2 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop & PC Paling Ampuh!

Dengan cara dibawah, kamu juga bisa menghapus aplikasi membandel yang tidak mempan di uninstall melalui Control Panel, dijamin!
Cara Uninstall Aplikasi di Laptop dan PC

Cara uninstall aplikasi di laptop atau PC sebenarnya sangat mudah dan tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga, kecuali karena alasan tertentu aplikasi tersebut tidak bisa diuninstall. Menghapus aplikasi bisa menambah ruang penyimpanan, sehingga menjaga kinerja komputer dan kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan file lainnya.

Terlalu banyak memiliki aplikasi juga seringkali memberatkan komputer, karena ada banyak jenis aplikasi bisa berjalan dibelakang layar secara otomatis. Cara ini juga mungkin menjadi solusi untuk mengatasi laptop dan PC yang lemot.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop dan PC

Cara menghapus aplikasi dan uninstall sebenarnya sama, intinya adalah menghapus semua file aplikasi tersebut secara permanen. Dan kamu bisa menggunakan beberapa cara efektif untuk melakukannya.

Cara Menghapus Aplikasi dengan Control Panel

Di Control Panel terdapat opsi yang memungkinkan kamu untuk menghapus aplikasi yang kamu install. Cara ini sangat umum digunakan karena mudah dan cepat, simak langkahnya berikut ini.

Catatan:
Pada contoh gambar dibawah saya sudah menginstall IObit Uninstaller, sehingga muncul icon IObit Uninstaller dibeberapa bagian.

1. Buka Control Panel.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop dan PC dengan Control Panel

2. Pilih Programs.

Pilih Programs

3. Lalu pilih Uninstall a program.

Buka Uninstall Programs

4. Cari program yang ingin kamu uninstall, klik kanan lalu pilih Uninstall. Proses penghapusan akan segera dimulai dan lamanya tergantung besar program tersebut.

Klik Uninstall

Catatan:
Kamu tidak bisa menghapus program lain sebelum program pertama menyelesaikan proses uninstall-nya. Jadi tunggu hingga prosesnya benar-benar selesai dan lanjutkan untuk uninstall program berikutnya.

Cara Menghapus Aplikasi dengan IObit Uninstaller

IObit Uninstaller ini adalah aplikasi pihak ketiga yang fungsinya untuk meng-uninstall program. Memang fungsinya sama dengan menu yang ada di Control Panel, tapi kelebihannya adalah, ia mampu menghapus program yang tidak bisa dihapus atau tidak terbaca di Control Panel.

Terkadang kamu akan menemui program mencurigakan dan sangat sulit dihapus melalui Control Panel, disitulah kamu harus mencoba IObit Uninstaller. Selain itu jika kamu klik kanan di shortcut program, akan muncul pilihan Powerful Uninstall dari IObit Uninstaller yang memungkinkan kamu menghapus program tersebut hanya melalui shortcut.

Aplikasi ini juga akan membersihkan file yang ditinggalkan aplikasi yang dihapus, termasuk registry dan lain-lain tanpa sisa.

Catatan:
Menghapus aplikasi dengan IObit Uninstaller bisa memakan waktu yang lebih lama daripada menggunakan Control Panel, namun lebih bersih.

1. Download IObit Uninstaller, aplikasi ini memiliki versi gratis tanpa iklan dan masa trial.

2. Install IObit Uninstaller di komputermu.

3. Buka IObit Uninstaller dan pilih All Programs, klik kanan pada aplikasi yang ingin dihapus lalu pilih Unisntall. Kamu juga bisa klik pada icon tong sampah yang ada disebelah kanan nama aplikasi.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop dan PC dengan IObit Uninstaller

4. Centang Automatically remove residual files, lalu klik tombol Uninstall.

Klik Uninstall di IObit Uninstaller

5. Kamu juga bisa klik kanan pada shortcut yang ada didesktop lalu pilih Powerful Uninstall, centang Automatically remove residual files dan proses uninstall akan segera berjalan.

Uninstall Melalui Shortcut dengan IObit Uninstaller

Selain aplikasi terinstall, IObit Uninstaller juga akan membaca Toolbars & Plug-ins browser, Windows Apps dan bahkan permintaah pembaruan aplikasi melalui Software Updater. Aplikasi ini mungkin wajib kamu install untuk kemudahan perawatan komputer.

Penutup

Itulah cara uninstall aplikasi di laptop dan PC paling mudah dan efektif yang bisa kamu coba, cara pertama adalah yang paling dasar dan cara kedua merupakan alternatif jika kamu menemukan aplikasi membandel.

Jika menemui kesulitan dalam mengikuti tutorial cara uninstall aplikasi di laptop dan PC, jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.