Tips Memilih Karir Sebagai Seorang Psikolog

Psikiater sebagai karier di sektor pengetahuan psikologi hingga disebutkan dengan pakar psikologi. Banyak mahasiswa yang pilih jalur psikologi ingin berkarier sebagai psikiater. Langkah jadi psikiater dapat disebut tidak dapat instant. Saat yang diperlukan hampir serupa dengan karier dokter.

Maka bagaimanakah cara jadi psikiater? Berikut 10 tingkatan yang bakal Kamu lewati bila Kamu ingin jadi seorang pakar psikologi.

  1. Pilih Jalur S1 Psikologi

Harapan jadi psikiater harus Kamu siapkan semenjak penyeleksian jalur kuliah. Kamu harus pilih jalur S1 psikologi, di universitas mana saja, untuk menjadi psikiater. Ini sebagai persyaratan mutlak yang perlu disanggupi.

  1. Menuntaskan Pengajaran S1 Psikologi

Sesudah Kamu pilih jalur ini dan masuk jadi salah satunya mahasiswanya, Kamu harus memiliki komitmen untuk menyelesaikannya. Jika Kamu stop di tengah jalan dengan argumen apa saja, itu akan memupuskan keinginan Kamu jadi psikiater.

  1. Melanjutkan Pendidikan S2 Psikologi Profesi

Langkah jadi psikiater yang ke-3 dengan meneruskan study magister. Menjadi psikiater, persyaratan pengajaran minimum yang perlu dilakukan ialah S2 Psikologi . Maka, sesudah Kamu lulus pengajaran S1, Kamu dapat bersiap-sedia untuk meneruskan study kelanjutan.

  1. Tentukan Pecintaan Untuk S2

Kamu akan belajar beberapa materi untuk perdalam pengetahuan Kamu berkaitan psikologi. Disamping itu, Kamu akan disuruh untuk pilih pecintaan sektor yang Kamu gemari dan kuasai. Ada banyak pecintaan yang dapat Kamu tentukan, salah satunya psikologi sosial, pengajaran, dan industri.

  1. Ikuti Praktek Kerja Karier Psikologi

Sesudah 2 semester pertama Kamu dikasih teori dan praktikum dalam lab, seterusnya Kamu perlu ikuti praktek kerja karier psikologi sesuai pecintaan yang Diambil. Lama waktu praktek kerja ini kurang lebih 1-2 semester.

  1. Mengikuti Sidang Profesi

Langkah jadi psikiater seterusnya dengan ikuti sidang karier yang dikerjakan oleh HIMPSI. Ada banyak test yang perlu Kamu lewati. Bila Kamu lulus rangkaian test ini, Kamu telah pantas jadi psikiater

  1. Mendaftarkan Keanggotaan HIMPSI

Bila Kamu dipastikan lulus dari sidang karier HIMPSI, Kamu diharuskan mendaftarkan keanggotaan HIMPSI. HIMPSI sebagai ringkasan dari Himpunan Psikologi, yakni organisasi beranggotakan pakar psikologi semua Indonesia.

  1. Mengurusi SIPP

Selainnya mendaftarkan keanggotaan HIMPSI, Kamu perlu mengurusi SIPP, yakni Surat Izin Praktek Psikologi. Dengan SIPP ini, Kamu dapat buka tempat praktek Kamu sendiri.

  1. Selamat Kamu Telah Jadi Psikiater

Sesudah mengurusi semua hal itu, selamat, Kamu telah syah jadi seorang psikiater. Kamu bisa juga membuka tempat praktek sendiri.

  1. Jika ingin Berkarir di luar, melanjutkan pendidikan sampai Doktoral

Bila Kamu ingin berkarier di luar negeri, terutamanya Amerika, Kamu perlu meneruskan pengajaran ke tingkatan S3 atau doktor.

Begitu 10 langkah jadi psikiater yang penting Kamu kenali. Tes Kepribadian MBTI. Bila jadi psikiater ialah karier yang Kamu harapkan, siapkan diri Kamu semenjak penyeleksian jalur kuliah. Belajar yang rajin karena beberapa materi jalur psikologi tidak segampang yang Kamu pikirkan.