12 Game FPS Terbaik di Android Edisi 2020

Jadi salah satu gerne game terpopuler sepanjang masa, berikut game FPS terbaik untuk Android yang bisa kamu mainkan gratis.
Game FPS Terbaik di Android
Image credit: Androidcentral.com

First Person Shooter menjadi jenis game yang tidak pernah sepi peminat, dan seiring dengan berkembangnya teknologi mobil kamu bisa memainkannya di smartphone. Android menjadi basis OS yang banyak digunakan orang saat ini, dan game didalamnya termasuk juga FPS semakin beragam.

Banyak nama-nama game FPS PC dan console yang sudah membuat versi Android-nya, tentu menjadi angin segar untuk para gamer yang belum memiliki budget untuk membeli PC atau console. Selain bisa dimainkan dengan pemain lain secara online, ada beberapa game FPS yang memiliki alur cerita menarik dimana kamu diberi beberapa misi untuk diselesaikan.

Game FPS Terbaik di Android

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa game FPS terbaik di Android yang bisa kamu coba untuk sekedar mengisi waktu luang. Didalam daftar terdapat game FPS online dan offline, sesuaikan dengan keinginanmu.

PUBG Mobile

PUBG MOBILE - Cyber-Woche
PUBG MOBILE - Cyber-Woche
Developer: Tencent Games
Price: Free+

PUBG menjadi fenomena beberapa tahun terakhir, pasalnya game ini sangat populer dan meraih banyak pemain baik di PC, console dan mobile. PUBG Mobile bisa kamu mainkan gratis diberbagai jenis smartphone Android, kamu juga tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi karena ia bisa menyesuaikan setting grafis dengan kemampuan smartphone-mu.

Game FPS ini berjenis battle royal, dimana kamu harus bermain didalam area yang ukurannya semakin kecil setiap waktu. Kamu juga harus mencari senjata, armor dan perlengkapan lain yang akan dijadikan bekal selama berperang dengan pemain lainnya. Kamu bisa memainkan PUBG Mobile dengan tim berjumlah maksimal 4 orang ataupun sendirian. Pemenangnya ditentukan oleh siapa yang terakhir bertahan hidup didalam area bermain yang ditentukan.

Call of Duty Mobile

Call of Duty®: Mobile - Garena
Call of Duty®: Mobile - Garena
Price: To be announced

Tidak mau kalah dengan PUBG Mobile, Call of Duty yang menjadi salah satu nama besar dalam game FPS PC dan console juga merilis versi mobile pada 1 Oktober 2019 lalu. Game ini dirilis oleh Garena dengan membawa dua mode permainan, yakni battle royal yang sedang tren dan 5v5.

Seperti PUBG Mobile, game ini hanya bisa dimainkan secara online dengan melawan pemain lainnya. Kamu bisa bermain solo maupun beregu sesuai keinginan. Karena game keluaran baru, tentu grafis yang dimiliki akan menggunakan banyak resource sistem. Lalu kamu juga membutuhkan koneksi yang cukup lancar untuk bisa memainkannya dengan baik.

Garena Free Fire

Free Fire bisa dibilang menjadi saingan terberat PUBG Mobile, banyak pula gamer yang membanding-bandingkan antara keduanya. Free Fire menjadi populer karena membawa genre battle royale untuk semua pengguna Android. Hal ini karena Free Fire tidak membutuhkan spesifikasi tinggi untuk dimainkan, bersamaan dengan ukuran file yang kecil sehingga tidak memakan banyak kuota data saat didownload.

Namun konsekuensinya adalah grafis yang bisa dibilang kurang memanjakan mata. Namun hal ini tentu tidak masalah selama kamu bisa bermain dengan nyaman dan menyenangkan, terlebih ia memiliki banyak pemain sehingga tidak akan ada masalah saat matchmaking. Sama seperti dua game sebelumnya, kamu bisa memainkan Free Fire bersama tim ataupun solo.

Hitman Sniper

Hitman Sniper

Hitman Sniper
Hitman Sniper
Developer: SQUARE ENIX LTD
Price: 0,99 €+

Selanjutnya untuk kamu pemuja grafis sempurna, coba Hitman Sniper. Game ini merupakan adaptasi dari fulm Hitman yang dirilis pada 2007 dan sekuelnya pada 2015 lalu. Di game Hitman Sniper, kamu akan diberi misi menjadi sniper untuk memburu target. Skill menggunakan sniper melalui scope menjadi hal utama yang harus dikuasai.

Hitman Sniper adalah game offline dengan grafis menawan, meski kamu membutuhkan kuota yang cukup besar untuk mengunduh file-nya. Game yang dikembangkan oleh Square Enix ini sebenarnya berbayar, namun mereka sering memberikan diskon 100% yang artinya kamu bisa mendownload-nya secara gratis pada waktu-waktu tertentu.

Saya sendiri malah mendapatkan game Hitman Sniper ini secara gratis di Play Store. Selain memberikan diskon, Square Enix memang sering menggratiskan Hitman Sniper di Play Store. Jadi untuk kamu yang pengen main secara gratis, pantau saja terus halaman Play Store Hitman Sniper.

N.O.V.A Legacy

N.O.V.A. Legacy
N.O.V.A. Legacy
Developer: Gameloft SE
Price: Free+

Game FPS terbaik di Android berikutnya adalah N.O.V.A Legacy yang merupakan kelanjutan dari N.O.V.A. Selain bisa bermain dengan pemain lain secara online, kamu juga bisa bermain dengan Story Mode, Misi Shadow dan Special Ops yang tersedia.

