Prinsip Kerja Mesin 2 Tak Kelebihan dan Kekurangan

Mesin 2 tak adalah mesin pembakaran dalam yang dalam satu siklus pembakaran terjadi dua langkah piston, berbeda dengan putaran empat-tak yang mempunyai empat langkah piston dalam satu siklus pembakaran, meskipun keempat proses (intake, kompresi, tenaga, pembuangan) juga terjadi.
Mesin dua tak juga telah digunakan dalam mesin diesel, terutama rancangan piston berlawanan, kendaraan kecepatan rendah seperti mesin kapal besar, dan mesin V8 untuk truk dan kendaraan berat lainnya.

Prinsip Kerja Mesin 2-Tak

1. Langkah pertama

Saat piston bergerak naik. Lubang saluran buang dan saluran bilas tertutup piston dan terjadi pemampatan gas bensin di ruang bakar. Saat piston berada di atas atau titik mati atas (TMA) terjadi pembakaran karena uap bensin disambut percikan api busi. Saat piston berada di atas atau TMA, di bawahnya lubang saluran masuk terbuka. Gas bensin baru dari karburator kemudian masuk ke dalam ruang bakar.

2. Langkah kedua

Saat piston turun dari TMA lubang saluran buang hasil pembakaran terbuka diikuti lubang saluran bilas. Gas hasil pembakaran kemudian keluar didorong oleh embusan bensin dari saluran pembilas. Saat piston berada di bawah atau titik mati bawah (TMB) maka uap bensin baru kemudian masuk dari saluran masuk.

Cara Kerja Mesin – Langkah Isap

Pengertian Mesin 2 Tak dan Prinsip Kerjanya - Gerai Teknologi

 

 

Piston Bergerak dari TMB (Titik Mati Bawah) ke TMA (Titik Mati Atas)

  1. Saat bergerak dari TMB ke TMA, piston akan menghisap gas hasil campuran udara, bahan bakar dan pelumas ke dalam ruang bilas. Pencampuran ini dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi.
  2. Ketika melewati lubang pemasukan dan lubang pembuangan, piston sendiri akan mengkompresi gas yang terjebak di dalam ruang bakar.
  3. Piston akan terus mengkompresi gas dalam ruang bakar sampai ke TMA.
  4. Beberapa saat sebelum piston sampai di TMA, busi akan menyala untuk membakar gas dalam ruang bakar. Waktu nyala busi tidak terjadi saat piston sampai ke TMA melainkan terjadi sebelumnya. Hal ini dimaksudkan agar puncak tekanan akibat pembakaran di dalam ruang bakar dapat terjadi ketika piston mulai bergerak dari TMA ke TMB. Karena proses pembakaran membutuhkan wkatu untuk dapat membuat gas terbakar dengan sempurna oleh nyala percikan api busi.

Cara Kerja Mesin – Langkah Buang

Piston Bergerak dari TMA (Titik Mati Atas) ke TMB (Titik Mati Bawah)

  1. Ketika bergerak dari TMA ke TMB, piston akan menekan ruang bilas yang berada pada bagian bawahnya. Semakin jauh piston meninggalkan TMA menuju TMB, akan semaki meningkat pula tekanan di ruang bilas.
  2. Pada titik tertentu, piston (ring piston) akan melewati lubang pembuangan gas dan lubang masuk gas. Posisi masing-masing lubang tergantung dari desain. Umumnya ring piston akan melewati lubang pembuangan terlebih dahulu.
  3. Ketika ring piston melewati lubang pembuangan, gas yang ada di dalam ruang bakar akan keluar melalui lubang pembuangan.
  4. Pada saat ring piston melewati lubang masuk, gas yang tertekan di dalam ruang bilas akan terpompa masuk ke dalam ruang bakar dan sekaligus mendorong keluar gas yang ada di dalam ruang bakar ke lubang pembuangan.
  5. Piston terus menekan ruang bilas sampai titik TMB, sekaligus memompa gas dalam ruang bilas menuju ke dalam ruang bakar.

BACA JUGA: Pengertian Mesin Rotary Beserta Komponennya. Mazda Rx-8

Kelebihan Mesin 2 Tak

kelebihan mesin 2 tak adalah :

  1. Mesin dua tak lebih bertenaga dibandingkan mesin empat tak.
  2. Mesin dua tak lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin empat tak.
  3. Kombinasi kedua kelebihan di atas menjadikan rasio berat terhadap tenaga (power to weight ratio) mesin dua lebih baik dibandingkan mesin empat tak.
  4. Mesin dua tak lebih murah biaya produksinya karena konstruksinya yang sederhana.
  5. Meskipun memiliki kelebihan tersebut di atas, jarang digunakan dalam aplikasi kendaraan terutama mobil karena memiliki kekurangan.

Kekurangan Mesin 2 Tak

Kekurangan mesin 2 tak

  1. Efisiensi mesin dua tak lebih rendah dibandingkan mesin empat tak.
  2. Mesin dua tak memerlukan oli yang dicampur dengan bahan bakar (oli samping/two stroke oil) untuk pelumasan silinder mesin.
  3. Kedua hal di atas mengakibatkan biaya operasional mesin dua tak lebih tinggi dibandingkan mesin empat tak.
  4. Mesin dua tak menghasilkan polusi udara lebih banyak, polusi terjadi dari pembakaran oli samping dan gas dari ruang bilas yang terlolos masuk langsung ke lubang pembuangan.
  5. Pelumasan mesin dua tak tidak sebaik mesin empat tak, mengakibatkan usia suku cadang dalam komponen ruang bakar relatif lebih rendah.

Nah itulah beberapa pembahasan menarik mengenai cara kerja mesin 2 tak mulai dari pengertian, prinsip kerja, kelebihan dan kekurangan. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat menambah wawasan pengetahuan kalian mengenai otomotif, khususnya mesin motor 2 tak.

 

Exit mobile version