Tips SEO On-Page

20190116204631 GettyImages 964194796

SEO adalah bagian tak terpisahkan dari setiap strategi digital marketing.  SEO mengacu pada sekumpulan teknik yang berfokus pada peningkatan traffic organik dari search engine ke situs web. Dengan kata lain, SEO memungkinkan situs web Anda meraih posisi menonjol di halaman hasil mesin pencari (SERPs). Secara umum, SEO dapat dibagi menjadi dua komponen penting – SEO On-Page dan SEO Off-Page.  SEO Off-page berfokus pada peningkatan profil link masuk situs web Anda dengan backlink autentik, relevan, dan otoritas tinggi yang menarik. Di sisi lain, SEO On-Page menekankan pentingnya konten dan kode sumber HTML dari setiap halaman web. Profil tautan masuk yang kuat memiliki dampak yang luar biasa pada peringkat search engine situs web Anda.  Namun, SEO On-Page lah yang membentuk tulang punggung strategi SEO Anda.

 

 Memahami Pentingnya SEO On-Page

Untuk menyadari pentingnya SEO On-Page, mari kita gali lebih dalam dan cari tahu cara kerja search engine.  Mesin pencari menggunakan program yang disebut web crawler atau spider untuk menemukan halaman web baru di internet. Mereka menggunakan database yang dikenal sebagai indeks untuk menyimpan halaman web ini.  Setiap kali pengguna memasukkan kueri penelusuran, crawler web menelusuri indeks untuk menentukan laman web mana yang relevan. Keuntungan utama SEO On-Page adalah memungkinkan Anda menyampaikan informasi penting tentang situs web Anda ke mesin pencari.  Jika halaman web dioptimalkan untuk kata kunci yang relevan, akan lebih mudah bagi crawler web untuk menentukan tentang apa halaman itu. Ini, pada gilirannya, mempermudah search engine untuk memahami apakah halaman web tertentu relevan dengan kueri penelusuran pengguna. Jelas terlihat bahwa SEO On-Page sangat penting untuk memastikan visibilitas situs Anda di hasil penelusuran.  Jika tidak ada, bahkan backlink yang paling kuat pun tidak akan dapat memberi Anda posisi teratas di SERP. Oleh karena itu, SEO On-Page yang solid sangat penting untuk meningkatkan peringkat mesin pencari situs web Anda.

 

 Tips SEO On-Page Komprehensif

SEO On-Page bergantung pada sejumlah faktor termasuk kata kunci target dan kualitas konten Anda.  Itu sama-sama tergantung pada arsitektur situs dan keseluruhan pengalaman pengguna yang disampaikan oleh situs web Anda.

 Lakukan Riset Kata Kunci Secara Menyeluruh

Langkah pertama adalah mengidentifikasi dan memilih kata kunci yang ingin Anda rangking.  Ini adalah istilah dan frasa yang mungkin digunakan audiens target Anda dalam permintaan pencarian mereka. Riset dan pemilihan kata kunci memerlukan pemahaman menyeluruh tentang target audiens Anda dan posisi mereka dalam perjalanan pembeli.  Untuk melakukan penelitian kata kunci, Anda dapat menggunakan alat seperti Perencana Kata Kunci Google atau alat kata kunci pihak ketiga yang independen. Setelah Anda mengidentifikasi kata kunci, Anda harus menganalisisnya untuk memahami apakah layak menargetkannya.

 Gunakan Tag Judul yang Sesuai

Halaman web Anda harus memiliki judul yang tepat yang dengan jelas mengkomunikasikan tentang apa itu semua.  Bot mesin pencari menggunakan tag judul untuk menentukan relevansi halaman web sehubungan dengan permintaan pencarian. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menggunakan kata kunci Anda dalam tag judul halaman web Anda. Anda juga harus memastikan bahwa kata kunci dimasukkan ke dalam judul secara alami. Mesin pencari biasanya mengizinkan sejumlah karakter (kebanyakan antara 50 dan 60) dalam tag judul.

 Buat Meta Deskripsi

Deskripsi meta adalah komponen yang sangat penting dari SEO On-Page Anda.  Ini adalah potongan teks yang ditampilkan di bawah judul halaman pada halaman hasil pencarian. Ini digunakan oleh mesin pencari untuk memahami tentang apa halaman web itu.  Oleh karena itu, halaman web Anda harus memiliki deskripsi meta yang tajam yang menggabungkan kata kunci yang relevan secara organik. Selain itu, deskripsi meta yang diartikulasikan dengan baik juga berdampak positif pada CTR Anda.  Ini, pada gilirannya, meningkatkan traffic situs web organik dan meningkatkan peringkat mesin pencari Anda lebih jauh. Penting untuk membatasi jumlah karakter dalam deskripsi meta agar tidak terpotong dalam hasil pencarian.  Misalnya, Google hanya mengizinkan 150-170 karakter untuk deskripsi meta. Ini memastikan bahwa peringkat situs web mereka tinggi untuk kata kunci yang paling relevan.

