Pengertian dan Contoh Kerajinan Bahan Campuran

ada banyak sekali kerajinan bahan campuran yang mungkin sudah anda temui setiap harinya, hanya saja karena setiap hari bertemu dengan benda tersebut anda tidak sadar bahwa kerajinan tersebut termasuk dalam contoh kerajinan media campuran.

Sebuah kerajinan tentu memiliki proses yang panjang, terlebih apabila kerajinan tersebut memiliki nilai yang tinggi, maka sudah pasti tidak akan mudah dalam membuatnya. Anda pun tentu menyadari hal tersebut, bukan.

Untuk itu, kali ini nokturnal akan berbagi kepada anda beberapa contoh untuk kerajinan bahan campuran atau bisa juga disebut dengan mixed media.

Kerajinan Bahan Campuran

Sesuai dengan namamya, kerajinan jenis yang satu ini menggunakan bahan campuran, bisa dengan dua bahan atau bahkan banyak bahan. Namun, pada prisipnya akan menggabungkan antara dua jenis bahan, yakni bahan dengan jenis organik dan bahan dengan jenis anorganik.

Pada dasarnya anda pun sudah melihat kerajinan media campuran ini setiap harinya. Bahkan, bisa jadi anda memiliki dan mengenakannya. Hanya saja, ada banyak orang yang mungkin tidak menyadari bahwa benda tersebut menggunakan media campuran dalam proses pembuatannya.

Media campuran juga memiliki beberapa karakteristik yang akan berbeda dan beragam. Misal menggunakan logam, maka akan memiliki karakter yang keras dan akan mudah berkarat. Karena itu beberapa seniman akan menambahkan media lain untuk menutupi kekurangan tersebut misalnya karat akan ditutup dengan cat.

Vas Bunga

Contoh dari kerajinan bahan campuran yang pertama adalah vas bunga. Perlu anda ketahui bahwa vas bunga terbuat dari dua bahan atau bisa jadi lebih. bahan utama dari pembuatan vas bunga adalah tanah liat, sedangkan dalam proses nya masih akan ditambah dengan beberapa media lain seperti kaca atau pun cat agar lebih menarik.

Perhiasan

Tentu saja, perhiasan akan masuk dalam contoh kerajinan bahan campuran, hal ini karena perhiasan menggunakan bahan baku utama berupa logam mulia dan masih akan ditambah dengan beberapa media lain seperti batu atau pun aksesoris aksesoris pendukung nya.

Anda yang setiap hari mengguankan perhiasan bisa jadi tidak menyadari bahwa perhiasan masuk dalam kategori benda atau kerajinan dari bahan campuran.

Patung

Secara kasat mata, maka sudah pasti bahwa patung masuk dalam kategori media campuran. Proses pembuatan patung akan melibatkan beberapa bahan atau media, beberapa media tersebut mulai dari bahan baku utama berupa tanah liat, atau bisa juga kayu yang dipahat, dan ada banyak sekali media tambahan yang akan disematkan saat proses pembuatannya.

Namun, untuk patung pada beberapa era seperti kerajaan tentu akan menggunakan satu bahan saja. Jadi, patung sendiri akan dilihat dengan bahan yang digunakannya. Membuat sebuah patung tentu bukan perkara yang mudah, karena itulah kerajinan yang satu ini cenderung memiliki nilai yang tinggi dan tidak semua serniman bisa membuat sebuah patung.

Itulah beberapa contoh kerajinan bahan campuran yang mana ada di lingkungan sekitar anda, hanya saja selama ini anda tidak menyadarinya dan bahkan ada beberapa benda yang anda gunakan setiap hari seperti perhiasan.

Exit mobile version