Lupa Password Yahoo Mail? Ini Cara Mudah Menggantinya

Lupa password Yahoo Mail? Coba reset kata password akun Yahoo Mail kamu sebelum memutuskan membuat akun baru.
Lupa Password Yahoo
Image credit: Nokturnal.id

Yahoo Mail yang popularitasnya menurun cenderung dilupakan oleh penggunanya dan memilih menggunakan layanan Gmail. Karena menjadi jarang digunakan, masalah seperti lupa password Yahoo menjadi sering ditemui oleh beberapa penggunanya.

Jika kamu mendapati masalah ini, kamu tidak perlu khawatir. Sebab Yahoo masih memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna setianya, termasuk dalam hal reset password agar kamu bisa masuk ke akunmu kembali.

Cara Reset Saat Lupa Password Yahoo Mail

Beberapa hal yang kamu butuhkan untuk melakukan reset password di Yahoo adalah, alamat email, alamat email pemulihan, nomor telepon yang digunakan untuk sign-in dan nomor telepon pemulihan. Pada dasarnya kamu hanya memerlukan salah satunya aktif dan bisa kamu akses/gunakan, maka proses reset akan mudah.

1. Buka halaman login Yahoo seperti biasa, kemudian klik Lupa nama pengguna?

Lupa Password Yahoo

2. Di halaman selanjutnya, masukkan salah satu kontak yang masih aktif. Sebagai contoh saya akan menggunakan nomor telepon yang saya gunakan untuk mendaftar pertama kali. Lalu klik Lanjutkan.

Lupa Password Yahoo

3. Pada langkah ini pastikan kontak yang kamu masukan bisa kamu akses. Karena saya memilih nomor telepon, maka klik Ya, kirimi saya kode verifikasi via SMS.

Lupa Password Yahoo

4. Masukkan kode verifikasi yang didapat melalui SMS ataupun email pemulihan ke form yang tersedia.

Lupa Password Yahoo

5. Disini saya sudah mendapatkan akun Yahoo Mail saya kembali, klik pada akun tersebut.

Lupa Password Yahoo

6. Selanjutnya kamu akan diminta untuk membuat password baru. Gunakan password dengan kombinasi yang kuat namun mudah kamu ingat, lalu klik Lanjutkan.

Lupa Password Yahoo

7. Kata sandi sudah berhasil diperbarui, klik Lanjutkan.

Lupa Password Yahoo

8. Yahoo akan memintamu mengisi email pemulihan dan nomor seluler. Isi menggunakan email dan nomor seluler yang aktif. Sampai sini kamu hanya perlu mengikuti petunjuk saja, kemudian email Yahoo sudah bisa digunakan seperti biasa.

Pada tutorial ini saya melakukan reset password via nomor telepon, namun kamu juga bisa melakukannya dengan email pemulihan sesuai yang tertulis di halaman Yahoo.

Penutup

Apabila kamu memiliki banyak akun email atau memang pelupa, ada baiknya menulis catatan lengkap mengenai nama email dan masing-masing password-nya. Hal ini akan menghindarkanmu langkah rumit untuk reset password apabila lupa password Yahoo.

Lalu jika kamu memiliki komputer pribadi, membuat setiap email dalam keadaan login bisa menjadi solusi alternatif yang efisien. Sebab kamu tidak perlu memasukkan email dan password setiap ingin melihat kotak masuk email-mu. Dengan catatan kamu menggunakan perangkat pribadi, bukan milik kantor atau yang digunakan ditempat umum.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi solusi agar bisa menggunakan akun Yahoo Mail-mu kembali. Tuliskan komentar dikolom yang tersedia jika menemui kesulitan saat mengikuti langkah diatas.