Pengertian LAN: Kelebihan,Kekurangan Dan Fungsinya. 2022

Kali ini kita akan membahas mengenai suatu jaringan yang disebut LAN. Apa itu LAN? Mari simak ulasan singkat berikut.

Local Area Network (LAN) adalah suatu jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah lokal saja. Artinya, jaringan ini hanya dapat digunakan oleh pengguna di area LAN. LAN menghubungkan perangkat ke jaringan internet melalui perangkat jaringan sederhana.

Dalam jaringan LAN biasanya ditemukan kabel UTP, Hub, Switch, maupun Router. Contoh dari jaringan ini adalah komputer-komputer di sekolah, perusahaan, atau warung internet. Jaringan pada area yang terbatas tersebut biasanya merupakan jaringan LAN.

Cara Membangun LAN

Jaringan LAN bisa dibangun dengan menggunakan metode wired (kabel), wireless (tanpa kabel) maupun cara keduanya. Untuk LAN jenis wired dibangun menggunakan Ethernet dan untuk membangun jenis wireless menggunakan sebuah sinyal Wifi.LAN kebanyakan digunakan di rumah-rumah yang menggunakan sebuah router guna membuat sebuah jaringan sekaligus mengelola perangkat yang terhubung.

Router di sini berguna sebagai pusat koneksi dan memungkinkan perangkat seperti handphone, komputer, laptop, dan tablet agar bisa saling terhubung. Router itu biasanya terhubung dengan kabel atau modem yang memiliki akses internet pada perangkat-perangkat yang terhubung. Perangkat komputer juga bisa digunakan sebagai pusat LAN. Perangkat komputer yang akan digunakan sebagai pusat  tersebut berperan sebagai server sekaligus menyediakan akses untuk berbagi file atau program pada perangkat yang terhubung. Hal ini sudah sering diterapkan pada jaringan di perkantoran maupun lembaga-lembaga.

LAN

Karakteristik LAN

LAN sebagai jaringan yang cakupannya area lokal memiliki beberapa karakteristik yang mudah untuk kita identifikasi. Karakteristik ini akan membedakan jaringan dengan jaringan lain seperti jaringan MAN (Metropolitan Area Network) maupun WAN (Wide Area Network). Berikut ini beberapa di antaranya karakteristik, yaitu:

  • Jaringan  tidak menggunakan jaringan telekomunikasi dari operator tambahan.
  • Jaringan biasanya digunakan guna kepentingan pribadi.
  • Administrasi jaringan dilakukan lewat administrasi lokal.
  • Dalam sebuah jaringan umumnya terdapat satu komputer yang berfungsi sebagai server yang berguna mengatur sistem agar berjalan normal
  • Jaringan berada pada ruang lingkup geografis yang lebih sempit (area kantor, kampus, sekolah, dan rumah).
  • LAN mempunyai kecepatan perpindahan data yang lebih tinggi karena lingkupnya yang sempit
  • LAN bisa berfungsi dengan baik tanpa adanya jalur telekomunikasi, artinya yaitu LAN tidak membutuhkan akses internet.

Kelebihan LAN

Kelebihan dan Kekurangan Pada Jaringan LAN , MAN , WAN , PAN - Yui~

1. Dapat Berbagi Resource

Jika kita menggunakan jaringan LAN, kita bisa dengan untuk mudah berbagi resource dengan komputer lain. Kelebihan ini akan membuat kita lebih efisien. Selain itu, dengan berbagi resource, kita juga bisa menghemat biaya pengeluaran. Karena kita tak perlu lagi membeli perangkat seperti misalnya scanner, printer, maupun media penyimpanan lainnya untuk setiap komputer. Kita hanya cukup membeli satu, kemudian dibagi untuk bisa diakses pada komputer lain.

Selain dengan berbagi perangkat, kita juga bisa berbagi aplikasi software dengan perangkat lain. Ini merupakan kelebihan yang sangat efektif untuk mempermudah produktivitas waktu kita. Akan tetapi, berbagi aplikasi software juga tidak selamanya lebih murah dibanding dengan instal satu persatu software di komputer. Sebab, lisensi produk untuk setiap software tetap dibutuhkan saat penginstalan.

2. Data Terpusat

Dengan menggunakan file server, data di seluruh komputer yang terhubung pada jaringan LAN akan tersimpan pada satu tempat bernama server. Kelebihan ini akan memudahkan user untuk saling mengakses file yang dimiliki oleh komputer lain. Selain itu, kelebihan data terpusat ini juga membantu untuk mem-backup data user jika terjadi sebuah kesalahan, sehingga menyebabkan terhapusnya data pada komputer user.

Jika sebuah data dibagikan dalam suatu jaringan, user yang memiliki akses bisa melihat data tersebut dalam waktu yang sama. Akan tetapi, mereka tidak dapat mengedit rekaman yang sama pada waktu yang bersamaan.

Jangkauan yang hanya mencakup area kecil mengakibatkan LAN tidak akan menguras terlalu banyak biaya penggunanya. Selain itu, kabel yang digunakan juga tidak terlalu panjang.Tentu saja ini menjadi salah satu sebab kenapa LAN lebih menghemat biaya.

