Tips SEO Youtube Untuk Pemula

SEO Youtube Youtube adalah platform berbagi video dan sekaligus merupakan mesin pencari terbesar di dunia setelah Google. Untuk dapat bersaing di Youtube, kita harus mengetahui trik dan tips SEO Youtube untuk pemula.

Mengoptimalkan video untuk penelusuran YouTube dapat membantu meningkatkan peringkat video di hasil penelusuran Youtube dan Google. Hal ini merupakan kunci untuk mendapatkan view dan subscriber youtube yang sangat penting.

Tips SEO Youtube Untuk Pemula

seo youtube

Optimasi video bisa dilakukan dengan beberapa tips SEO Youtube untuk pemula sebagai berikut :

Riset Kata Kunci

Ada banyak cara untuk menemukan kata kunci untuk video, tetapi tidak semuanya sama.  Mengumpulkan data yang tepat untuk mendukung riset kata kunci dapat menggunakan beberapa tool seperti TubeBuddy, VidIQ, Ahrefs ‘Keyword Explorer, dan Google Trends.

Riset kata kunci pada dasarnya adalah tentang mengidentifikasi istilah mana yang digunakan untuk membantu orang menemukan video di YouTube.  Ada banyak ide tentang cara menemukan kata kunci tersebut.  Dengan menggunakan kombinasi beberapa tool diatas, kita akan dapat mengukur minat dan melihat korelasi antara data yang ditawarkan tool tersebut.

Misalnya, Google Trends menunjukkan minat dari waktu ke waktu, sedangkan tool keyword Ahrefs menunjukkan volume penelusuran dan istilah terkait lainnya yang dapat kita gunakan untuk membuat video yang lebih berharga dan sesuai minat penonton.

Jadi, gunakan beberapa tool tersebut untuk menghasilkan kata kunci yang luar biasa untuk channel Youtube, video akan lebih mudah ditemukan dan juga dapat meningkatkan view.  Ini merupakan salah satu tips SEO Youtube untuk pemula yang sangat penting jasa seo jakarta.

 Ubah Nama File Video

Nama file video sama pentingnya seperti judul dan deskripsi karena Youtube merupakan platform berbasis metadata.  Youtube mencari video berdasarkan teks yang cocok dengan istilah pencarian untuk menampilkan konten yang paling bermanfaat bagi pengguna.  Kita harus menggunakan kata kunci yang banyak dicari orang agar video kita dapat dengan mudah ditemukan.

Itulah mengapa nama file video juga harus diberi label dengan kata kunci.  Membuat perubahan ini cepat dan mudah, tetapi dapat memposisikan video untuk potensi peringkat yang lebih baik. Ini merupakan salah satu tips SEO Youtube untuk pemula yang sangat penting.

 Optimalkan Judul Video YouTube

Judul video adalah hal yang sangat penting untuk Optimasi SEO pencarian di YouTube.  Yang perlu kita lakukan adalah menambahkan kata kunci ke judul video.  Tapi jangan membuat judul hanya untuk algoritme YouTube saia, buatlah agar terlihat menarik .  Meskipun YouTube pada akhirnya akan memutuskan video mana yang memiliki peringkat tertinggi, ada banyak faktor lain yang memengaruhi algoritme peringkat YouTube.  Salah satunya adalah rasio klik-tayang dan waktu tonton lainnya.  Ini memberi tahu YouTube bahwa video mendapat banyak klik dan orang-orang juga menyukainya.

Judul dan kualitas video akan menentukan apakah orang akan membuka dan menonton video tersebut sampai selesai. Pastikan judul video mudah dipahami dan menarik untuk diklik. Ini merupakan salah satu tips SEO Youtube untuk pemula yang sangat penting.

 Optimalkan Deskripsi Video

Deskripsi video akan menjelaskan tentang isi video.  Agar deskripsi dapat membantu menentukan peringkat video, gunakan kata kunci di bagian deskripsi.  Meskipun penelitian menunjukkan tidak ada  korelasi apa pun antara peringkat dan deskripsi yang dioptimalkan untuk istilah kata kunci tertentu, tetapi deskripsi dapat membantu video muncul di sidebar video yang disarankan.

Untuk mengoptimalkan deskripsi video, masukkan kata kunci ke dalam 2 kalimat pertama, hal ini akan mempermudah YouTube untuk menampilkannya dengan cepat.  Ini juga meyakinkan setiap penonton yang membaca deskripsi bahwa mereka memilih video yang tepat. Ini merupakan salah satu tips SEO Youtube untuk pemula yang sangat penting.

