IDM Tidak Muncul di YouTube? Berikut Cara Mudah Mengatasinya

Ada tombol download IDM di YouTube memang membantu banget.
IDM Tidak Muncul di YouTube

Menggunakan Internet Downnload Manager (IDM) adalah cara download video YouTube paling mudah saat ini. IDM akan memunculkan panel pop up yang berisi pilihana resolusi video serta formatnya, sekali klik maka video yang kamu inginkan akan mulai didownload.

Masalanya, terkadang panel pop up ini tidak muncul karena suatu alasan. Meskipun halaman video sudah di refresh berkali-kali juga tidak keluar, padahal bisa digunakan dengan normal sebelumnya. Nah jika saat ini kamu mengalami hal seperti ini, maka kamu datang ke artikel yang tepat untuk mendapatkan solusinya.

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube

Sebenarnya mudah untuk mengatasi masalah ini, karena IDM sendiri selalu mendapat update yang menjamin kecocokannya dengan banyak browser populer. Sebagai contoh saya menggunakan Chrome.

1. Perbarui Aplikasi

Update IDM

Entah itu browser atau Internet Download Manager (IDM) yang kamu gunakan, pastikan keduanya sudah berjalan di versi terbaru. Karena ada kemungkinan hanya salah satunya saja yang mendapat pembaruan otomatis sehingga terdapat sistem yang tidak cocok.

2. Ulangi Pemasangan Add-on di Browser

IDM menggunakan sebuah module yang terpasang sebagai extension atau add-on di browser, yang memungkinkan ia bisa mendapatkan link download. Mungkin saja karena suatu alasan add-on tersebut tidak terpasang dengan benar atau malah belum terpasang sama sekali.

Untuk Chrome

1. Pergi ke chrome://extensions kemudian nyalakan toggle Developer mode yang ada dikanan, jika tahap ini ketinggalan kemungkinan besar kamu gagal memasang add-on IDM.

2. Klik Remove pada IDM Integration Module, lalu klik Remove lagi pada menu konfirmasi yang muncul.

Remove Extension IDM

3. Setelah terhapus, pergi ke Local Disk (C:) > Program Files (x86) > Internet Download Manager dan cari file dengan nama IDMGCExt.crx.

Cari File Add-on

4. Drag and drop file IDMGCExt.crx ke halaman chrome://extensions lalu klik Add extension.

Klik Add Extension

Selesai, kamu bisa langsung mencoba download video dari YouTube atau file lainnya. Jika tetap tidak muncul, coba untuk restart browser atau komputermu dan coba lagi.

Untuk Mozilla Firefox

1. Pergi ke halaman Add-on dengan menekan tombol Ctrl + Shift + A secara bersamaan, atau melalui ikon garis tiga disebelah kanan atas lalu pilih Add-on.

2. Pilih Extensions kemudian klik ikon gear diseblah kanan, pilih Install Add-on From File.

Install Add-on IDM di Firefox

3. Selanjutnya kamu harus mencari file idmmzcc3.xpi yang ada di Local Disk (C:) > Program Files (x86) > Internet Download Manager. Pilih file tersebu kemudian klik Open.

Klik Open

Catatan:

Kamu akan melihat tiga pilihan add-on, yang masing-masing hanya bisa digunakan pada Mozilla Firefox versi tertentu.

  • idmmzcc3.xpi untuk Firefox versi 53 dan versi terbaru
  • idmmzcc2.xpi untuk Firefox versi 27 sampai 52
  • idmmzcc.xpi untuk Firefox versi 1.5 sampai 26

4. Klik Add untuk sebagai konfirmasi pemasangan Add-on di Firefox.

Klik Add di Firefox

Langkah diatas adalah proses pemasangan, jika kamu mencoba memasang ulang berarti kamu hanya perlu menghapus Add-on IDM terlebih dahulu. Sekarang kamu sudah bisa mencoba mengunduh video YouTube dan melihat apakah ada pop up IDM yang muncul.

Penutup

Apabila solusi IDM tidak muncul di YouTube diatas tidak bekerja, silahkan tinggalkan komentar dikolom yang tersedia. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.