3. Koneksi data antar node akan berlangsung dengan cepat

4. Jaringan tidak membutuhkan operator telekomunikasi agar dapat membuat jaringan

Kekurangan Jaringan LAN

Setiap ada kelebihan, di situ pasti ada kekurangan. Adapun kekurangan yang dimiliki oleh jaringan LAN, yaitu:

1. Keamanan Rentan

Dalam sebuah jaringan komputer, keamanan adalah hal yang sangat vital yang harus diperhatikan, begitu juga pada sebuah jaringan LAN. Di sini, khususnya admin jaringan berperan penting untuk mencegah user yang tidak sah untuk mengakses data pada jaringan.

Adapun faktor lain yang mempengaruhi keamanan pada jaringan LAN yaitu user itu sendiri. Hal ini dikarenakan tidak menutup kemungkinan user yang kita miliki tidak dapat menjaga rahasia password yang dimiliki, atau mungkin saja password yang dimilikinya terlalu mudah untuk ditebak pengguna lainnya, sehingga hal ini menyebabkan user yang tidak sah bisa dengan mudah menerobos masuk ke dalam jaringan melalui user tadi.

2. Adanya masalah pada server pusat

Munculnya masalah pada server pusat bisa berakibat fatal pada jaringan LAN. Hal tersebut bisa mempengaruhi seluruh jaringan komputer, bahkan mampu menyebabkan komputer tidak bisa melakukan komunikasi dengan komputer lainnya dengan baik.

Infeksi virus adalah salah satu contoh masalah yang bisa terjadi pada server pusat. Infeksi virus ini dapat terjadi pada satu komputer dan menyebar ke seluruh komputer melalui server pusat, hal ini disebabkan karena seluruh data pada user terpusat ada pada server.

3. Instalasi cukup mahal

Instalasi pada jaringan ini bisa saja menjadi mahal bergantjung bagaimana kebutuhan dan kondisi di lapangan. Jenis topologi yang akan kita gunakan juga mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan. Untuk sebuah jaringan LAN jenis wired (kabel) kita harus membuat jalur kabel terlebih dahulu dengan melubangi dinding atau menaruhnya di bawah lantai, kemudian baru memasangkan kabel.

Pada jaringan LAN yang berjenis wireless, kita tidak perlu menggunakan kabel. Akan tetapi, area cakupan dari wireless-nya terbatas. Dengan demikian, kita membutuhkan sebuah perangkat untuk memperkuat sinyal, yang tentu saja akan menambah biaya pengeluaran.

4. Luas wilayah koneksi terbatas

Tentu saja kekurangan ini dikarenakan jaringan LAN hanya mencakup area lokal saja.

Fungsi LAN

Pengertian LAN CARD Adalah : Fungsi & Cara Kerjanya (Lengkap)

Jaringan lan memiliki beberapa fungsi dan keguanaan tertentu. Berikut ini adalah fungsi dari jaringan.

1. Menghubungkan 2 Komputer atau Lebih

Jaringan lan digunakan untuk menghubungan 2 komputer atau lebih baik secara langsung ataupun media perantara. 2 komputer dapat dihubungkan langsung menggunakan kabel UTP yang tersambung di kedua komputer.

Sementara untuk menggabungkan banyak komputer, kita membutuhkan perangkat lain seperti misalnya Switch ataujuga Hub.

2. Memindahkan File dari Satu Komputer ke Komputer Lainnya

Dengan menggunakan jaringan Lan, kita tidak perlu bolak balik memasukan flash disk dari komputer 1 ke komputer lainnya. Dengan Lan kita dapat melakukan pemindahan data melalui metode sharing pada komputer.

3. Sharing Printer

Selain berbagi data, jaringan LAN juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi printer. Hal ini akan memudahkan seluruh pengguna dan menghemat biaya.

Langkah yang harus dilakukan yaitu dengan membagi driverprinter yang ada di Control Panel. Setelah dibagikan (ke seluruh pengguna), printer dapat dipakai secara bersama-sama tanpa harus memindahkan komputer maupun printer.

Perihal fungsi ini mungkin kita sering melihatnya di warnet, sewa komputer dan print-an. Begitu file siap, kita dapat mencetak file sesuai pilihan printer yang tersedia.

4. LAN Chatting

Jaringan LAN dapat pula dipakai untuk mengirim pesan antar komputer pada area tersebut. Aktivitas ini bahkan dapat dilakukan tanpa harus terkoneksi ke internet meskipun nantinya jaringan LAN akan tetap terlihat online.

Untuk menjalankan LAN Chatting, Anda dapat menggunakan aplikasi bawaan Windows seperti winchat.exe atau menggunakan perangkat lunak LAN Chatting lainnya.

5. Remote Komputer

Melakukan aktivitas remote pada suatu komputer dapat menggunakan perangkat lunak seperti Team Viewer. Akan tetapi, perangkat lunak tersebut hanya dapat bekerja ketika komputer tersambung ke internet.

Dalam jaringan LAN, Anda dapat melakukan remote tanpa harus terkoneksi ke internet. Anda dapat memanfaatkan fitur Remote Desktop Manager/Connection yang sudah disediakan Microsoft. Anda pun dapat mengontrol komputer di dalam jaringan.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Komputer Dengan Baik

Exit mobile version