Facebook Resmi Meluncurkan Facebook Gaming, Ini Tampilan dan Fiturnya

Aplikasi Facebook Gaming meluncur untuk pengguna Android, dan segera disusul untuk pengguna Apple.
Aplikasi Facebook Gaming
Gambar: www.nytimes.com

Facebook resmi meluncurkan aplikasi khusus bernama Facebook Gaming dalam rangka menjangkan industri game dengan lebih luas. Seperti namanya, aplikasi ini digunakan untuk menonton live streaming yang saat ini dikuasai oleh Twitch, YouTube dan Microsoft Mixer. Aplikasi Facebook Gaming juga bisa digunakan untuk memulai streaming game dengan mudah melalui fiturnya.

“Berinvestasi dalam game pada umumnya telah menjadi prioritas bagi kame karena kami melihat game sebagai bentuk hiburang yang benar-benar menghubungkan orang”, kata kepala Facebook app, Fidji Simo, seperti yang dikutip oleh New York Times. “Ini hiburan yang bukan hanya bentuk konsumsi pasif tetapi hiburan yang interaktif dan menyatukan orang”, tambahnya.

Aplikasi Facebook Gaming pada awalnya dijadwalkan untul tilis pada bulan Juni 2020, namun Facebook mempercepatnya dan merilisnya pada 20 April secara global.

Aplikasi ini akan tersedian di Android terlebih dahulu, dan menyusul untuk perangkat iOS setelah Apple menyetujuinya untuk dimasukan ke App Store. Facebook sendiri sudah melakukan uji coba aplikasi Facebook Gaming di Asia Tenggara dan Amerika Latin selama 18 bulan terakhir.

Tampilan dan Fitur Aplikasi Facebook Gaming

Streaming dengan Facebook Gaming
Gambar: gadgets.ndtv.com

Aplikasi ini ditargetkan untuk pengguna ponsel pintar untuk menikmati mobile gaming. Facebook gaming berupaya menyelesaikan masalah susahnya streaming melalui ponsel ke platform seperti Twitch ataupun YouTube. Contohnya, Facebook Gaming memiliki tombol Go Live dibagian atas aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk bermain game dan mulai streaming di Facebook dengan cepat dan mudah.

Untuk memulainya, kamu bisa masuk ke aplikasi Facebook Gaming menggunakan akun Facebook. Setelah itu Facebook Gaming akan memintamu memilih beberapa game untuk kamu ikuti (follow), dan kemudian kamu akan melihat beberapa streamer populer memainkan game tersebut. Tentu kamu juga bisa skip proses ini dan memilih judul game favoritmu nanti.

Tampilan Facebook Gaming
Gambar: gadgets.ndtv.com

Di beranda, kamu akan melihat carousel yang berisi “Go Live”, “Clips”, “Following”, ” Follow Game”, dan “Groups”. Saat melakukan tap pada Go Live untuk pertama kali, Facebook Gaming akan meminta pengaturan tertentu pada ponsel. Setelah itu kamu dapat menambahkan judul game yang kamu miliki. Setelah tap pada judul game maka game akan terbuka dan streaming dimulai. Kamu akan melihat tombol Live dibagian atas game yang menandakan streaming tengah dmulai.

Bagian Clips kamu bisa menonton beragam video pendek seputar game yang mungkin kamu suka. Lalu pada bagian Following kamu bisa melihat streamer dan judul game yang kamu ikuti, begitu pula bagian Follow Games. Terakhir pada bagian Groups, kamu bisa bergabung dengan komunitas yang diminati berdasarkan preferensi game-mu.

Tampilan Facebook Gaming
Gambar: gadgets.ndtv.com

Jika melihat feed Facebook Gaming, kamu mungkin merasa aplikasi ini mirip Facebook karena isinya yang mirip namun lebih mengarah ke klip game yang kamu ikuti. Dibagian bawah kamu bisa melihat ikon controller yang akan mengarahkanmu ke bagian game yang bisa dimainkan secara online.

Ikon es krim akan membawamu ke streamer, game yang kamu ikuti dan lainnya. Terakhir, kamu bisa membuka atau menulis pesan dari dan ke temanmu melalui ikon pesan dibagian paling kanan.

Donny Satriya
Donny adalah pendiri sekaligus penulis di Nokturnal.id, menyukai dunia teknologi sejak lama. Tidak memiliki hobi khusus, namun menyukai musik dari berbagai genre.