 Tambahkan Tag

Tag video Youtube juga merupakan salah satu hal yang penting dalam optimasi video. Hal ini dapat memepermudah mesin pencari untuk mengidentifikasi secara cepat mengenai isi video.

Sangat direkomendasikan untuk menggunakan tag video, tetapi batasi jumlahnya.  Terlalu banyak tag dapat membingungkan YouTube dan mempersulit mesin pencari untuk menentukan semua isi tentang video.

Gunakan target kata kunci sebagai salah satu tag video, Misalnya, jika kita membuat video tentang kamera digital baru dan kata kuncinya adalah “kamera canon “, gunakan itu sebagai target kata kunci.

Selanjutnya gunakan kata kunci alternatif sebagai tag, yaitu 2 hingga 3 kata kunci yang masih terkait dengan kata kunci utama.  Kata kunci alternatif bisa seperti “kamera digital canon” dan “kamera canon terbaik”.

Bisa juga menggunakan tag yang berhubungan dengan istilah yang lebih luas yang masih berhubungan dengan kata kunci, hal ini memberikan YouTube lebih banyak konteks untuk video Anda. Contoh istilah yang luas dan terkait dengan kata kunci utama adalah “fotografi”. Ini merupakan salah satu tips SEO Youtube untuk pemula yang sangat penting.

 Buat Gambar Thumbnail yang Menarik

Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi peringkat pencarian YouTube.  Salah satu yang sangat penting adalah rasio klik-tayang.  Rasio klik-tayang kemungkinan merupakan indikator yang lebih jelas bahwa cara kita mengoptimalkan video berfungsi dengan baik.  Rasio klik-tayang dipengaruhi oleh seberapa menarik judul dan gambar thumbnail.

Berikut adalah beberapa tips optimasi gambar thumbnail agar terlihat menarik dan dapat meningkatkan rasio klik tayang:

Gunakan Wajah

Hampir setiap gambar thumbnail YouTube yang kita lihat selalu menampilkan wajah seseorang.  Itu karena orang lebih tertarik pada gambar thumbnail dengan wajah daripada benda mati.  Saat menggunakannya, semakin banyak emosi, semakin baik.  Orang akan bereaksi terhadap emosi.

Gunakan Warna Mencolok

Warna adalah faktor utama saat memilih untuk mencari video apa yang harus ditonton.  Saat memutuskan warna untuk thumbnail, pilih kombinasi yang berbeda dari merah, putih, dan abu-abu yang merupakan warna background YouTube.  Warna yang berbenturan atau lebih menonjol akan menarik lebih banyak perhatian.

Beberapa penelitian menunjukkan latar belakang hijau dan oranye terang mudah menarik perhatian dan lebih cenderung mendapatkan lebih banyak klik daripada video di posisi nomor satu tetapi dengan warna lain.

Gunakan Teks Yang Menarik

Menambahkan keterangan ke thumbnail video itu penting.  Orang-orang beralih ke YouTube untuk mendapatkan nilai.  Dan ketika mempertimbangkan nilai, sebagai pembuat konten video, nilai diterjemahkan melalui kemampuan kita untuk menceritakan kisah yang menarik.  Cerita akan dimulai di halaman hasil pencarian.  Buat teks yang melengkapi judul dan konten video pada thumbnail video.  Jangan membocorkan tentang isi video, sebaliknya, tunjukkan apa yang akan diperoleh penonton dengan menonton video tersebut.

Kita harus menemukan keseimbangan sempurna antara teks dan judul.  Perhatikan bagaimana judul menjelaskan tentang isi video, sedangkan teks pada thumbnail akan menarik perhatian penonton dengan kata-kata yang membuat penasaran. Ini merupakan salah satu tips SEO Youtube untuk pemula yang sangat penting.

 Tambahkan Subtitel

Teks subtitel dapat ditemukan oleh YouTube.  Dan karena itu, menampilkannya dapat membantu memberi peringkat video lebih tinggi dalam penelusuran. Memasukkan subtitel juga sangat mudah.  Meskipun YouTube secara otomatis membuat subtitel untuk video,  tetapi isinya tidak akurat.

Kita dapat mengunggah subtitel kita sendiri atau dapat mengambil apa yang disediakan Youtube kemudian mengeditnya dan mengunggahnya kembali ke YouTube.  Cara kedua lebih menghemat waktu, terutama jika kita belum membuat skrip video dan tidak ingin melakukan sinkronisasi video dengan subtitel secara manual. Ini merupakan salah satu tips SEO Youtube untuk pemula yang sangat penting.