Tips Membuat Surat Lamaran yang Menarik Di Lihat

Saat Anda sedang mencari pekerjaan, sudah tentu yang perlu buat saat melamar kerja adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja sebagai poin khusus yang tetapkan apa Anda diterima kerja pada posisi yang Anda lamar atau tidak. Anda tentu harus mempromosikan diri Anda secara benar tanpa perlu mengada-ada yang sudah tentu jadi nilai lebih buat perusahaan yang akan terima kerja.

Anda tentu harus menulis surat lamaran kerja dengan baik agar kesempatan diterima di perusahaan yang Anda harap semakin besar. Ini karena begitu sebagian orang yang memerlukan pekerjaan tapi lapangan kerja yang ada tidak memenuhi. Sampai untuk masuk perusahaan yang Anda harap bisa saja susah karena persaingan yang ketat.

Umumnya cara menulis surat lamaran kerja untuk diberikan dimana saja sama pula di dalamnya. Berikut sejumlah cara membuat surat lamaran kerja. Catat beberapa point berikut secara berurutan.

1. Tempat dan tanggal penulisan surat.
2. Ke Yth. nama orang dan gelar dan kedudukannya atau perusahaan tujuan.
3. Alamat komplet perusahaan jangan dilewati.
4. Salam pembuka
5. Kata pengantar/pembukaan

Saat tulis kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja, masukkan di mana Anda mendapatkan informasi mengenai kesempatan kerja yang dibuka pada perusahaan yang Anda bidik. Baik dari mass media atau internet, atau rekanan Anda.

Sebutkan status posisi pekerjaan yang Anda tetapkan jika dalam perusahaan itu membutuhkan banyak karyawan baru.

6. Biodata Individu

Catat nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, E-Mail, Edukasi (tidak wajib)

Jika Anda ingin menulis latar belakang edukasi Anda, tulis saja latar belakang edukasi tertinggi Anda.

7. Penglaman Kerja dan Kekuatan

Jika awalannya Anda pernah bekerja, tulisan pekerjaan Anda awalannya. Jika tak pernah bekerja (fresh-graduate) tidak perlu. Tulis kemampuan Anda yang kurang lebih dibutuhkan dalam perusahaan itu.

8. Penutup

Tulislah bila Anda mempunyai tekad besar agar diterima di perusahaan itu. Jangan sampai lupa sampaikan Terima kasih.

9. Lampiran

Agar perusahaan yang Anda bidik semakin yakin untuk terima Anda, lampirkan banyak hal yang dapat menambah nilai Anda. Hal yang semestinya ada sebagai tambahan adalah:

-Pas photo (photo terbaru)
-Fotokopi KTP
-Daftar kisah hidup
-Fotokopi ijazah paling akhir
-Fotokopi sertifikat kapabilitas (pelatihan atau training yang pernah Anda ikuti)

10. Hormat Saya

Setelah Anda kenali cara membuat surat lamaran pekerjaan, Anda bisa melihat contoh-contoh surat lamaran pekerjaan di bawah ini.

Tempat Download Jurnal Gratis hanya di idearik.com