Game FPS ini mengadopsi gaya pertempuran fiksi ilmiah dimana kamu bisa mengenakan armor yang bisa diupgrade. N.O.V.A Legacy bisa kamu mainkan gratis dengan ukuran file 46MB, namun biasanya kamu harus mengunduh file lain didalam game.

Cover Fire

Cover Fire

Cover Fire merupakan game yang bisa kamu mainkan secara online maupun offline. Cover Fire memberikan pengalaman bermain game 3D FPS dengan grafis yang nyaman dipandang. Terdapat banyak misi bertahan hidup dimedan pertempuran. Kamu bisa memilih banyak karakter berbeda untuk dimainkan dan beragam senjata mematikan.

Setiap tentara yang kamu pilih memiliki kemampuan khusus unik yang akan membantumu untuk memenangkan pertarungan. Cover Fire juga menawarkan kontrol modern yang mudah digunakan sehingga tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi. Cover Fire bisa kamu mainkan gratis, meskipun didalamnya masih menampilkan iklan.

Major Mayhem 2

Bermain game FPS memang membutuhkan fokus dan strategi untuk menang, namun tidak dengan Major Mayhem 2. Game FPS 2D ini sangat cocok dimainkan saat bersantai dimana kamu hanya harus menembak. Major Mayhem 2 memiliki jenis grafis yang unik dan penuh warna, tidak seperti game FPS kebanyakan.

Terdapat 50 level yang bisa kamu lewati, lalu ada 7 jenis senjata unik yang memiliki karakter bermainnya sendiri. Secara keseluruhan Major Mayhem 2 terlihat menarik dengan grafis HD dan banyaknya mode bermain yang bisa dicoba. Game yang dirilis oleh Rocket Jump Games ini bisa kamu mainkan gratis.

LONEWOLF

Game offline dengan grafis menarik selanjutnya adalah LONEWOLF. Game yang ditujukan untuk pemain diatas 17 tahun ini menyajikan gameplay dan storyline yang luar biasa yang berlangsung dengan gaya buku komik. Alur cerita yang menarik bisa membuatmu ketagihan untuk terus memainkannya.

Terdapat lebih dari 20 senjata yang bisa kamu unlock, upgrade dan koleksi. Total lebih dari 5 jam Story Mode dengan 30 misi. Terdapat pula cutscene yang menambah ketegangan setiap gameplay-nya. LONEWOLF bahkan mengklaim suaran dan recoil senjata yang realistik. Kamu bisa memainkan game ini gratis dengan menampilkan iklan serta penawaran in-app purchase.

Into the Dead 2

Into the Dead 2
Into the Dead 2
Developer: PIKPOK
Price: Free+

Suka game tembak-tembakan bertema survival? Coba Into the Dead 2, dimana kamu harus bertahan hidup dengan membunuh zombie yang menyerang. Game ini memiliki grafis yang terlihat cukup bagus, banyak varian senjata, seekor senjata sebagai temanmu dan ending yang bermacam-macam.

Secara singkat kamu akan berlari melalui zombie-zombie yang berupaya menyergapmu sambil menembak mereka. Game yang dikembangkan oleh PIKPOK ini bisa kamu mainkan gratis dengan menawarkan pembelian didalam aplikasi dan menampilkan iklan.

Modern Combat Versus

Modern Combat Versus lebih banyak menampilkan aksi melalui mode multiplayer dan PvP yang diberikan. Game ini menawarkan banyak kelas karakter yang bisa dimainkan. Terdapat 17 spesialisasi, yang artinya memberikan banyak varian kepada pemain.

Game ini juga menyediakan fitur custom lobbies untuk kamu yang ingin menyelenggarakan turnamen khusus Modern Combat Versus. Modern Combat Versus bisa dimainkan gratis dengan menawarkan pembelian didalam aplikasi dan menampilkan iklan.

Infinity Ops

Infinity Ops

Infinity Ops adalah game fps dengant teman sci-fi, dimana kamu diberikan banya mode PvP dengan banyak varian senjata dan gear yang sesuai dengan tema game. Game 3D ini memiliki grafis yang cukup bagus sehingga nyaman dipandang saat dimainkan. Karakter yang bisa dimainkan juga memiliki kelasnya sendiri, yang menyesuaikan dengan skill yang dimiliki.

Infinity Ops menyediakan 7 mode game yang bisa dimainkan, seperti Team Deathmatch, Deathmatch, Duel, Hardcode, Launcher Battle, Base Defense dan custom mode dimana kamu bisa membuat peraturan sendiri dan mengundang temanmu untuk bermain bersama. Game garapan Asur Interactive Games Limited ini juga bisa dimainkan gratis dengan menawarkan opsi in-app purcase dan menampilkan iklan.

Dead Trigger 2

Yang terakhir adalah game fps bertema survival dari serangan zombie, Dead Trigger 2. Game ini sendiri sudah beredar cukup lama dan memiliki popularitasnya sendiri. Soal grafis bisa dibilang lumayan, disini kamu akan melihat banyak zombie dan darah. Kontrolnya simpel dimana kamu cukup mengarahkan crosshair kesasaran, dan apabila didalam jarak tertentu kamu akan secara otomatis menembak.

Banyak misi yang tersedia untuk kamu mainkan, game ini gratis dengan menawarkan pembelian didalam aplikasi. Seperti game sejenis lainnya, Dead Trigger 2 juga masih menampilkan iklan.

Penutup

Sudah menemukan game fps terbaik di Android versimu?

Daftar game diatas dipilih secara subjektif dan tidak selalu sesuai dengan selera setiap orang. Saya akan memperbarui daftar diatas kedepannya, dan apabila kamu memiliki rekomendasi game fps jangan segan untuk menuliskannya dikolom komentar.