2 Cara Screenshot di Laptop & PC Windows Paling Mudah dan Cepat

Mau ambil screenshot? Ngapain pake ribet, coba cara mudahnya berikut ini.
Cara Screenshot di Laptop

Mengambil screenshot di komputer Windows sebenarnya sangat mudah karena Microsoft sudah membekali dengan beberapa metode screenshot sesuai kebutuhan penggunanya. Screenshot biasanya diambil dengan menekan beberapa tombol secara bersamaan, kamu bisa mengambil screenshot satu layar penuh, sebuah window atau bagian tertentu.

Belum tau cara screenshot di laptop atau PC Windows? Di artikel ini kamu akan melihat beberapa metode paling mudah yang bisa dicoba, tanpa aplikasi tambahan ataupun menggunakan aplikasi.

Cara Screenshot di Laptop dan PC

Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi gunakan cara screenshot di laptop atau PC yang sesuai dengan kebutuhan.

Cara Screenshot dengan Snipping Tool

Windows 10 dibekali dengan Snipping Tool, yang sudah ada sejak Windows Vista. Alat ini sebenarnya terbilang lengkap dalam hal fitur screenshot, dimana kamu bisa memilih bagian mana yang mau dimasukan ke screenshot.

Secara keseluruhan ada empat mode screenshot yang diberikan, yaitu:

  • Free-form Snip: Kamu bisa membentuk sendiri screenshot sesuai keinginan.
  • Rectangular Snip: Screenshot berbentuk kotak dimana kamu bisa menentukan bagian yang ingin discreenshot.
  • Window Snip: Mengambil screenshot jendela yang sedang terbuka, bisa menghasilkan screenshot yang rapi.
  • Full-screen Snip: Mengambil screenshot seluruh layar, jika kamu menggunakan lebih dari satu monitor kamu akan mendapatkan screenshot yang lebih panjang/lebar.

Cara menggunakan Snipping Tool sangat mudah, secara manual kamu bisa mengetik Snipping Tool di search box. Setelah itu pilih Mode, kemudiaan klik New dan mulai screenshot.

Pilih Mode di Snipping Tool

Kemudian simpan hasil screenshot dengan menekan ikon disket dan pilih folder yang kamu inginkan.

Klik Save Snip

Cara yang lebih cepat adalah dengan menekan tombol Windows + Shift + S secara bersamaan. Mode screenshot akan muncul dibagian atas layar dan pilih sesuai kebutuhanmu.

Setelah kamu mengambil screenshot dengan cara cepat diatas, akan muncul pop up window disebelah kiri layar, klik window tersebut kemudian klik ikon disket dan simpan di folder yang kamu inginkan.

Snipping Tool Cepat

Gambar hasil screenshot Snipping Tool tidak tersimpan dalam bentuk .png secara otomatis, melainkan hanya tersimpan di clipboard sehingga kamu bisa melakukan paste ditempat lain, misalnya Microsoft Word. Karenanya simpan dan namai secara manual setiap kali selesai screenshot agar lebih mudah dicari.

Cara Screenshot dengan Aplikasi LightShot

LightShot ini jadi aplikasi favorit saya untuk mengambil screenshot cepat dan menyimpannya otomatis difolder yang sudah ditentukan atau langsung diupload ke server LightShot. Jadi kamu bisa membagikan url hasil upload ke orang lain sesuai kebutuhan, hanya mereka yang memiliki url yang bisa melihat hasil screenshot tersebut.

LightShot juga dilengkapi dengan fitur image editor yang cukup lengkap untuk sebuah aplikasi screenshot. Kamu bisa menambah tulisan, tanda panah, garis, blur dan lain-lain. Proses editing ini dilakukan sebelum gambar disimpan atau diupload, jadi kamu tidak perlu kerja dua kali. Selain itu LightShot juga tersedia gratis dan tanpa iklan sama sekali.

Cara screenshot di laptop atau PC dengan menggunakan LightShot sangat mudah, cukup download LightShot kemudian install di komputermu. Kemudian tekan tombol PrintScreen di keyboard, saya layar redup arahkan kursor untuk membuat screenshot berbentuk kotak sesuai kebutuhanmu.

Jika belum paham, kamu bisa menonton video pendek mengenai tutorial penggunaan Lightshot langsung melalui situs resminya https://app.prntscr.com/en/tutorials.html

Pastikan aplikasi LightShot selalu berjalan di system tray agar bisa kamu gunakan. Sedangkan untuk folder penyimpanan default berada di Document > LightShot. Kamu bisa merubah folder ini sesuai keinginan.

Penutup

Sudah paham cara screenshot di laptop dan PC dari artikel diatas? Silahkan tinggalkan komentar jika kamu mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan lainnya.

Lalu karena ada sangat banyak aplikasi screenshot yang bertebaran di internet, mungkin kamu punya favoritmu sendiri. Bagikan pengalaman menggunakan aplikasi screenshot favoritmu melalui kolom komentar agar bisa saya tambahkan di artikel ini. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.