Cara Translate PDF Paling Mudah dan Cepat

Jangan putus asa dulu ya, coba PDF-nya ditranslate dulu. Siapa tau lebih mudah dipahami.
Cara Translate PDF

Saat sedang bekerja ataupun belajar, seringkali kita membutuhkan materi dari jurnal dan hasil riset asing berbentuk PDF. Meskipun cukup mahir berbahasa Inggris atau bahasa asing lain, terkadang bahasa yang digunakan cukup rumit sehingga lebih susah dipahami. Untuk kamu yang sering mengalami masalah ini, sebenarnya ada cara translate PDF yang mungkin bisa membantu.

Meskipun hasil terjemahan mesin tidak selalu akurat, setidaknya kamu punya gambaran mengenai topik yang sedang dibahas. Cara ini bisa kamu jadikan acuan dalam menggunakan ilmu dan hasil penelitian didalam jurnal tersebut dengan lebih baik lagi.

Cara Translate PDF

Ada beberapa cara menerjemahkan PDF ke bahasa Indonesia ada bahasa asing, sebagian besar menggunakan jasa Google Translate sebagai salah satu translator terbaik saat ini. Gunakan cara yang menurut kamu paling mudah dengan hasil yang sesuai.

Menggunakan Microsoft Word

Tidak hanya digunakan untuk mengetik artikel, kamu bisa memanfaatkan Microsoft Word sebagai media translate file PDF. Terlebih Microsoft Word dimiliki hampir semua orang yang mempunyai komputer. Dicontoh ini saya menggunakan Microsoft Word Office Professional Plus 2019.

1. Klik kanan di file PDF yang ingin ditranslate, lalu pilih Open with dan cari Word.

Cara Translate PDF dengan Microsoft Word

2. Microsoft Word perlu mengkonversi file PDF ke docx. Jadi apabila muncul jendela notifikasi seperti pada gambar dibawah, klik OK.

Konfirmasi Konversi PDF ke Word

3. Translate Selection:

  • Pergi ke tab Review dan gunakan opsi Translate yang ada di grup Language.

Buka tab Review di Word

  • Pilih Translate Selection jika kamu ingin menerjemahkan secara bertahap. Pengaturan bahasa dan hasil translate ada dipanel sebelah kanan Word.

Translate Selection

4. Translate Document:

  • Sedangkan apabila memilih Translate Document, kamu akan menerjemahkan seluruh dokumen sekaligus.
  • Save dokumen yang sedang dibuka dalam format .docx lalu atur bahasa tujuan dan terakhir klik Translate.

Translate Document

  • Semakin panjang dokumennya, makan semakin lama proses translate-nya. Jika sudah selesai dokumen hasil translate akan terbuka secara otomatis.

Cara translate PDR dengan Word membutuhkan koneksi internet karena ia menggunakan layanan translate milih Microsoft. Selain itu kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk menerjemahkan file Word.

Menggunakan Google Translate

Google translate sangat populer digunakan karena akurasi serta dukungan bahasa yang dimilikinya. Tidak hanya mampu menerjemahkan teks yang ditulis langsung, Google Translaate juga memiliki fitur untuk menerjemahkan dokumen.

1. Buka translate.google.co.id lalu pilih Dokumen. Disini kamu akan melihat format dokumen apa saja yang didukung Google Translate.

Cara Translate PDF dengan Google Translate

2. Kemudian klik Jelajahi komputer dan cari file pdf yang ingin kamu terjemahkan, lalu klik Open.

Klik Open Pada File PDF

3. Jika file PDF sudah terupload, klik tombol Terjemahkan.

Klik Terjemahkan

4. Tidak perlu waktu lama, kamu bisa membaca hasil terjemahannya.

Hasil Translate PDF di Google Translate

Sayangnya tidak ada cara untuk mengunduh file tersebut dalam bentuk .docx ataupun PDF. Jadi kamu hanya bisa membaca hasilnya melalui browser saja.

Menggunakan Tools Online

Di internet ada banyaak tools online berbasis web yang menyediakan layanan translate PDF secara gratis. Biasanya mereka juga menggunakan jasa Google Translate, namun memiliki kelebihan seperti bisa menyimpan hasilnya kedalam bentuk PDF kembali.

Dicontoh ini saya menggunakan situs www.onlinedoctranslator.com

1. Kunjungi www.onlinedoctranslator.com lalu klik Terjemahkan sekarang.

Cara Translate PDF dengan Tools Onlie

2. Lakukan drag & drop atau klik Upload file dan cari file PDF yang ingin kamu terjemahkan, kemudian tunggu proses upload-nya selesai.

Catatan:
Apabila muncul pop-up peringatan dibrowser, klik OK.

3. Scroll sedikit kebawah, dan tentukan bahasa tujuannya. Situs ini akan mendeteksi bahasa asal secara otomatis, jadi kamu tidak perlu mengaturnya. Lalu klik Terjemahkan.

Tentukan Bahasa Tujuan

4. Tunggu proses translate beberapa saat dan jika sudah klik Download dokumen terjemahan Anda!.

Download Hasil Translate PDF

Penutup

Mudah bukan cara translate PDF ke bahasa Indonesia atau lainnya?

Cara ini cenderung dilakukan hanya untuk mengetahui topik yang dibahas, bukan untuk membuat file PDF baru dengan bahasa lain. Sebab hasil translate yang tidak begitu rapi dan terdapat kata-kata yang rancu dan sedikit sulit dimengerti.

Silahkan tinggalkan pertanyaan apabila kamu mengalami kesulitan mengikuti tutorial diatas. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.

Featured image icon by: www.flaticon.com
Donny Satriya
Donny adalah pendiri sekaligus penulis di Nokturnal.id, menyukai dunia teknologi sejak lama. Tidak memiliki hobi khusus, namun menyukai musik dari berbagai genre.