Pengertian Adobe lightroom Dan 6 Review Lightroom.

Sejarah Adobe Lightroom

Adobe Lightroom dikembangkan pada tahun 1999, oleh Mark Hamburg yang merupakan pengembang Adobe Photoshop. Seorang mantan desainer Adobe Creative Suite, Andrei Herasimchuk menghubungi Hamburg untuk mendapatkan dan bergabung dengan sebuah proyek baru, dimana proyek tersebut bernama “Shadowland”.

Kemudian mantan designer Adobe Photoshop Herasimchuk, Sandy Alves dan Grace Kim melakukan penelitian produk Adobe hingga Shadowland mendapatkan momentum sekitar tahun 2004.

Saat itu, Herasimchuk memilih meninggalkan Adobe System dan memulai perusahaan baru di Silicon Valley. Hamburg memulai pengembangan proyek Lightroom dan memilih Phil Clevenger, seorang mantan Kai Krause untuk menciptakan interface baru pada aplikasi ini.

Pengembang Photoshop Lightroom di antaranya sebagian dari pekerja di Minnesota yang telah membuat program Adobe Image Ready. Mereka adalah Troy Gaul, Melissa Gaul, dan beberapa krunya (Minnesota Phats), dan Hamburg sebagai pengembang arsitektur. Dan juga seorang fotografer terampil bernama George Jardine sebagai manajer produk.

Diketahui dari salah satu blog Dianisa yang mengatakan, pengembangan awal (versi beta) dimulai pada 9 Januari 2006, dikenal sebagai Photoshop Lightroom dirilis ke publik sebagai Macintosh pada situs Adobe Labs.

Dengan pengembangan ini Adobe menggunakan metode dalam mengembangkan Adobe Photoshop CS3. Dan pada tanggal 9 Januari 2006, Adobe mengumumkan akuisisinya terhadap aset teknologi dari Pixmantec, pengembang RawShooter (perangkat lunak pengolah gambar). Pada tanggal 18 Juli 2006 rilis Beta 3, dengan tambahan dukungan untuk sistem Microsoft Windows.

Kemudian pada 25 September 2006, dirilis Beta 4 dengan bergabung ke dalam berbagai produk Photoshop, hingga diikuti minor update pada 19 Oktober sebagai Beta 4.1.

Pengertian Adobe Lightroom

adobe

Adobe Lightroom adalah aplikasi yang dibuat oleh perusahaan Adobe yang digunakan untuk image organizer, dimana aplikasi ini dapat melakukan import export, menyimpan, melihat, mengatur, menandai, mengedit, dan fungsi lainnya.

Adobe Lightroom mempunyai berbagai fitur edit foto yang mudah digunakan seperti sliders maupun filters untuk gambar. Proses mengedit foto juga dibuat mudah & simpel.

Selain itu, jika kamu ingin memperbaiki foto resolusi penuh, menerapkan filter foto, ataupun mengedit foto di mana pun kamu berada. Dan banyak juga yang mengatakan Adobe Lightroom identik dengan teknik editing warna dan pencahayaan.

Sistem Operasi Adobe Lightroom

Untuk menggunakan Adobe lightroom, dapat diakses melalui PC (Windows, Mac) maupun di perangkat mobile (Android, IOS), dan tvOS.

Dengan tren visual yang makin meningkat, semua pengembang berlomba-lomba membuat software edit potret dengan kualitas terbaik. Ada juga Salah satunya ialah aplikasi Lightroom. Namun, sebab adanya keterbatasan fitur pada Lightroom, tidak sedikit pihak ketiga yang mengembangkan versi modifikasinya yakni Lightroom Mod.

Berbagai software edit potret pada sistem Android ini, mengupayakan memodifikasi fitur yang dimiliki software edit potret yang terdapat di PC. Beberapa di antaranya pun mempunyai fitur yang lebih baik dibandingkan software edit potret di PC.

Review Lightroom Mod

 

Lightroom merupakan software yang dikembangkan oleh pengembang pengembang Adobe Photoshop yang dirancang untuk para fotografer guna mengedit dan mengubah foto. Beberapa fitur yang terdapat di software ini memiliki sejumlah keserupaan dengan fitur yang terdapat di Photoshop.

Perbedaan utama antara software ini dengan Photoshop ialah aplikasi Lightroom dapat dipakai pada sistem Android. Tak melulu itu, software ini pun sangat kompatibel, sampai-sampai semua orang dapat menggunakan aplikasinya.

Dengan menggunakan software Lightroom pasti saja akan menciptakan hasil jepretanmu menjadi lebih baik, meskipun spesifikasi kamera yang dipakai kurang memadai. Dengan memaksimalkan proses olah potret menggunakan efek dari Lightroom, pastinya akan menciptakan fotomu lebih indah.

Aplikasi ini pun mudah digunakan, karena anda tidak membutuhkan PC untuk mengerjakan edit foto. Cukup memakai ponsel, anda dapat menciptakan sebuah potret dengan nilai artistik yang tinggi.

