Perbedaan NTFS, FAT32 dan exFAT

Ketiganya merupakan system file yang didukung Windows saat ini.
Perbedaan NTFS, FAT32 dan exFAT

Saat melakukan format flashdisk atau Hard Disk Drive (HDD), kamu pasti mendapatkan opsi format berupa NTFS, FAT32 dan exFAT. Tapi tahukah kamu apa itu?

Pada dasarnya ketiga format file tersebut adalah sistem file yang didukung oleh Windows. NTFS sebagai yang paling modern dan digunakan Windows secara default pada sebagian besar drive sitem. FAT32 adalah sistem file yang lebih tua dan tidak seefisien NTFS dan yang terakhir exFAT yang merupakan pengganti FAT323.

NT File Systems (NTFS)

NTFS adalah sistem file Windows yang paling modern dan digunakan secara default. Setelah selesai meng-install Windows, format drive yang ada dikomputer adalah NTFS. NTFS memilih size limit yang sangat besar sehingga kamu tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

NTFS pertama kali muncul dikomputer konsumer pada Windows XP, meski debut aslinya adalah pada Windows NT.

NTFS dilengkapi dengan fitur modern yang mana tidak tersedia di FAT32 dan exFAT. NFTS didukung oleh file permissions for security, mengganti jurnal untuk memulihkan error jika komputer crash dengan cepatn, shadow copies untuk backup, enkripsi, disk quota limit, hard links dan banyak lagi lainnya.

  • Kombapilitas: Bisa bekerja disemua versi Windows, namun hanya read-only pada perangkat Mac secara default dan read-only untuk beberapa distro Linux.
  • Limitasi: Tidak memiliki limit/batas ukuran dan partisi.
  • Penggunaan ideal: Gunakan pada komputer Windows dan drive yang digunakan didalamnya.

File Allocation Table 32 (FAT32)

FAT32 adalah sistem file Windows yang tertua. FAT32 diperkenalkan pada Windows 95 untuk mengganti sistem file FAT16 yang digunakan di MS-DOS dan Windows 3. File individual pada FAT32 tidak bisa lebih dari 4GB dan sebuah partisi FAT32 juga harus kurang dari 8TB yang memang memang cukup terbatas.

Saat ini Windows tidak bisa lagi meng-install drive dengan format FAT32 dan akan menggunakan NTFS sebagai format default.

  • Kompabilitas: Bisa bekerja disemua versi Windows, Linux, Mac dan konsol game serta USB port.
  • Limitasi: Ukurang maksimal file 4GB dan partisi 8TB.
  • Penggunaan ideal: Digunakan pada removable drives seperti flashdisk, dengan asumsi kamu tidak memiliki file dengan ukuran lebih dari 4GB.

Extended File Allocation Table (exFAT)

Format sistem file exFAT diperkenalkan pada tahun 2006 yang digunakan pada versi lawas Windows dengan update ke Windows XP dan Windows Vista. exFAT didesain agar ringan seperti FAT32, tapi tanpa fitur tambahan seperti yang ada pada NTFS dan tanpa limitasi seperti pada FAT32.

exFAT memiliki limit ukuran file dan partisi yang sangat besar, memungkinkan pengguna untuk menyimpan file dengan ukuran lebih dari 4GB.

  • Kompabilitas: Bisa bekerja dengan semua jenis Windows dan versi modern dari MacOS, namun membutuhkan software tambahan untuk Linux. Lebih banyak perangkat yang mendukung exFAT dibandingkan NTFS.
  • Limitasi: Tidak ada limit ukuran file dan partisi di exFAT.
  • Penggunaan ideal: Gunakan saat kamu membutuhkan limit ukuran file dan partisi yang lebih besar daripada FAT32 dan saat kamu membutuhkan kompabilitas yang lebih banyak daripada NTFS.

Penutup

Sudah mengerti perbedaan NTFS, FAT32 dan exFAT? Perbedaan terbesarnya adalah pada kompabilitas dan limitasi, jadi sesuaikan dengan kebutuhanmu dalam memilih format removable disk seperti flashdisk. Sedangkan untuk HDD atau SSD tidak perlu bingung karena jika kamu menggunakan Windows maka sudah diatur sebagai NTFS.

Tinggalkan komentar jika ada yang ingin kamu tanyakan seputar sistem file. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.

Cheers!