Keadaan Alam Benua Australia: Penjelasan, Iklim, Penduduk Benua Australia.

Keadaan Alam Benua Australia

Keadaan alam benua Australia meliputi dataran rendah, dataran tinggi, hingga pegunungan. Berdasarkan tinggi rendah daratannya, keadaan alam benua Australia dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian timur, tengah dan bagian selatan. Bagian timur wilayah Australia terdiri atas pegunungan. Bagian tengah merupakan dataran rendah, sedangkan bagian selatan berupa plato atau dataran tinggi.

Keadaan alam Benua Australia termasuk benua yang sangat kering, bahkan hampir dua pertiga bagian wilayahnya berupa gurun berpasir. Beberapa gurun di benua Australia yaitu gurun Gibson, gurun Tanami, dan gurun Great Victoria. Uluru merupakan salah satu objek unik berupa batu besar yang menjadi salah satu ikon Australia. Bagi suku Aborigin, Ulur merupakan tempat keramat. Lukisan Suku Aborigin dapat dijumpai pada gua di Uluru yang menceritakan bagaimana dunia terbentuk

Benua Australia hanya terdiri atas satu negara. Australia juga menjadi benua paling kecil di antara lima benua lainnya. Satu-satunya negara di benua yang terletak sebelah selatan wilayah negara Indonesia itu adalah Australia. Selain memiliki wilayah daratan utama cukup luas, negara Australia juga mempunyai beberapa pulau, seperti Pulau Cocos, Christmas, Macquarie, dan Tasmania.

Daratan Benua Australia memiliki fauna yang khas. Kawasan ini menjadi tempat hidup sebagian besar hewan kanguru yang memiliki kantong di perut. Sebagian kecil kanguru hidup di Pulau Papua, karena pulau itu dulu pernah menyatu dengan daratan Australia.

  • keadaan alam benua australia

Upaya pencarian daratan itu diilhami oleh teori perimbangan bumi milik Pythagoras yang meyakini ada sebuah benua di kutub selatan dan menyebutnya dengan nama Terra Australia Incognito. Teori ini didukung oleh Klaudius Ptolemaeus, seorang ahli astronomi dan geografi dari Aleksandria (Mesir) yang hidup pada abad 2 masehi. Ptolemaeus (Ptolemy) meyakini bahwa ada daratan luas di sebelah selatan garis khatulistiwa yang fungsinya mengimbangi berat bumi bagian utara.

Keadaan Alam Benua Australia Benua Austraia memiliki topografi yang cederung rata dibanding benua lain. Sebagian wilayahnya merupakan plato rendah. Bahkan, wilayah benua ini dua pertiganya merupakan gurun. Salah satu faktor luasnya gurun di sana yaitu letaknya yang berada pada zona turunnya massa udara (zona subsidensi). Zona ini terletak secara astronomis pada sekitar 30 LU atau 30 LS. Sementara itu, Plato Barat di benua ini dulunya dataran tinggi yang luas, namun mengalami erosi. Plato yang berada di kawasan tersebut terdiri dari Plato Hammersley, Plato Kimberly, Plato Tanah Arnhem, Pegunungan Rendah Macdonnell, dan Musgrave.

Keadaan Alam Benua Di Dunia

√ Peta Benua Australia | Penjelasan Lengkap - Sindunesia

Berikut adalah penjelasannya:

1. Secara astronomis Benua Asia terletak antara 26 derajat Bujur Timur (BT)-170 derajat BT dan 11 derajat Lintang Selatan (LS)-80 derajat LS. Bentang alam Benua Asia didominasi pegunungan dari rangkaian sirkum mediterania. Salah satunya puncaknya adalah Pegunungan Himalaya dengan Gunung Everest. Puncak tertinggi gunung ini berada di ketinggian sekitar 8.848 meter di atas permukaan laut di Nepal.

2. Letak Astronomis Benua Amerika adalah 35 BB-170 BB dan 83 LU-55 LS. Keadaan alam Benua Amerika tergantung pada wilayahnya yaitu: Amerika Utara, keadaan alam di Amerika Utara didominasi oleh dataran rendah dan pegunungan. Amerika Tengah, keadaan alam Amerika Tengah didominasi oleh pegunungan dan plato. Amerika Selatan, keadaan alam Amerika Selatan didominasi oleh dataran rendah, dataran tinggi dan pegunungan.

