Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di Android dan iOS

Dijamin tidak akan terganggu notifikasi dari WhatsApp selama beristirahat.
Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara
Gambar: @jamie452/unsplash.com

Saat ini hampir semua orang sudah memiliki ponsel pintar yang digunakan untuk berkomunikasi dengan mudah, baik untuk urusan pribadi maupun pekerjaan. Namun ada kalanya kita merasa jenuh dengan aktivitas dengan ponsel dan ingin berhenti sejenak, tanpa harus khawatir saat ada yang mencoba menghubungi, misalnya melalui WhatsApp.

Tenang, kamu bisa mengikuti cara menonaktiifkan WhatsApp untuk sementara ini agar bisa beristirahat dari kesibukan untuk sesaat. Cara ini bisa menjadi alternatif jika kamu sering dipusingkan dengan chat dan telepon melalui WhatsApp, sehingga kamu masih bisa dihubungi melalui media lainnya.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Melalui Pengaturan Ponsel

Cara pertama bisa dibilang menjadi yang paling sederhana namun ampuh. Kamu bisa menonaktifkan WhatsApp untuk sementara melalui pengaturan aplikasi yang ada disetiap ponsel, berikut langkah-langkahnya.

1. Cari dan buka menu Settings atau Pengaturan yang ada di ponselmu.

2. Kemudian pilih Apps & notification.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Melalui Pengaturan Ponsel

3. Cari dan tap pada aplikasi WhatsApp.

Buka WhatsApp

4. Didalam menu App info, tap tombol Force stop kemudian tap OK pada pop-up konfirmasi yang muncul.

Tap Force Stop

Selesai, sampai langkah diatas seharusnya notifikasi pesan maupun panggilan dari WhatsApp tidak akan masuk untuk sementara waktu. Cara ini pada dasarnya memaksa aplikasi WhatsApp untuk berhenti bekerja.

Sedangkan cara mengaktifkan kembali WA (WhatsApp) yang dipaksa berhenti ini adalah dengan membukanya melalui ikon di appdrawer seperti biasa, dan WhatsApp akan berjalan normal sebagaimana mestinya.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Lainnya

Beberapa cara dibawah bisa dijadikan alternatif agar tidak ada notifikasi WhatsApp yang masuk.

Mematikan Sambungan Internet

Cara ini tentunya akan membuat ponselmu tidak bisa menerima notifikasi dari aplikasi apapun, tidak hanya WhatsApp. Namun jika kamu memang ingin beristirahat sejenak dari kejenuhan harian, mungkin cukup efektif.

Menghapus Aplikasi WhatsApp

Jika tidak ada aplikasi WhatsApp, tentu tidak akan ada notifikasi dari WhatsApp bukan? Nah kamu bisa langsung menghapus/uninstall WhatsApp, namun pastikan kamu sudah melakukan backup pada semua data pesan yang kamu miliki. Jika banyak pesan penting, cara ini memang tidak terlalu disarankan karena ada kemungkinan data pesan yang hilang.

Penutup

Sampai saat ini memang belum ada cara menonaktifkan WhatsApp secara resmi melalui aplikasi WhatsApp itu sendiri. Namun jangan khawatir karena cara diatas cukup ampuh untuk menghentikan masukan notifikasi dari WhatsApp.