Solusi Ampuh Mengatasi IDM Tidak Muncul di Chrome

Panel download IDM yang tiba-tiba hilang di Chrome memang menyebalkan, coba solusi dibawah ini untuk memunculkan IDM di Chrome.

Internet Downlaod Manager (IDM) jadi pilihan banyak pengguna komputer untuk mempermudah dan mempercepat proses download. Dengan IDM kita juga bisa mengunduh video dari situs berbagi video dan sosial media dengan mudah.

Di browser Chrome, IDM akan muncul sebagai pop up dipinggir video yang sedang kita putar. Dari sini kita bisa memilih kualitas video dan mengunduhnya ke komputer. Tapi karena beberapa alasan, terkadang IDM tidak muncul di Chrome yang akhirnya menyusahkan kita untuk mengunduh video.

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Chrome

Developer IDM selalu memberikan update agar produknya bisa digunakan tanpa kendala, apalagi untuk browser populer Chrome. Ada beberapa cara yang patut kamu coba agar IDM kembali muncul di Chrome dan bisa kamu gunakan seperti sedia kala.

Update IDM dan Chrome

Solusi IDM tidak muncul di Chrome yang pertama adalah dengan melakukan update dikedua software. Pastikan kamu menggunakan versi terbaru dari Chrome dan IDM, setelah itu coba lagi.

Update IDM

Pasang Ulang Extensions

Di Chrome atau browser lainnya, IDM akan menambahkan extensions khusus agar program-nya bisa berjalan lancar untuk download. Setelah meng-install IDM biasanya extensions ini akan terpasang secara otomatis, tapi mungkin karena pemasangan yang kurang benar akhirnya tidak muncul di Chrome.

Jika demikian, coba kamu hapus extensions tersebut kemudian pasang kembali seperti berikut.

1. Pergi ke chrome://extensions, kemudian klik Remove pada extensions IDM Integration Module.

Remove IDM Integration Module di Chrome

2. Klik Remove.

Klik Remove

3. Kemudian pergi ke Local Disk (C:) > Program Files (x86) > Internet Download Manager. Lalu cari file bernama IDMGCExt.crx.

Cari File Add-on

4. Drag file tersebut ke halaman chrome://extensions tadi, klik Continue bila ada pesan seperti ini.

Klik Continue

5. Jika kamu mendapat pesan Apps, extensions, and user scripts cannot be added from this website, tenang karena ada cara untuk mengatasinya.

Klik Ok

6. Tutup halaman chrome://extensions, lalu buka lagi. Kemudian geser toggle Developer mode disebelah kanan atas.

Nyalakan Developer Mode

7. Drag lagi file IDMGCExt.crx seperti pada langkah sebelumnya, maka akan berhasil. Klik Add extension untuk memasang IDM Integration Module di Chrome.

Klik Add Extension

Setelah langkah diatas coba buka video di Facebook, YouTube atau situs lain dan lihat apakah pop up IDM sudah bisa muncul. Jika belum coba restart Chrome atau komputermu, lalu coba lagi.

IDM Tidak Muncul di Mozilla Firefox

Kasus IDM tidak muncul juga bisa terjadi di Mozilla Firefox. Jika kamu baru menggunakannya, mungkin saja extension IDM belum terpasang di Mozilla Firefox. Jika demikian, maka kamu harus memasangnya secara manual.

Namun jika sudah terpasang tetapi tidak muncul juga, kamu bisa mencoba menghapusnya lalu memasang extension IDM kembali. Untuk memasang, berikut langkah-langkahnya.

1. Buka Mozilla Firefox dan klik ikon garis tiga disebelah kanan atas lalu pilih Add-on atau menekan tombol Ctrl + Shift + A secara bersamaan.

2. Pilih menu Extensions lalu klik ikon gear disebelah kanan, klik Install Add-on From File.

Install Add-on IDM di Firefox

3. Pergi ke Local Disk (C:) > Program Files (x86) > Internet Download Manager lalu pilih file idmmzcc3.xpi dan klik Open.

Klik Open

Catatan:

Kamu akan melihat tiga pilihan add-on, yang masing-masing hanya bisa digunakan pada Mozilla Firefox versi tertentu.

  • idmmzcc3.xpi untuk Firefox versi 53 dan versi terbaru
  • idmmzcc2.xpi untuk Firefox versi 27 sampai 52
  • idmmzcc.xpi untuk Firefox versi 1.5 sampai 26

4. Kemudian klik Add untuk mengkonfirmasi pemasangan IDM Integration Module di Mozilla Firefox.

Klik Add di FIrefox

5. Terakhir kamu bisa mengisi centang atau tidak, disini IDM bertanya apakah kamu ingin extension ini berjalan di Private Windows atau tidak. Setelah memutuskan klik Okay, Got It dan prosesnya selesai.

Klik Okay

Coba buka file video atau download file dan lihat apakah IDM muncul, jika tidak coba restart Mozilla Firefox.

Penutup

Mudah bukan solusi IDM tidak muncul di Chrome ini? Apabila gagal mengikuti langkah diatas atau terdapat bagian yang tidak kamu pahami, silahkan tinggalkan pertanyaan dikolom komentar. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.