Tips Meningkatkan Kecepatan Website Agar Ramah SEO

Website dengan waktu loading yang cepat memiliki traffic lebih tinggi daripada yang lambat.  Biasanya juga memiliki kunjungan kembali yang lebih tinggi, dan rasio bounce rate yang rendah.  Website yang lambat dapat mengakibatkan tingkat konversi yang lebih kecil, peringkat yang lebih rendah dalam pencarian organik dan reputasi yang buruk. Untuk itu perlu mengetahui tips meningkatkan kecepatan website agar ramah SEO.

Segera periksa tingkat kecepatan loading website anda untuk memastikan situs anda ramah SEO.

 

Tips Meningkatkan Kecepatan Website Agar Ramah SEO

 

Berikut adalah beberapa tips meningkatkan kecepatan website agar ramah SEO yang direkomendasikan pakar SEO :

 

 Memanfaatkan Jaringan Pengiriman Konten CDN

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk memastikan halaman web Anda memuat lebih cepat adalah mendapatkan jaringan pengiriman konten.  Jaringan adalah sekumpulan server web yang didistribusikan di berbagai lokasi di seluruh dunia.  Masalah dengan menggunakan jaringan yang sama adalah ketika semua pengguna mengirim permintaan pencarian, itu menuju ke perangkat keras yang sama.  Ini berarti bahwa perangkat keras akan membutuhkan waktu lebih lama daripada yang seharusnya menangani semua permintaan.  Saat Anda menggunakan CDN, permintaan dikirim ke server yang berbeda, yang mempercepat proses pengiriman.  Kehadiran banyak server juga berarti permintaan pengguna dialihkan ke server terdekat, dan konten dikirim lebih cepat.  Meskipun metode ini sedikit mahal, namun sangat efektif dalam mengurangi waktu pengiriman konten, meningkatkan kecepatan halaman website. Ini merupakan salah satu tips meningkatkan kecepatan website agar ramah SEO yang terbaik Kursus Seo .

 

 Menggunakan Layanan Hosting yang Lebih Baik

Beberapa opsi tersedia saat Anda mencari penyedia layanan hosting:

  • Shared Hosting
  • VPS Hosting
  • Dedicated Server

Shared Hosting adalah yang paling populer karena terjangkau untuk semua orang.  Namun, dengan shared hosting, Anda mendapatkan CPU, ruang disk, dan RAM bersama.  Akibatnya, situs web yang dihosting di server bersama sedikit lebih lambat daripada yang dihosting di alternatif hosting lainnya.

VPS adalah singkatan dari virtual private server.  Sebaliknya, dedicated server , hanya menangani konten situs web Anda.  Kedua opsi hosting tersebut memiliki sistem distribusi konten dan server virtual di mana konfigurasi Anda berbeda dan tidak memengaruhi klien lain.  Dedicated Server adalah yang paling mahal karena tidak ada pembagian, dan dapat mengoptimalkan kecepatan dan kinerja website Anda. Ini merupakan salah satu tips meningkatkan kecepatan website agar ramah SEO yang terbaik.

 

 Mengurangi Jumlah Plugin Yang Digunakan

Plugin adalah komponen penting dari arsitektur situs web.  Orang-orang menginstalnya untuk melayani berbagai fungsi seperti pengoptimalan SEO, pemeriksaan ejaan, dan banyak hal lainnya.  Semakin lama Anda menggunakan sebuah situs web, semakin tinggi kemungkinan jumlah plugin yang dimilikinya.  Anda harus menjalankan uji kinerja dan melihat plugin mana yang memperlambat situs web Anda.  Hapus semua plugin yang tidak terlalu penting. Ini merupakan salah satu tips meningkatkan kecepatan website agar ramah SEO yang terbaik.

 

 Periksa dan Optimalkan Gambar

Salah satu faktor yang menarik orang untuk berkunjung ke situs web adalah kualitas gambar yang Anda miliki di sana. Masalah dengan penggunaan gambar yang berlebihan adalah memperlambat situs web karena ukuran file gambar yang besar.  Anda dapat menggunakan kompresi gambar dan perangkat lunak pengubah ukuran untuk membantu mengurangi ukuran gambar dan mengoptimalkan kecepatan pemuatan. Ini merupakan salah satu tips meningkatkan kecepatan website agar ramah SEO yang terbaik.

