Cara Ping CMD di Windows 10, 8 dan 7 Paling Mudah

Melakukan ping menggunakan Command Prompt biasa digunakan untuk membuat koneksi internet menjadi lebih stabil, mau coba?
Cara Ping CMD

Perintah ping yang dijalankan melalui Command Prompt digunakan sebagai cara sederhana untuk memverifikasi bahwa komputer dapat berkomunikasi melalui jaringan dengan komputer atau perangkat jaringan lainnya.

Cara kerja perintah ping adalah dengan mengirim Internet Control Message Protocol (ICMP) ke komputer tujuan dan menunggu balasannya. Berapa banyak pesan tersebut direspon dan berapa lama waktu mereka untuk kembali adalah dua informasi utama yang diberikan oleh perintah ping.

Ping juga biasa digunakan untuk membuat koneksi internet stabil karena komputer terus mengirim request ke jaringan tanpa henti. Kamu bisa mencoba cara ini jika koneksi internetmu tidak stabil atau tidak responsif saat digunakan untuk browsing.

Cara Ping CMD di Windows 7, 8 dan 10

Perintah ping bisa dilakukan dihampir semua komputer Windows saat ini, termasuk Windows XP. Cara ping berikut ini adalah yang paling mudah dan sering digunakan.

Ping ke DNS Server

Yang pertama adalah melakukan ping ke DNS Server jaringan yang kamu gunakan, pada contoh saya menggunakan WiFi.

1. Buka aplikasi Command Prompt di komputermu, cara paling cepat dengan mengetik cmd di search box lalu tekan Enter.

Buka Command Prompt

2. Lalu ketik ipconfig/all dan tekan Enter pada keyboard, kamu akan mendapatkan detil Internet Protocol (IP) komputermu.

Ketik Perintah ipconfig

3. Cari DNS Server, biasanya terletak dibagian bawah.

Cari DNS Server

4. Jika sudah ketemu, ketik perintah ping -l 1000 192.168.100.1 -t lalu tekan Enter.

Catatan:
  • -l 1000 adalah jumlah data dalam hitungan byte yang dikirim, kamu bisa merubahnya menjadi 500 atau sesuai kebutuhan.
  • 192.168.100.1 adalah nomor yang kamu dapatkan setelah menggunakan perintah ipconfig/all
  • -t digunakan agar proses ping terus berjalan sampai kamu hentikan.

5. Setelah berjalan, kamu bisa minimize Command Prompt dan melakukan kegiatan lainnya. Biasanya cara ini cukup ampuh untuk membuat internet berjalan sehingga lebih stabil dan responsif.

Ping DNS Server

6. Untuk menghentikan proses ping, tekan tombol Ctrl + C pada keyboard. Setelah berhenti kamu bisa melihat laporan statistik dari perintah ping yang kamu lakukan.

Ping ke Website

Cara kedua ini prosesnya lebih cepat dan simpel. Daripada menggunakan DNS Server, kamu bisa memasukan domain sebuah website untuk di ping.

1. Setelah membuka CMD, ketik ping google.com -t lalu tekan Enter pada keyboard.

2. Ping akan langsung berjalan seperti cara sebelumnya.

Ping Google

3. Untuk menghentikan proses ping tekan tombol Ctrl + C.

Catatan:
  • Google.com adalah website yang sering digunakan sebagai tujuan ping, tapi kamu bisa menggunakan website lain sesuai kebutuhan.
  • Kamu bisa memasukan perintah -l 1000 yang ada pada cara sebelumnya disini.

Lalu, jika kamu penasaran soal perintah ping lebih jauh lagi, cukup ketik perintah ping/? dan tekan Enter. Kamu bisa melihat keterangan dan perintah apa saja yang bisa digunakan untuk ping.

Keterangan Ping

Penutup

Mudah bukan cara ping CMD di Windows? Cara ini juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengetahui apakah perangkat jaringan yang terhubung berfungsi dengan semestinya. Ping bisa digunakan untuk router, printer dan lain-lain selama mereka memiliki IP.

Tinggalkan komentar jika mengalami kendala atau terdapat bagian yang kurang lengkap di artikel ini. Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.