Trik Memanfaatkan Audio Rekaman Menggunakan Handphone

Trik Memanfaatkan Audio Rekaman Menggunakan Handphone

Sebuah handphone mempunyai kekuatan tidak hanya sebagai alat komunikasi. Dia juga diberi dengan kekuatan multimedia yang bermacam, dimulai dari bermain games, ambil gambar, record video, sampai merekam audio. Tidaklah aneh, kedatangan handphone dikit demi sedikit ikut geser piranti multimedia tersebut, salah satunya misalnya ialah alat rekam audio.

Saat sebelum munculnya handphone, untuk merekam audio umumnya kamu memerlukan sebuah piranti recorder. Keperluan akan piranti recorder juga makin sedikit, karena kamu dapat kerjakan itu lewat handphone. Kamu dapat manfaatkan feature alat rekam audio untuk lakukan interviu, podcast, sampai keperluan mengolah video.

Lepas dari itu semua, kualitas audio yang baik sudah pasti benar-benar dibutuhkan. Kamu tidak dapat langsung sembarangan dalam merekam audi, kan? Sebagai contoh saat melakukan interviu, bila audio yang dibuat buru, karena itu kamu bisa salah pemahaman akan kalimat yang dilemparkan oleh pembicara.

Begitupun saat kamu sedang ambil audio untuk keperluan video. Jibrot.Com. Kamu mungkin akan memperoleh kualitas hasil audio yang jelek. Nach, berikut kami akan membagi beberapa panduan merekam audi yang benar dan baik.

1. Memaksimalkan Audio

Sebuah handphone jarang-jarang sekali yang diberi dengan mikrofon bawaan yang mengagumkan. Nach, karena itu saat sebelum kamu mengawali cara selanjutnya, yaitu mengambil program, sebaiknya kamu mengoptimalkan dahulu langkah merekam audi yang benar dan baik.

Pertama kali kamu harus ketahui di mana posisi mikrofon kamu ada. Umumnya beberapa produsen handphone tempatkan mikrofon pada bagian bawah handphone. Seterusnya, yakinkan tidak ada casing, jemari maupun perintilan yang lain merintangi proses audio masuk. Sesudah kamu pastikan tidak ada penghambat, tujukan mikrofon itu pada arah suara.

Sebagai tambahan, lihat lingkungan tempat kamu merekam. Kamu kemungkinan perlu siaga pada suara angin yang terhembus atau pembicaraan beberapa orang yang ada di seputar. Karena itu, makin dekat kamu dengan sumber suara, karena itu kualitas audio yang dibuat akan makin bagus.

Paling akhir, saat sebelum kamu mulai merekam audio, pastikanlah kamu sunyikan (mute) handphone kamu atau aktifkan airplane model. Kamu kemungkinan tidak ingin bila saat merekam audio, mendadak ada bunyi pesan masuk atau panggilan telephone yang masuk.

2. Manfaatkan Aplikasi

Karena kebatasan mikrofon barusan, karena itu kamu perlu mengambil program untuk mengoptimalkan audio yang direkam. Memang saat kamu record video dengan program camera bawaah, kualitas audio yang diterima lumayan bagus. Tetapi, beberapa audio memerlukan pilihan dan seting untuk dapat optimal.

Di iOS, program bawaan Voice Nota dapat menolong tangkap audio yang bagus. Kamu juga dapat mengoptimalkan di program barusan dengan lewat tahapan-tahapan, yaitu Settings > Voice Memos > Audio Quality lalu ganti jadi Lossless.

Nach, bila kamu berasa kurang optimal, kamu dapat mengambil beberapa program unggulan, misalnya Voice Record Pro (iOS) yang dapat kamu ambil dengan gratis atau keluarkan kantong USD 7 untuk program bebas iklan. Dengan program ini kamu dapat kurangi distorsi atau tingkatkan sample rate, bit rate, dan yang lain.

Kecuali program barusan ada pula program Voice Recorder dan Audio Editor (iOS) yang dapat kamu peroleh secara gratis atau bayar USD 5 untuk program yang bebas iklan. Memang manfaatnya tidak sehebat Voice Record Pro, tetapi cukup baik untuk digunakan dan dapat lakukan management untuk rekaman bermacam.

Nach, untuk Android, kamu dapat memercayakan program Titanium Recorder dan Recforge II. Ke-2 nya dapat kamu peroleh dengan gratis. Tips cara menghilangkan vokal pada lagu.

3. Gunakan Mikrofon Tambahan

Juga telah ada mikrofon yang tertancap di handphone kamu, tidak ada kelirunya jika kamu menambah mikrofon tambahan untuk tangkap audio yang lebih baik. Maka bila kamu serius mengolah alat rekaman audio dan video, kamu mulai bisa melakukan investasi dengan beli mikrofon.

Pertama, sudah pasti kamu harus pilih kurang lebih mikrofon yang mana cocok dengan handphone-mu. Itu maknanya kamu harus mempunyai adapter yang menyambungkan di antara mikrofon dengan port Lightning bila kamu pemakai iPhone. Untuk Android, kamu perlu adapter menyambungkan dengan port USB Tipe-C.

Nach, penyeleksian mikrofon juga disamakan dengan keperluan. Bila ingin merekam perbincangan orang, kamu kemungkinan perlu mikrofon yang disebutkan shotgun mic. Tetapi, bila kamu ingin merekam tempat yang lebih luas, kemungkinan merencanakan membuat film, karena itu mikrofon type langsung ini tidak demikian bagus.

Untuk pidato, kamu dapat mendalkan mikrofon Sennheiser HandMic Digital yang dibandrol pada harga USD 260. Mikrofon ini bahkan juga dapat disambungkan langsung ke iPhone. Atau kamu dapat memercayakan LavMirco-UC untuk Android sebab bisa langsung tersambung dengan umumnya USB Tipe-C.

Untuk tangkap suara dengan capaian luas, kamu dapat beli Shure MV88 dengan harga USD 188. Atau bila kamu cuman punyai anggaran berbatas, dapat coba iRig Mic Cast yang dibandrol pada harga USD 40.

Author Image
DJ FAQR