Aplikasi ini memiliki sejumlah versi, yakni yang pribumi dan modifikasi. Kedua jenis software Lightroom ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Namun, untuk kamu yang hendak memaksimalkan fitur Lightroom, maka wajib memakai Lightroom Mod.

lightroom premium

1. Tidak Ada Iklan Selama Aplikasi Berjalan

Pada software Lightroom versi asli, anda akan mendatangi iklan yang diputar ketika menjalankan software atau di tengah proses editing. Semua iklan ini dapat kamu hilangkan andai kamu memakai akun premium.

Namun, dengan memakai Lightroom modifikasi, iklan tidak akan hadir meskipun anda bukan pemakai akun premium. Dengan begitu, anda tidak bakal merasa terganggu dengan timbulnya iklan sekitar proses editing sampai proses ekspor potret hasil edit.

2. Gratis Preset pada Preset Premium

300 Preset Lightroom Kontras Tinggi – Paket Gratis

Pada Lightroom resmi, anda harus mengerjakan pembelian guna menggunakan sejumlah preset premium. Namun, pada software modifikasi, kamu dapat menggunakan seluruh preset premium tanpa mengerjakan pembelian terlebih dahulu alias gratis.

Semua preset dapat kamu pakai secara bebas dan gratis, sampai-sampai proses olah potret menjadi lebih bagus dan memuaskan. Di samping itu, anda juga dapat melakukan modifikasi pada preset yang telah anda pilih dengan menata kontras dan filter lainnya.

Jika anda tidak tertarik untuk memakai preset premium, kamu dapat mencari informasi di internet tentang nilai preset. Setelah menemukan nilai preset yang cocok dengan keinginan, kamu dapat menerapkan nilai itu dan menyaksikan kecocokannya pada potret yang anda edit.

3. Efek Tambahan Lebih Banyak

Aplikasi Lightroom resmi sudah menyediakan tidak sedikit preset dan efek bawaan. Namun, andai kamu mengharapkan efek ekstra yang lebih tidak sedikit dan bervariasi, kamu dapat menggunakan software Lightroom versi modifikasi.

Artikel Terkait: WhatsApp Web For PC & Smartphone Tanpa Download 2021
Pada Lightroom modifikasi, terdapat sejumlah penambahan efek baru yang tidak terdapat di versi aslinya. Hal ini memungkinkan anda untuk memperkaya proses edit potret dengan efek ekstra yang sudah disematkan, sampai-sampai hasilnya semakin artistik dan menarik.

4. Sinkronisasi Cloud dengan Gambar

Salah satu kelebihan ketika anda menggunakan Lightroom ialah foto yang telah anda edit dapat ditabung dengan mudah memakai perangkat apa saja. Semua perlengkapan dapat menyimpan fotomu ke dalam sistem cloud secara langsung.

Sistem cloud bakal menyimpan semua potret yang telah anda simpan dan unggah, supaya tidak hilang dan bakal tersimpan sebagai berkas cadangan. Ketika nantinya potret yang terdapat di dalam ponselmu terhapus, baik sengaja maupun tidak sengaja, anda masih dapat mengambil potret yang terhapus itu dari sistem cloud.

5. Penyimpanan Kromatis pada Kamera

Keunggulan sangat utama yang dipunyai oleh software Lightroom biasa atau versi modifikasi ialah penyimpanan kromatis pada kamera. Penyimpanan ini akan mempermudah untuk mengubah optik kamera ponselmu menjadi sejumlah pilihan.

Beberapa opsi optik kamera yang disediakan yakni kamera Apple, Canon, Nikon, dan sekian banyak jenis optik kamera lainnya. Dengan mengubah penyimpanan kromatis, kamera yang kamu pakai akan mempunyai fitur yang dipunyai oleh optik kamera lainnya.

Dengan memakai fitur penyimpanan kromatis, potret yang anda hasilkan bakal menyesuaikan dengan optik kamera yang dipilih. Meskipun secara teknis hasil jepretan tidak dapat 100% sama, tetapi kualitas potret yang didapatkan secara garis besar bakal berisi fitur optik kamera lainnya.

6. Pengaturan ISO, Cahaya, dan Tatap Muka

Seperti pada software edit potret lainnya, fitur yang ditawarkan oleh software Lightroom baik versi pribumi atau modifikasi ialah pengaturan ISO, cahaya, dan tatap muka. Fitur penataan ISO bakal memudahkan anda dalam mengatur keperluan ISO yang dipakai saat memotret sebuah objek.

Pengaturan potret akan menghasilkan tingkat kecerahan cocok yang diinginkan, sehingga potret yang didapatkan akan terlihat laksana hasil jepretan fotografer profesional. Fitur cahaya pun akan memudahkan anda dalam menata kecerahan potret yang anda edit atau sedang anda potret.

Dengan menata cahaya yang masuk, kecerahan yang dihasilkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan potret dan ISO. Fitur tatap muka pada software ini pun mudah dipahami, sehingga mempermudah pemakai guna mengaplikasikan dan memahami faedah fitur.

Itulah Penjelasan tentang adobe lightroom dan Mod lightroom Semoga mengerti apa yang sudah kami jelaskan yang tertera diatas terimakasih

Baca Juga: Cara Download Aplikasi Di Laptop Dan Komputer

Exit mobile version