 

 Meminimalkan Jumlah File CSS dan JavaScript

File JavaScript dan CSS adalah penyebab utama lainnya dari kecepatan pemuatan yang lambat di situs web.  File tersebut menyebabkan permintaan HTTP dalam jumlah yang sangat besar dari orang-orang yang mengunjungi situs web Anda.  Permintaan HTTP digunakan untuk mengakses file tertentu, dan masing-masing ditangani secara terpisah oleh browser.  Ini memperlambat kecepatan fungsi situs web Anda.  Untuk mempercepat waktu pemuatan halaman, Anda perlu mengurangi jumlah file CSS dan Javascript di situs web.  Trik lain yang bagus adalah mengelompokkan file menjadi satu file, yang mengurangi jumlah permintaan.  Tool yang dapat membantu Anda meminimalkan file JavaScript dan HTTP termasuk WillPeavy dan Script Minifier. Ini merupakan salah satu tips meningkatkan kecepatan website agar ramah SEO yang terbaik.

 

 Memanfaatkan Caching Situs Web

Banyak orang akan mencoba mengakses satu halaman situs web Anda pada saat yang bersamaan.  Ini memperlambat situs web ketika harus mengirimkan halaman yang sama ke setiap pengguna secara terpisah.  Caching menyimpan versi situs web Anda saat ini dan membiarkan pengunjung mengakses versi ini hingga Anda memperbarui situs web.  Oleh karena itu, situs web tidak mengirimkan data berulang kali ketika seseorang mencoba mengaksesnya karena situs web yang di-cache tidak memerlukan permintaan basis data setiap saat.

Ada beberapa cara untuk melakukan proses caching.  Plugin seperti W3 Super Cache dan W3 Total Cache ideal untuk pekerjaan itu.  Hosting dengan VPS dan dedicated server dapat menggunakan cache di bawah pengaturan situs web umum.  Caching tidak tersedia di sebagian besar shared hosting. Ini merupakan salah satu tips meningkatkan kecepatan website agar ramah SEO yang terbaik.

 

Memanfaatkan CMS Optimasi Database

Cara lain untuk meningkatkan kecepatan dan kinerja situs web adalah dengan mengoptimalkan basis data.  Situs yang sistem pengelolaan kontennya dikemas dengan plugin kompleks akan bertambah ukurannya dan memperlambat fungsi situs web.  Jika Anda menggunakan WordPress, misalnya, CMS, posting blog, dan komentar disimpan bersama dengan banyak informasi lama lainnya.  Informasi tersebut memakan banyak ruang dan memperlambat seluruh situs web.  Anda bisa mendapatkan alat pengoptimalan yang andal seperti WP-Optimize untuk mempercepat waktu pemuatan halaman. Ini merupakan salah satu tips meningkatkan kecepatan website agar ramah SEO yang terbaik.

 

 Mempercepat Kompresi G-Zip

Semua file dikompresi secara efektif menggunakan alat seperti G-zip.  Penggunaan G-Zip meminimalkan jumlah permintaan HTTP ke situs web dan mengurangi waktu respons server.  File tersebut dikirim ke browser setelah kompresi, tetapi browser harus mengekstraknya sebelum dapat diakses.  Menambahkan G-Zip mempercepat proses unzip. Ini merupakan salah satu tips meningkatkan kecepatan website agar ramah SEO yang terbaik.

 

Deteksi dan Perbaiki Kesalahan 404

Kesalahan 404 berarti bahwa halaman tidak dapat ditemukan di server.  Pesan ini biasanya diberikan oleh browser hosting atau mesin pencari ketika konten halaman tertentu tidak dapat diakses atau karena alasan tertentu, tidak ada lagi.  Alat deteksi kesalahan 404 menemukan dan menyelesaikan semua masalah ini.  Beberapa menyelesaikan masalah dengan mengarahkan pengguna ke versi halaman saat ini.  Beberapa alat pengalihan yang dapat Anda coba meliputi: Sleuth, Alat Webmaster Google, dan Plugin Pengalihan untuk WordPress. Ini merupakan salah satu tips meningkatkan kecepatan website agar ramah SEO yang terbaik.

 

  Meminimalkan Penggunaan Font Web

Font web semakin populer dalam desain web.  Meskipun bagus untuk pencitraan brand dan membuat tampilan unik untuk situs web individual, tetapi juga memperlambat kecepatan pemuatan halaman.  Saat Anda menambahkan font web ke situs web Anda, Anda menambahkan permintaan HTTP ke sumber eksternal.  Seperti yang disebutkan, permintaan HTTP sangat memperlambat situs web.  Beberapa cara untuk mengoptimalkan kecepatan memuat sambil tetap menggunakan font web adalah sebagai berikut:

  • Penggunaan format modern seperti WOFF2 untuk browser modern
  • Memanfaatkan hanya set karakter yang saat ini digunakan di situs
  • Memilih gaya font seperlunya

Tips meningkatkan kecepatan website agar ramah SEO diatasi adalah untuk memastikan bahwa situs web Anda memuat semua halamannya dalam waktu kurang dari tiga detik.