Fitur Baru ‘Dark Theme’ WhatsApp Memasuki Tahap Beta Tester

Kira-kira akan sepopuler apa fitur WhatsApp terbaru ini ya?
WhatsApp Dark Theme
Image credit: Pexels, Facebook

Aplikasi dengan fitur Dark Theme memang lebih diminati karena tidak silau dan membuat mata cepat lelah dibanding mode aslinya. Salah satu aplikasi terpopuler saat ini, WhatsApp, baru-baru ini mengirim update ke Google Play Beta Program. WhatsApp membawa versi 2.20.13 dengan dengan tema gelap sebagai andalan.

Dilansir dari WABetaInfo, tampilan WhatsApp dengan fitur tema gelap ini terlihat bernuansa abu-abu dibanding hitam yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat baterai bagi pengguna smartphone berlayar AMOLED.

Pengaturan tema ini berada di WhatsApp Settings > Chat > Themes. Didalamnya ada beberapa opsi yang bisa dipilih seperti:

  • Light: Warna tema WhatsApp terang seperi biasa.
  • Dark: Warna tema gelap yang saat ini masuk tahap beta.
  • Set by Battery Saver: Tersedia untuk versi Android 9 kebawah, opsi ini memungkinkan perubahan warna tema light/dark berdasarkan pengaturan Battery Saver.
  • System default: WhatsApp akan mengidentifikasi tema yang kamu gunakan pada sistem Android (light atau dark), dan menyesuaikannya. Fitur ini berguna jika kamu menggunakan Android Q yang mendukung Dark theme lebih luas.
Setting Dark Theme WhatsApp
Image credit: WABetaInfo.com

Dark theme ini terlihat benar-benar presisi dan menyeluruh, berikut contoh tampilan pada bagian Privacy Settings. Menyesuaikan mode dark theme, bubble chat menggunakan warna abu gelap dan hijau yang juga terlihat cukup gelap. Bubble chat pengirim dan penerima masih bisa terlihat cukup jelas dengan kombinasi warna yang digunakan.

Tampilan Dark Theme WhatsApp
Image credit: WABetaInfo.com

Jika kamu mendapat tempat sebagai beta tester WhatsApp, maka kamu beruntung untuk mencoba lebih dahulu fitur yang diharapkan banyak orang ini. Jika belum, tidak perlu khawatir, besar kemungkinan WhatsApp akan merilis fitur terbaru ini secara resmi dalam waktu dekat.

Stay tune.