Store. Nah jika sudah, simak langkah mengaktifkan fitur fingerprint tersebut diawah ini.

1. Buka menu Settings dan pilih Account.

Pilih Account di WhatsApp

2. Tap menu Privacy.

Buka Menu Privacy

3. Kamu akan menemukan pilihan Fingerprint lock dibagian paling bawah, tap untuk membukanya.

Buka Fingerprint lock

4. Kemudian aktifkan dengan menggeser toggle yang ada dan konfirmasi menggunakan sidik jarimu.

Aktifkan Fingerprint Lock

Jika kamu belum pernah mengaktifkan fitur fingerprint, maka WhatsApp akan memintamu untuk mengaturnya terlebih dahulu. Kamu cukup mengikuti perintah yang diberikan aplikasi WhatsApp.

Kamu bisa mengatur kapan fitur fingerprint lock ini akan otomatis mengunci WhatsApp dengan pilihan yang tersedia, Immediately, After 1 minute dan After 30 minutes. Saya sendiri cenderung memilih Immediately atau secepatnya agar lebih aman. Dibagian bawah juga terdapat pilihan apakah kamu ingin menampilkan preview pesan melalui notifikasi atau tidak.

Catatan:
Fitur ini memang membuat WhatsApp lebih aman, tapi perlu kamu ketahui bahwa pesanmu tetap bisa dibaca dan dibalas apabila kamu mengaktifkan fitur “quick reply” yang biasanya muncul di notification bar. Begitu pula saat ada panggilan masuk, kamu tetap bisa mengangkatnya tanpa harus membuka kunci menggunakan fingerprint.

Cara Mengunci WhatsApp Dengan Aplikasi

Jika kurang puas dengan fitur bawaan yang disediaan WhatsApp, kamu bisa mencoba aplikasi pihak ketiga yang bertebaran di Play Store.

Berikut ini saya memberi contoh menggunakan aplikasi applock dengan performa terbaik sejauh ini yang pernah saya coba. Jika ingin mencoba aplikasi applock lain, mungkin kamu perlu membaca artikel kami sebelumnya.

FingerSecurity by Rick Clephas

FingerSecurity by Rick Clephas

FingerSecurity
FingerSecurity
Developer: Rick Clephas
Price: Free+

Aplikasi ini bisa kamu download gratis di Play Store, dan sampai artikel ini ditulis ia tidak menampilkan iklan seperti aplikasi serupa lainnya. FingerSecurity mengutamakan penguncian melalui fingerprint, jadi pastikan ponselmu memilikinya. Langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Download dan install FingerSecurity melalui Play Store.

2. Buka dan swipe kekanan untuk setup, isi Alternative Password yang merupakan backup saat fingerprint-mu tidak dikenali karena kondisi tertentu.

Isi Alternatif Password di FingerSecurity

3. Swipe dan dihalaman selanjutnya tap OPEN SETTINGS. Izinkan FingerSecurity untuk mendapatkan Usage access di ponsel Android-mu agar bisa berjalan dengan baik. Tap Permit usage access.

Tap permit usage access

4. Kembali ke aplikasi FingerSecurity, swipe kekanan lagi dan tap OPEN SETTINGS. Aplikasi akan membawamu kehalaman settings, tap Allow display over other apps hingga seperti gambar dibawah.

Tap display over other apps

5. Setelah langkah diatas kamu sudah bisa mengatur aplikasi apa saja yang ingin dikunci dengan fingerprint.

6. Pada tab APPS, tap logo + disebelah kanan bawah dan pilih WhatsApp. Kemudian aktifkan bagian WhatsApp is not being protected. Dibawah ini pengaturan untuk mengunci WhatsApp yang saya coba.

Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp

Terkadang WhatsApp masih terbuka sesaat sebelum FingerSecurity meminta konfirmasi fingerprint, hal yang wajah karena kita menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Penutup

Kamu bisa mencoba aplikasi applock lain yang saya rekomendasikan melalui artikel sebelumnya.

Untuk menjaga privasi WhatsApp, yang terpenting adalah jangan mudah meminjamkan ponselmu ke orang jika tidak dalam pengawasanmu. Sedangkan soal cara mengunci aplikasi WhatsApp terbaik menurut saya adalah menggunakan fitur bawaan yang sudah disediakan.

Silahkan tinggalkan komentar jika menemui kendala ataupun kesulitan dalam mengikuti tutorial cara mengunci aplikasi WhatsApp diatas. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.