Tips Optimasi Postingan WordPress Agar Ramah SEO

Tips Optimasi Postingan WordPress Agar Ramah SEO

Konten adalah SEO friendly ketika dikembangkan dengan cara tertentu untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari seperti Google dan Bing dll. Beberapa blogger berpendapat bahwa membuat konten yang ramah SEO hanya memerlukan  untuk memasukkan kata kunci dengan kepadatan tertentu ke dalam postingan blog, tetapi tidak demikian pada tahun 2021 ketika Google telah meningkatkan algoritmanya secara signifikan dan menjadi lebih pintar dari sebelumnya.

 

Tips Optimasi Postingan WordPress Agar Ramah SEO

 

Sekarang membuat konten yang ramah SEO lebih penting untuk membantu lebih banyak orang menemukan konten kita.  Berikut adalah beberapa tips optimasi postingan WordPress agar ramah SEO :

 

 Mulailah Dengan Riset Kata Kunci

Jika Anda benar-benar bertujuan untuk membuat konten ramah SEO yang berharga dan membuat perbedaan, maka Anda harus terlebih dahulu melakukan riset menyeluruh.  Artinya dalam proses riset, Anda perlu mengetahui beberapa hal penting seperti:

  • Kata kunci mana yang akan ditargetkan
  • Berapa panjang artikel yang ideal
  • Apa jenis artikelnya
  • Taktik ramah SEO apa yang harus Anda terapkan

Tool yang sangat bagus dan efektif untuk digunakan pada tahun 2021 untuk konten SEO adalah SEMRush.  Tool ini tersedia untuk uji coba gratis yang memungkinkan banyak fitur untuk melakukan riset yang baik tentang topik dan membantu penulis mengoptimalkan konten dengan kata kunci yang tepat.  Alat ini akan memungkinkan penulis untuk memahami kata kunci apa yang harus ditempatkan dalam artikel dan berapa persen kepadatannya. Ini merupakan salah satu tips optimasi postingan WordPress agar ramah SEO yang sangat penting.

 

 Tentukan Jenis Artikel

Anda juga dapat meletakkan kata kunci target Anda di pencarian Google untuk melihat artikel seperti apa yang berada di peringkat atas.  Ini adalah bagian penting dari keseluruhan riset m yang memungkinkan untuk memahami jenis kata kunci yang menurut Google lebih baik untuk kueri semacam itu.  Anda dapat mencari pola di hasil pencarian misalnya dan mencari tahu kata kunci mana yang sesuai dengan konten Anda. Ini merupakan salah satu tips optimasi postingan WordPress agar ramah SEO yang sangat penting.

 

 Tentukan Panjang Ideal Artikel SEO

Menentukan panjang ideal blog SEO bisa menggunakan perangkat lunak SEMRush.  Anda dapat menggunakan fitur yang disebut “asisten menulis SEMRush” dan menemukan apa yang seharusnya menjadi batasan kata yang ideal untuk artikel atau blog untuk meningkatkan peluang mendapatkan peringkat di halaman pertama.

Panjang ideal konten yang dioptimalkan untuk SEO sekitar dari 1500 hingga 2100 kata.  Ketika telah menentukan panjang konten menggunakan SEMRush, Anda dapat mengetahui berapa panjang konten bentuk panjang Anda.  Sekarang saatnya membuat garis besar dari apa yang akan Anda tulis.

Untuk membuat garis besar, letakkan kata kunci target di Google dan analisis hasilnya.  Anda perlu mengambil beberapa langkah lagi selain menentukan panjang dan kata kunci sebuah artikel. Ini merupakan salah satu tips optimasi postingan WordPress agar ramah SEO yang sangat penting.

 

 Gunakan Sub-Header di Konten

Membuat header dan sub-header dapat membantu menciptakan dampak SEO yang bagus pada artikel dan juga di benak pembaca.  Header penting untuk membantu pembaca memahami apa yang mereka baca dan ke mana artikel membawanya.  Hal itu juga membuat konten SEO mudah dibaca dan dipahami.  Ini menyiratkan bahwa pembaca dapat membaca sekilas konten Anda dan lebih cenderung membaca detail dan membagikannya dengan teman dan follower mereka.

Mesin pencari juga berisi robot yang juga menyukai judul dan sub-judul yang sesuai.  Mereka juga dapat menggunakan header dan sub-header untuk memahami konten Anda.  Ini membantu memahami relevansi salinan mereka.  Header juga berkontribusi pada saturasi kata kunci. Ini merupakan salah satu tips optimasi postingan WordPress agar ramah SEO yang sangat penting.

 

 Tautkan Konten Anda Ke Konten Yang Sebelumnya Dipublikasikan

Untuk peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari, Anda harus mengandalkan kekuatan internal link yang sangat berguna untuk sebuah website.  Anda harus memutuskan berapa banyak link yang harus dimasukkan dalam satu konten.  Jika kontennya ramah SEO, maka itu akan membantu mendapatkan lebih banyak backlink.  Ini akan membantu Anda untuk mengarahkan lebih banyak pengunjung ke seluruh domain jika menautkan postingan baru dengan konten sebelumnya.

Ini juga akan memungkinkan pengunjung dan mesin pencari untuk menemukan materi lama dengan mudah dan otoritas halaman dari halaman yang ditautkan juga akan dibagikan dengan halaman baru.  Ini dapat meningkatkan kredibilitas situs web Anda dan hal ini menunjukkan semakin baik link Anda, semakin besar kemungkinan untuk memiliki peringkat konten.  Jadi, jika konten dapat diakui sebagai sumber yang dapat dipercaya, pembaca juga akan dapat lebih menghargainya. Ini merupakan salah satu tips optimasi postingan WordPress agar ramah SEO yang sangat penting.

 

 Optimalkan Gambar  dengan Kata Kunci SEO

Gambar menambahkan konteks ke konten tulisan dan banyak orang awalnya tertarik pada gambar dan akhirnya mengunjungi situs Anda.  Artinya, gambar yang dioptimalkan selalu memberi nilai tambah pada konten dan meningkatkan minat pembaca.

Ada juga alasan teknis yang menuntut pengoptimalan gambar.  Misalnya, pengoptimalan gambar dapat meningkatkan kecepatan halaman yang menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih baik.  Ini membantu mesin pencari untuk selalu menemukan konten karena gambar yang  digunakan dioptimalkan di situs web.  Anda juga perlu berhati-hati tentang ukuran setiap gambar di situs web.

Misalnya, menyertakan gambar berukuran besar dapat mempengaruhi waktu buka halaman web;  ini dapat mempersulit navigasi.  Anda dapat mengurangi ukuran setiap gambar tanpa mengurangi kualitasnya. Anda dapat menggunakan editor gambar atau mencari plugin yang dapat membantu menerapkan teknik kompresi pada gambar.

Gunakan juga atribut alt gambar yang memungkinkan Google mengenali gambar Anda.  Untuk memastikan bahwa mesin pencari dapat memahami tentang gambar.  Ini menunjukkan bahwa Anda harus menggunakan nama gambar yang benar. Ini merupakan salah satu tips optimasi postingan WordPress agar ramah SEO yang sangat penting.

 

 Optimasi Judul Postingan, Meta-Judul Dan Meta Deskripsi

Judul postingan adalah salah satu yang membantu pengunjung untuk melihat judul pada postingan website Anda.  Selain itu, judul Meta posting adalah salah satu yang membantu mesin pencari menampilkan posting Anda di hasil pencarian.

Penting untuk memberikan meta-title dalam pengaturan SEO.  Ini akan memungkinkan Anda untuk membuat judul postingan diperlakukan sebagai judul Meta.  Selain itu, Anda juga harus memasukkan kata kunci dalam meta-title.  Buat judul postingan kurang dari 66 karakter.

Selain judul posting dan judul Meta, Anda juga harus menyertakan deskripsi Meta.  WordPress memiliki plugin SEO yang memungkinkan Anda menambahkan deskripsi Meta ke sebuah posting. Ini merupakan salah satu tips optimasi postingan WordPress agar ramah SEO yang sangat penting.

 

 Gunakan H1, H2, dan Tag Heading Lainnya

Aspek penting dari penulisan SEO adalah menggunakan tag heading yang tepat.  Anda tidak boleh mengabaikan beberapa aspek penulisan SEO ini – Kursus Seo.  Salah satu elemen terpenting dari penulisan konten SEO termasuk tag heading seperti tag H1, H2, dan H3.

Dalam konten yang dioptimalkan untuk SEO, jangan mengabaikan aspek seperti itu.  Misalnya untuk membuat judul postingan, Anda harus fokus membuat tag H1.  Demikian pula, untuk sub-heading berikutnya, Anda dapat menggunakan heading H2.  Dan selanjutnya, Anda dapat membuat heading H3 dan seterusnya jika diperlukan.

Taktik yang bijaksana adalah menggunakan tag heading yang tepat untuk penulisan SEO yang efektif.  Saat Anda menulis posting blog bentuk panjang, maka pemahaman tentang penggunaan tag heading itu penting.  Ide yang bagus adalah menggunakan kata kunci dalam tag H1 dan H2. Ini merupakan salah satu tips optimasi postingan WordPress agar ramah SEO yang sangat penting.

 

Beberapa tips optimasi postingan WordPress agar ramah SEO yang disebutkan diatas tentu saja merupakan metode SEO umum yang digunakan platform WordPress. Tetapi sangat penting untuk dilakukan karena akan membuat mesin pencari lebih mudah untuk melakukan crawling dan menentukan peringkat situs web di hasil pencarian atau SERP.

Posted in SEO
Author Image
Penulis Artikel