 Gunakan URL Deskriptif

Mesin pencari lebih memilih URL dengan 3 – 5 kata.  Oleh karena itu, penting untuk menjaga URL Anda tetap pendek dan sederhana. Selain itu, harus menjelaskan secara akurat tentang apa halaman web tersebut.  Anda juga harus memastikan bahwa kata kunci fokus ada di URL halaman web.

 Gunakan Tag H2 dan H3

Tag H2 dan H3 mengacu pada sub topik di konten Anda.  Anda harus menggunakan sub topik yang sesuai untuk membagi konten Anda menjadi blok logis. Mereka berguna dalam menyusun konten Anda untuk membantu kemudahan pemindaian dan keterbacaan bagi pembaca manusia dan mesin pencari. Ini, pada gilirannya, memastikan bahwa pembaca menghabiskan lebih banyak waktu di situs web Anda, sehingga meningkatkan waktu tunggu dan mengurangi rasio pentalan. Anda disarankan, meskipun tidak wajib, menggunakan variasi kata kunci fokus Anda di sub topik. Pastikan penggunaan kata kunci di sub topik Anda tidak dipaksakan dan mubazir.  Tidak seperti tag H1, Anda dapat menggunakan beberapa tag H2 dan H3 di seluruh konten Anda.  Ini memberi Anda banyak ruang untuk membuat kata kunci teks Anda kaya.

  Konten Berkualitas Tinggi

Baik itu posting blog terperinci atau deskripsi produk yang ringkas – pastikan konten Anda memiliki kualitas yang tak tertandingi.  Telah diamati bahwa isi bentuk panjang (2000 kata atau lebih) umumnya mengungguli isi bentuk pendek (1200 kata atau kurang). Namun, Anda harus memprioritaskan relevansi, konsistensi, dan kualitas daripada panjangnya.  Selain itu, Anda harus mengintegrasikan variasi dan sinonim kata kunci target Anda di konten secara organik. Anda juga harus memastikan bahwa konten Anda berwawasan, berharga, dan sepenuhnya asli.  Fokus pada menjawab pertanyaan yang kemungkinan besar ditanyakan oleh calon pelanggan Anda. Selain membuat konten baru, Anda harus memperbarui postingan yang sudah ada untuk memastikan postingan tersebut tidak ketinggalan zaman.  Anda juga dapat membuat konten yang selalu menarik dan abadi seperti panduan pemula, tutorial, dan listicles.

 Manfaatkan Internal link

Gunakan konten Anda untuk menautkan ke posting dan halaman blog lain di situs web Anda.  Ini membuat pengunjung terpikat ke situs web Anda untuk durasi yang lebih lama, sehingga meningkatkan rasio pentalan dan waktu di situs. Selain itu, ini juga memastikan bahwa crawler web menghabiskan lebih banyak waktu di situs web Anda, menavigasi dari satu halaman ke halaman lain.  Ini berguna untuk mengindeks halaman web Anda.

 Tingkatkan Pengalaman Pengguna

Salah satu aspek terpenting dari SEO On-Page Anda adalah membuat situs web Anda ramah pengguna.  Selain itu, semua halaman web harus dimuat dengan sangat cepat.  Anda juga harus memastikan bahwa situs web Anda responsif terhadap perangkat yang berbeda. Untuk memeriksa kecepatan memuat halaman Anda, Anda dapat menggunakan Google PageSpeed ​​Insights.  Ini menunjukkan kepada Anda seberapa cepat halaman web Anda dimuat di ponsel dan desktop dan bahkan menyarankan solusi untuk membuatnya lebih cepat. SEO On-Page yang kuat adalah kebutuhan bagi pemilik situs web.  Ini meletakkan dasar strategi SEO Anda dan membantu situs web Anda menaiki tangga SERPs.  Kata kunci yang relevan dan konten berkualitas tinggi adalah aspek terpenting dari SEO On-Page. Untuk anda yang membutuhkan Jasa SEO anda bisa mengunjungi website hendrayulianto.com