Cara Mengatasi D3DX9_43.dll is Missing Error

D3DX9_43.dll is Missing

D3DX9_43.dll adalah bagian dari DirectX yang seharusnya ada didalam direktori Windows atau sebuah program. Hilangnya file .dll ini tentu akan menyebabkan munculnya error disebagian program yang menggunakannya, biasanya ditemukan pada program seperti Wireshark, Origin atau beberapa judul game seperti Pro Evolution Soccer (PES), PUBG, Minecraft, GTA 5 dan lainnya.

File D3DX9_43.dll yang hilang biasanya diketahui saat membuka program tersebut dan muncul pesan seperti:

  • The program can’t start because D3DX9_43.dll is missing from your Computer. Try reinstalling the program to fix this problem.
  • D3DX9_43.dll is either not designed to run on Windows or it contains an error.
  • There was a problem starting D3DX9_43.dll. The specified module could not be found.
  • Error loading D3DX9_43.dll. The specified module could not be found.

Meski berbeda-beda, inti pesan tersebut tetaplah sama. Program membutuhkan file D3DX9_43.dll didirektori Windows atau direktori program itu sendiri. Jika kamu mengalami masalah ini, tidak perlu khawatir karena perbaikannya cukup mudah.

Cara Mengatasi D3DX9_43.dll is Missing

Sebelum mencoba cara utamanya, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut karena mungkin saja berhasil memperbaikin file D3DX9_43.dll yang hilang.

  1. Update Windows jika terdapat pembaruan yang tersedia.
  2. Hapus atau uninstall program yang error lalu install lagi.
  3. Perbarui program atau game yang error.
  4. Bersihkan dan optimasi Registry dikomputermu, kamu bisa menggunakan CCleaner.

Setelah melakukan langkah diatas, coba buka program atau game yang sebelumnya error. Jika masih menemukan error yang sama, kamu bisa menambahkan file .dll yang hilang langsung ke direktori Windows atau game itu sendiri.

Masukkan File D3DX9_43.dll Secara Manual ke Direktori Windows

Ada sedikit perbedaan dalam menambahkan file .dll secara manual pada Windows 32-Bit dan 64-Bit, jadi perhatikan dengan baik langkahnya.

Untuk Windows 32-Bit

1. Download D3DX9_43.dll versi 32-Bit melalui link yang sudah saya sediakan.

2. Extraxt file zip-nya, copy file D3DX9_43.dll (32-Bit) dan paste di Local Disk (C:) > Windows > System32.

Paste di System 32

Untuk Windows 64-Bit

1. Download D3DX9_43.dll veris 32-Bit dan 64-Bit melalui link yang sudah saya sediakan.

2. Extract kedua file .zip-nya dan paste ke masing-masing direktori berikut:

  • Versi 32-Bit ke Local Disk (C:) > Windows > SysWOW64

Paste di SysWOW64

  • Versi 64-Bit ke Local Disk (C:) > Windows > System32

Paste di System 32

Masukkan File D3DX9_43.dll ke Direktori Program atau Game

Beberapa program atau game hanya menggunakan file .dll melalui direktori mereka sendiri, jadi ada kemungkinan program atau game tersebut tetap error setelah kamu mengikuti langkah diatas.

Solusinya adalah dengan memasukkan file D3DX9_43.dll ke direktori game tersebut. Untuk dimasukkan ke direktori program atau game, versi file .dll biasanya mengikuti versi arsitektur Windows yang digunakan. Jika menggunakan Windows 32-Bit maka menggunakan file .dll versi 32-Bit dan begitu pula sebaliknya.

Karena direktori setiap program atau game berbeda-beda, kamu bisa klik kanan di Shortcut dan pilih Open file location. Temukan file .dll lain didalam folder program atau game tersebut dan paste file .dll tambahan kedalamnya.

Penutup

Mudah bukan cara mengatasi error D3DX9_43.dll is missing ini?

Caranya memang tidak panjang, namun tetap perhatikan setiap langkah dengan benar agar tidak melakukan kesalahan. Saya sendiri sering menggunakan cara diatas apabila mengalami error karena hilangnya salah satu file .dll dan seringkali berhasil.

Silahkan tinggalkan pertanyaan apabila menemui kesulitan atau hal lainnya. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply