Lupa Kata Sandi Facebook? Berikut Solusi Mudahnya

Reset kata sandi Facebook dan menggantinya dengan yang baru sebenarnya bukan hal yang sulit.
Lupa Kata Sandi Facebook
Image credit: Nokturnal.id

Lama tidak digunakan atau jarang login karena menggunakan fitur “Ingat saya”/”Remember me” biasanya menjadi alasan kita bisa lupa kata sandi Facebook. Memang tidak ada fitur untuk melihat kata sandi Facebook kita sendiri untuk alasan keamanan, namun kamu bisa melakukan reset kata sandi dan membuat kata sandi baru yang mudah kamu ingat namun aman.

Yang perlu diperhatikan adalah pentingnya mengingat email beserta password dan nomor hp yang digunakan pada akun Facebook. Apabila kamu memiliki salah satu diantara keduanya, proses reset kata sandi untuk memulihkan akun Facebook bisa dilakukan dengan mudah.

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Facebook Dengan Mudah

  • Pertama kamu harus membuka Facebook.com seperti biasa, lalu klik Lupa akun? yang ada dibagian bawah form login.

Lupa Password Facebook

  • Kemudian cari akun Facebook-mu menggunakan email, nomor hp, nama pengguna ataupun nama lengkap, pilih yang menurutmu paling mudah.

Lupa Password Facebook

Setelah menemukan akun Facebook-mu, pilih metode pemulihan yang tersedia. Biasanya antara nomor hp ataupun alamat email, lalu klik Lanjutkan.

Menggunakan Email

Dari langkah diatas, kamu bisa melihat bahwa pemulihan akun Facebook bisa menggunakan alamat email. Jadi pastikan kamu mengingat password alamat email yang kamu gunakan di Facebook untuk langkah selanjutnya.

1. Pilih opsi Kirim kode melalui email kemudian klik tombol Lanjutkan.

Lupa Password Facebook

2. Facebook akan mengirimkan kode konfirmasi ke email kamu untuk reset kata sandi. Jadi kamu harus login dan mendapatkan kode tersebut.

Lupa Password Facebook

3. Copy dan masukan kode yang kamu terima ke dalam form yang tersedia, lalu klik Lanjutkan.

Lupa Password Facebook

4. Atur kata sandi baru yang aman namun mudah kamu ingat, lalu klik Lanjutkan.

Lupa Password Facebook

5. Terakhir, Facebook akan memberikan pilihan apakah kamu ingin akun Facebook-mu dikeluarkan (logout) dari semua perangkat yang mungkin pernah kamu gunakan untuk membuka akun Facebook atau membiarkannya tetap login. Sesuaikan pilihan ini dengan kondisi akun Facebook-mu, jika dirasa aman kamu bisa memilih untuk tetap login, kemudian klik Lanjutkan.

Lupa Password Facebook

Setelah langkah diatas kamu bisa masuk ke akun Facebook-mu seperti biasa, kamu bisa mencatat kata sandi yang baru saja dibuat agar tidak perlu repot melakukan reset kata sandi saat lupa. Jangan lupa simpan ditempat yang aman.

Itulah pentingnya mengingat email dan kata sandi email yang kamu gunakan di Facebook, karena jika suatu saat hal seperti ini terjadi kamu tidak perlu panik karena pasti bisa diselesaikan dengan mudah.

Menggunakan Nomor Hp

Facebook memiliki fitur untuk menambahkan nomor hp yang juga digunakan untuk alasan keamanan, dan disini kamu bisa memanfaatkannya untuk mengatur ulang kata sandi.

Pastikan nomor hp yang kamu gunakan di Facebook masih dalam keadaan aktif karena Facebook akan mengirimkan kode konfirmasi seperti metode sebelumnya.

1. Pilih Kirim kode melalui SMS lalu klik Lanjutkan.

Lupa Password Facebook

2. Kamu akan menerima SMS dari FACEBOOK yang berisi kode konfirmasi. Pengirim SMS ini bernama Facebook yang tidak bisa kamu balas, jadi kamu tidak perlu menghiraukan apabila ada SMS mencurigakan yang mengatasnamakan Facebook tapi menggunakan nomor biasa.

Kode Verifikasi Facebook

3. Masukkan kode yang kamu terima di SMS ke form yang tersedia lalu klik Lanjutkan.

Lupa Password Facebook

4. Kemudian kamu akan diminta memasukkan kata sandi baru untuk akun Facebook-mu, pastikan aman namun mudah kamu ingat. Klik Lanjutkan.

Lupa Password Facebook

5. Sama seperti metode sebelumnya, kamu bisa membuat akun Facebook-mu otomatis keluar di semua perangkat yang pernah kamu gunakan atau membiarkannya dalam keadaan login setelah mengganti kata sandi.

Lupa Password Facebook

Selesai sudah proses reset kata sandi Facebook, mudah bukan? Untuk perangkat yang kamu gunakan secara pribadi seperti PC ataupun smartphone, mungkin membiarkan akun Facebook selalu dalam keadaan login terbilang aman.

Jika menggunakan browser, kamu bisa membuatnya mengingat email dan kata sandi Facebook-mu sehingga saat hendak login kamu bisa mengisi formnya secara otomatis. Namun jangan gunakan fitur ini di perangkat umum karena akan membahayakan akunmu.

Penutup

Yang terpenting adalah mengingat alamat email beserta sandinya serta menautkan nomor teleponmu yang aktif ke akun Facebook-mu, agar saat hal seperti ini terjadi kamu bisa dengan mudah mengembalikan akun melalui reset password.

Itulah cara mengatasi lupa kata sandi Facebook terbaru yang bisa kamu coba, tinggalkan komentar dibawah apabila menemui kendala atau terdapat bagian tutorial yang tidak kamu mengerti. Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

Cheers!

Donny Satriya
Donny adalah pendiri sekaligus penulis di Nokturnal.id, menyukai dunia teknologi sejak lama. Tidak memiliki hobi khusus, namun menyukai musik dari berbagai genre.