3. Secara astronomis Afrika terletak diantara 37º LU – 34º LS dan 17º BB – 51º BT. Berdasarkan letak astronomisnya ini, Benua Afrika dilalui garis katulistiwa dengan sebagian besar daratannya berada di belahan bumi utara. Benua Afrika memiliki dua jenis iklim, yaitu tropis di bagian utara dan subtropis di bagian selatan. Di Afrika terdapat banyak gurun yang memengaruhi kondisi iklimnya. Hal ini menyebabkan suhu di Afrika cenderung tinggi dengan curah hujan yang sedikit.

4. Keadaan alam benua Australia Secara astromomis Australia terletak pada 113º BT (Bujur Timur) – 155º BT (Bujur Timur) dan 10º – 43º LS (Lintang Selatan). Keadaan alam benua Australia meliputi dataran rendah, dataran tinggi, hingga pegunungan. Berdasarkan tinggi rendah daratannya, keadaan alam benua Australia dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian timur, tengah dan bagian selatan. Bagian timur wilayah Australia terdiri atas pegunungan. Bagian tengah merupakan dataran rendah, sedangkan bagian selatan berupa plato atau dataran tinggi.

5. Secara astronomis Benua Eropa terletak di 35° LU-75° LU dan 25° BB-35° BT. Kondisi alam Eropa diantaranya memiliki garis pantai yang panjang, terdiri atas banyak teluk dan tanjung. Di sebelah utara terutama di Semenanjung Skandinavia, pantainya memiliki fyord. Secara geologi, Benua Eropa terbagi atas tiga wilayah, yakni pegunungan tua, dataran rendah Rusia, dan pegunungan lipatan muda.

Maka bisa disimpulkan bahwa, kondisi alam benua-benua di dunia berbeda-beda yaitu berupa dataran tinggi/pegunungan, dataran rendah, plato dan pantai.

Keadaan Iklim Benua Australia

Letak Benua Australia mayoritas berada di sebelah selatan dari garis khatulistiwa. Oleh sebab itu, iklimnya lebih beragam daripada wilayah tropis.

Iklim yang ada di benua Australia adalah:
Iklim tropis, dimiliki wilayah Australia bagian utara
Iklim subtropis, berada di selatan Australia
Iklim laut sedang, ditemukan pada wilayah selatan Victoria dan Tazmania
Iklim gurun, ditemukan pada area wilayah gurun.

Penduduk Benua Australia

Suku Aborigin yang Kurang Beruntung di Negaranya Sendiri - Minews ID

Benua Australia memiliki penduduk asli dari suku Aborigin. Mereka menempati daerah-daerah di pedalaman. Kondisi wilayahnya cenderung kering dan tandus. Di lain sisi, Australia sebagian besar terisi dengan pendatang. Mereka memiliki kulit putih sebagai imigran dari Eropa dan imigran lain terutama dari wilayah Asia. Sekitar 92% penduduk Australia adalah bangsa kulit putih atau ras Kaukasoid yang berarti mereka merupakan keturunan pendatang dari Eropa, lalu 7 persen Asua, serta Aborigin dan lainnya (1%).

Pendatang Eropa yang mendiami keadaan alam Benua Australia umumnya berasal dari Inggris dan Irlandia, serta lainnya merupakan imigran Italia, Belanda, dan Skotlandia, Jerman, dan Yunani. Penduduk yang berasal dari Asia, sebagian besar dari China dan India. Pada 2015, jumlah penduduk Australia mencapai 23.900.000 jiwa. Jumlah itu tercatat setelah ada penambahan 3.500.000 jiwa dalam kurun waktu 10 tahun. Jumlah penduduk Australia faktanya jauh lebih kecil jika dibandingkan benua lainnya.

Demikianlah artikel diatas yang kami tulis tentang keadaan alam benua australia,letak,iklim dan penduduknya. Semoga bisa menambah wawasan kepada anda semua khususnya untuk yang masih berpendidikan. Terimakasih

Baca Juga: Koperasi Sekolah: Prinsip Koperasi Sekolah,Tujuan,Karakteristik,Jenis,Fungsi Dan Contohnya.

 

 

Exit mobile version