Ukuran Kertas A4 dalam mm, cm dan inci

Ukuran Kertas A4

Ukuran Kertas A4 menjadi salah satu yang paling populer dan banyak digunakan di dunia. Kertas A4 sering kita temui dalam kegiatan sehari-hari, terlebih jika kamu adalah pekerja kantoran ataupun pelajar. Ukuran A4 biasa digunakan pada hasil print out, baik untuk keperluan personal maupun profesional. Beberapa dokumen seperti poster kecil, majalah, surat, katalog, flyers dan forms juga biasa menggunakan ukuran kertas A4. Tentu saja penggunaannya tidak sebatas itu saja.

Kertas A4 merupakan salah satu anggota kertas seri A, yang ukurannya sudah ditentukan secara internasional. Dimensi kertas seri A menurut standar ISO 216 menggunakan satuan ukuran mm (milimiter), yang kemudian biasa dikonversikan menjadi cm (centimeter) ataupun inci. Proses konversi ini biasanya dilakukan untuk memudahkan pengguna, karena tidak semua negara terbiasa menggunakan santuan mm (milimeter.

Ukuran Kertas A4

Seperti ukuran kertas B5 dari kertas seri B, ukuran kertas A4 didapat dari membagi ukuran kertas A3 menjadi dua dan didapatlah ukuran kertas A4. Secara garis besar, ukuran kertas A0 adalah yang terbesar, dan membaginya menjadi dua menghasilkan ukuran kertas seri A yang lebih kecil. Semakin besar angka pada kode kertas seri A (seperti A1, A2, A3 dan seterusnya) maka semakin kecil pula dimensi ukurannya.

Ukuran Kertas A4 dalam mm, cm dan inci
Gambar: www.prepressure.com

Ukuran Kertas A4 dalam mm (milimiter)

Ukuran kertas A4 dalam milimiter adalah 210 x 297 mm.

Ukuran Kertas A4 dalam cm (centimeter)

Ukuran kertas A4 dalam centimeter adalah 21,0 x 29,7 cm.

Ukuran Kertas A4 dalam inci

Ukuran kertas A4 dalam inci adalah 8,27 x 11,69 inci.

Tabel Ukuran Kertas A4

Agar lebih mudah melihat masing-masing ukuran kertas A4 dalam mm (milimeter), cm (centimeter) dan inci, kamu bisa menggunakan tabel perbandingannya berikut ini.

Tipe Kertasmmcminci
Ukuran Kertas A4210 x 297 mm21,0 x 29,7 cm8,27 x 11,69 inci
Penutup

Karena dimensi kertas A4 sudah ditentukan oleh standar internasional, ia pun bisa digunakan untuk berbagai keperluan dengan skala internasional. Selain itu masih banyak anggota kertas seri A lain seperti A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, A10 yang masing-masing memiliki ukuran berbeda. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat.