Tips SEO Off-Page Untuk Website

Bagian penting dari SEO off-page adalah link eksternal ke situs web Anda, seperti backlink.  Tingkatkan peringkat situs web Anda menggunakan SEO Off-Page.

 Apa itu SEO off-page?

Mesin pencari melihat web secara keseluruhan dan menafsirkan sinyal untuk menentukan informasi apa yang paling penting.  Merayapi situs web membantu mereka memahami konten apa yang tersedia di situs web.  Namun ada juga sinyal di luar situs web yang menentukan kepentingannya. SEO Off-page adalah tentang mengoptimalkan sinyal eksternal ini untuk meningkatkan peringkat situs web Anda. Jumlah, kekuatan, dan konteks backlink adalah bagian penting dari SEO Off-page, tetapi referensi apa pun ke situs web atau brand Anda berpotensi menjadi bagian dari algoritme mesin pencari saat ini atau di masa mendatang.  Ini termasuk penyebutan brand yang tidak tertaut, aktivitas media sosial, pemasaran influencer, dan bahkan perilaku pengguna juga. Menyeimbangkan SEO on-page vs. SEO off-page tidak sesederhana itu.  Audit SEO harus memberi Anda gambaran bagus tentang apa yang harus dilakukan pertama kali.  Dalam banyak kasus, ini akan memperbaiki masalah SEO teknis dan membuat konten untuk semua kata kunci yang Anda targetkan sebelum menangani pengoptimalan SEO Off-Page.

 

 6 elemen SEO Off-page

Jasa SEO untuk website sangat sulit dikelola karena link bukanlah entitas yang ditentukan secara tepat.  Mari kita lihat beberapa karakteristik SEO off-page.

 1. Pentingnya Text Link

Backlink yang paling efektif biasanya hanya diberi kode tag ahref termasuk kata kunci yang Anda targetkan dalam teks link.  Namun link sering kali muncul pada gambar (seperti logo Anda) atau membawa teks link (seperti nama brand Anda) atau teks netral (seperti “klik di sini”).

 2. Link sponsor, nofollow, dan UGC

Backlink yang dianggap sedikit efektif adalah yang termasuk instruksi nofollow, sponsor, atau UGC dan yang disembunyikan di JavaScript atau dalam formulir.  Nofollow adalah instruksi kepada mesin pencari untuk tidak mengindeks halaman yang ditautkan.  Instruksi sponsor adalah untuk menunjukkan bahwa link telah dibayar, dan UGC digunakan untuk menunjukkan bahwa link itu adalah konten yang dibuat oleh pengguna, dan oleh karena itu bukan sinyal dari situs web tempat link itu muncul.

 3. Pentingnya Link

Link yang muncul di dalam teks halaman dianggap memiliki nilai lebih tinggi daripada backlink yang ada di footer.  Footer sering kali berisi link navigasi berulang yang tidak terikat dengan topik inti halaman tempat mereka duduk.  Pentingnya sebuah link juga didasarkan pada estimasi PageRank (PR) dari halaman tempat link tersebut muncul.  Jika Anda melihat sebutan seperti PR5 atau PR6, ini merujuk ke situs dengan PageRank lima dan enam.

 4. Text tanpa link

Banyak situs, baik itu media berita atau blog, tidak akan tertaut ke situs Anda.  Penyebutan brand diyakini memiliki arti penting bagi situs Anda.  Ini bisa menjadi efek positif jangka panjang, tetapi tidak secara langsung meningkatkan peringkat Anda.

 5. Aktivitas media sosial

Ada suatu masa ketika Twitter sepenuhnya diindeks oleh Google, tetapi saat ini tidak diyakini bahwa platform media sosial secara langsung memengaruhi peringkat pencarian.  Tetapi kehadiran media sosial yang kuat dapat memperkuat brand Anda dan mungkin memengaruhi pembuatan link, pengalaman pengguna yang positif, dan traffic ke situs Anda.

 

Tips SEO Off-Page Untuk Website

Teknik SEO off-page tertentu akan meningkatkan peringkat Anda bergantung pada sejumlah faktor.  Seperti tipe SEO off-page di bawah ini :

 1. Temukan dan perbaiki link yang rusak

Alat SEO seperti backlink indeks Majestic dan Ahrefs dengan crawler mereka sendiri.  Mereka dapat mengidentifikasi link rusak di situs web eksternal yang seharusnya ditautkan ke situs Anda tetapi diberi kode dengan tidak benar.  Jika Anda telah mengubah nama domain Anda, jangan lupa untuk memeriksa link yang mengarah ke domain lama Anda juga. Menemukan dan memperbaiki backlink yang rusak bisa menjadi keuntungan cepat.  Namun dalam banyak kasus, akan lebih mudah untuk memperbaiki halaman yang hilang di situs Anda sendiri daripada menghubungi situs lain untuk memperbaiki link.

 2. Hubungkan Website Anda

Apakah Anda melakukannya untuk pengguna akhir atau untuk crawler pencarian, pastikan semua properti web pihak ketiga Anda terhubung kembali ke situs web Anda, halaman Facebook, halaman LinkedIn, profil Twitter, Channel YouTube.

 3. Kirimkan situs Anda ke direktori

Ada banyak sekali direktori di Internet.  Banyak dari mereka akan dibuat untuk tujuan menghubungkan, jadi waspadalah terhadap penawaran link yang tidak berguna.  Anda tidak lagi harus mengirimkan situs Anda ke mesin pencari untuk crawl dan diindeks, tetapi Anda dapat mengirimkan ke direktori untuk efek peringkat.

 4. Bagikan konten Anda secara sistematis

Anda secara tidak langsung dapat meningkatkan SEO off-page Anda dan pada saat yang sama menghasilkan lebih banyak traffic situs web dengan berbagi konten baru secara sistematis.  Anda dapat mengatur berbagi otomatis melalui alat manajemen media sosial, mengaktifkan pemberitahuan browser otomatis untuk publikasi baru dari CMS Anda, dan memastikan konten baru disebutkan dalam setiap buletin yang Anda terbitkan.  Semua tindakan ini dapat berdampak tidak langsung pada SEO Anda karena interaksi oleh pengguna akhir.

 5. Gunakan blog roll dan kemitraan

Menyediakan konten Anda ke situs web lain dapat menghasilkan backlink dan otoritas.  Anda mungkin akan dikenal dengan link dan disebutkan jika Anda menulis artikel untuk blog, dan mungkin juga masuk akal untuk menempatkan link di artikel untuk merujuk konten yang ada di situs web Anda sendiri.

 6. Lakukan PR digital

Strategi SEO off-site terbaik didasarkan pada PR digital.  Dalam proyek PR digital, Anda akan membuat konten yang menarik, berharga, dan dapat ditautkan untuk situs Anda.  Selanjutnya, Anda akan menjangkau media dan blogger untuk menyampaikan story.  Ketika PR digital berhasil, itu dapat membuat volume tinggi backlink dari situs otoritatif serta liputan pers yang menghasilkan visibilitas dan pengenalan brand dengan sendirinya.

 4 Praktik terbaik saat mengoptimalkan SEO off-page

SEO dapat membuat perbedaan besar pada situs web dengan jumlah traffic gratis yang tampaknya tak ada habisnya.  Sangat mudah untuk terbawa oleh perspektif keuntungan penting, tetapi sebagian besar kesuksesan SEO sebenarnya adalah hasil dari produk dan layanan serta konten yang hebat, bukan sekadar pengoptimalan.  Mari kita lihat beberapa praktik terbaik untuk SEO off-page Anda.

 1. Isi dengan konten yang dapat ditautkan

Jika tidak ada konten untuk ditautkan ke situs web Anda, SEO off-page tidak akan banyak membantu Anda.  Pastikan Anda memiliki mekanisme untuk memeriksa apakah situs Anda benar-benar sesuai, bahwa Anda telah melakukan SEO pada halaman dengan tepat, dan periksa konten Anda untuk memastikannya dapat ditautkan dan menarik.

 2. Benchmark pesaing Anda

Untuk memahami apa yang mungkin, dan apa yang diperlukan untuk menentukan peringkat untuk target yang Anda tetapkan dalam penelitian kata kunci Anda, tidak ada yang lebih baik daripada membandingkan pesaing.  Dengan menganalisis hasil teratas untuk kata kunci di mesin pencari dengan alat SEO yang baik, Anda akan dapat melihat rentang volume link dan otoritas domain apa yang diperlukan untuk menentukan peringkat kata kunci tersebut.

 3. Buat pengalaman pengguna yang luar biasa

Mesin pencari berkembang, dan sinyal yang mereka pantau juga berkembang seiring waktu.  Namun jika Anda berfokus pada pengalaman pengguna akhir, Anda bertujuan untuk melakukan hal yang sama seperti mesin pencari: Ciptakan pengalaman terbaik bagi pengguna saat mereka menelusuri produk dan layanan.  Oleh karena itu, selalu ingat pengalaman pengguna saat Anda mengerjakan SEO off-page.

 4. Bangun untuk jangka panjang

Backlink terbaik adalah yang paling sulit didapat karena tidak ada orang lain yang berusaha.  Bangun strategi di luar halaman untuk jangka panjang dan bidik penyebutan dan link teratas, lalu kerjakan secara sistematis ke arah itu. Membangun untuk jangka panjang mungkin membutuhkan waktu lebih lama, tetapi hasil akhirnya akan lebih besar – dan risikonya lebih rendah. Hanya banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan situs Anda dari sudut pandang teknis, dan SEO On-Page Anda seharusnya hanya perlu dilakukan sekali.  Tetapi untuk konten dan SEO Off-Page, tidak ada batasnya.  Setelah Anda membersihkan link rusak dan mengirimkan ke direktori, Anda dapat memasuki siklus pembuatan konten dan penjangkauan untuk memperluas jangkauan situs Anda melalui SEO off-halaman.