5+ Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Terampuh!

Download Tertunda di Play Store

Pengguna Android sering sekali dihadapkan pada masalah download tertunda di Play Store, padahal aplikasi yang didownload harus segera digunakan. Pasti sangat menjengkelkan jika hal ini terjadi disaat-saat penting. Biasanya kita akan menyalahkan koneksi internet yang lemot, baik Wifi maupun data melalui SIM card.

Sebenarnya untuk mengunduh aplikasi dari Play Store sendiri tidak membutuhkan akses internet super cepat, hanya saja harus stabil agar prosesnya berjalan dengan lancar. Tapi memang sering terjadi kasus download tertunda di Play Store karena koneksi internet yang kurang lancar. Jika kamu sering mengalami hal ini, berikut ada beberapa solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Tidak perlu melakukan restart sebagai langkah awal untuk mengatasinya karena akan memakan waktu dan belum tentu berhasil, coba salah satu cara dibawah ini.

Matikan VPN

Meskipun VPN digunakan untuk mengamankan jaringan saat menggunakan akses internet, lain halnya jika di Google Play Store. Ia cenderung berpikir bahwa akses Wi-Fi dari VPN bukanlah Wi-Fi. Jadi jika kamu mengatur untuk mengunduh dan memperbarui aplikasi hanya melalui koneksi Wi-Fi dan pada saat VPN-mu sedang menyalaa, bisa dipastikan kamu tidak akan bisa mengunduh apapun dari Play Store.

Matikan VPN
Gambar: Donny Satriya via Nokturnal

Ada dua solusi untuk mengatasi masalah ini, pertama adalah dengan mengubah pengaturan jaringan agar bisa mengunduh aplikasi melalui SIM card. Dengan pengaturan ini tentu kamu harus memiliki kuota data.

Yang kedua dan yang paling praktis adalah mematikan VPN untuk sementara waktu. Matikan VPN-mu, lalu download aplikasi yang kamu inginkan melalui Wi-Fi dan nyalakan lagi saat proses instalasi selesai.

Hentikan Proses Auto Update dan Download

Proses download di Google Play Store tidak terjadi secara bersamaan. Misalnya kamu sedang mengunduh 10 aplikasi, prosesnya akan berjalan secara bergantian. Aplikasi kedua akan mulai didownload setelah aplikasi pertama menyelesaikan proses instalasinya.

Jadi download tertunda di Play Store bisa juga terjadi karena sedang ada proses update aplikasi atau aplikasi sebelumnya yang belum selesai didownload.

Kamu bisa melihatnya dengan membuka Google Play Store, klik ikon tiga garis ☰ disebelah kiri atas lalu pilih My apps & games. Apabila menemui proses update dan install disini, maka bisa dipastikan inilah penyebab tertundanya aplikasi yang baru saja kamu download.

Hentikan Proses Auto Update dan Download
Gambar: Donny Satriya via Nokturnal

Kamu bisa menghentikan proses update atau install aplikasi di My apps & games ini agar aplikasi terbaru yang kamu inginkan bisa cepat diproses.

Force Stop dan Clear Cache

Apabila cara sebelumnya tidak berhasil, kamu bisa mencoba membersihkan cache Google Play Store yang memang sering berhasil mengatasi masalah serupa. Langkahnya mungkin akan sedikit berbeda, tergantung UI yang digunakan serta versi sistem operasi Android yang kamu gunakan namun tidak signifikan.

Catatan:
Sebagai contoh, saya menggunakan custom ROM AOSP dengan sistem operasi Android 9 Pie.

1. Buka menu Settings lalu pergi ke bagian Apps & notifications.

Buka Apps & Notifications
Gambar: Donny Satriya via Nokturnal

2. Cari Google Play Store dan tap untuk membukanya.

Pilih Google Play Store
Gambar: Donny Satriya via Nokturnal

3. Karena Google Play Store harus dalam keadaan tertutup, tap FORCE CLOSE. Klik Ok pada menu konfirmasi force stop yang muncul. Jika berhasil tombol akan berubah warna menjadi abu-abu dan tidak dapat digunakan.

Tap Force Stop
Gambar: Donny Satriya via Nokturnal

4. Kemudian tap bagian Storage yang ada dibawahnya.

5. Di Storage, tap tombol CLEAR CACHE.

Tap Clear Cache
Gambar: Donny Satriya via Nokturnal

Kamu bisa langsung mencoba mengunduh aplikasi melalui Play Store atau melakukan restart terlebih dahulu. Setelah cara diatas, seharusnya sudah tidak ada download tertunda di Play Store lagi.

Periksa Sisa Ruang Penyimpanan Internal

Memory internal yang terlalu sesak bisa juga menjadi penyebab gagal download di Goole Play Store. Google menentukan jumlah minimal ruang penyimpanan yang ada adalah 300MB untuk dapat mengunduh aplikasi, tentu juga berdasarkan berapa besar aplikasi ingin kamu install.

1. Pergi ke menu Settings lalu pilih Storage.

Buka Menu Storage
Gambar: Donny Satriya via Nokturnal

2. Apabila sisa ruang penyimpanannya sangat sedikit, kamu bisa menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan. Untuk foto & video sebaiknya kamu pindahkan ke komputer, flashdisk atau hard disk eksternal.

Cek Ruang Penyimpanan Internal
Gambar: Donny Satriya via Nokturnal

3. Kemudian kamu bisa mencoba mengunduh aplikasi di Play Store.

Restart Perangkat Android-mu

Jika koneksi internetmu bisa digunakan untuk melakukan apa saja, ruang penyimpanan masih tersedia sangat banyak, dan tidak ada proses update & install yang berjalan tapi proses download tertunda di Play Store, coba restart!

Melakukan restart pada perangkat Android memang bisa menjadi solusi ajaib atas berbagai masalah yang muncul. Cukup tekan tombol power di Android-mu lalu pilih Restart, jika sudah menyala coba download di Play Store seperti biasa.

Download Aplikasai Melalui Browser

Saya berharap dengan cara diatas kamu bisa mengatasi masalah download tertunda di Play Store. Namun jika belum berhasil juga, kamu bisa mengunduh aplikasi yang kamu inginkan melalui browser.

Kamu hanya perlu mengunjungi play.google.com lalu login ke akun Google yang sama dengan yang ada di Android-mu. Lalu cari aplikasi menggunakan search bar dan klik di aplikasi yang kamu inginkan.

Klik install, kamu mungkin akan diminta memasukkan password akun Google sekali lagi. Jika sudah, pilih perangkat yang terkait dengan akun Google tersebut di menu dropdown yang muncul. Cara ini memang tidak pasti berhasil, namun wajib dicoba.

Alternatif lainnya adalah dengan mengunduh aplikasi melalui situs pihak ketiga seperi apkpure.com dan sejenisnya, meskipun tidak dijamin aman.

Penutup

Masalah download tertunda di Google Play Store sudah teratasi kan? Kamu mungkin perlu mencoba beberapa cara sampai masalahnya benar-benar teratasi. Jika belum bisa juga, coba ceritakan kondisi perangkat Android-mu melalui kolom komentar.

Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply