Validasi Model Bisnis Berbasis Data – Majalah Online nokturnal – Nokturnal

Saat VC tradisional mati, VC baru “diperkuat” (istilah yang diciptakan oleh A. Retterath [2]) Meningkatnya permintaan untuk startup. Ini tentang memvalidasi model bisnis dan peran tim startup. Secara tradisional, modal ventura memperlakukan pendiri startup seperti anak-anak di taman kanak-kanak, menahan mereka pada batasan hukum daripada memanfaatkan kualitas mereka. Sikap terasing ini dikritik hari ini sebagai tidak efektif. [3] Selama dekade terakhir, telah diumumkan bahwa produk yang tidak lengkap telah menembus pasar. Kelayakan untuk masuk lebih awal ke pasar dengan MVP yang dibuat dengan tergesa-gesa tunduk pada kritik yang masuk akal. [4] Semakin tinggi akurasi MVP, semakin baik, dan pengalaman memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi. Inilah mengapa platform PROFIT.enterprises menawarkan pendekatan eksperimental dalam kerangka kerja berpemilik untuk memvalidasi model bisnis startup.

Pengalaman MVP vs. Perencanaan Bisnis

Proses validasi model bisnis yang muncul untuk kedua belah pihak, investor dan pendiri memastikan arah startup sudah benar, terlepas dari ketidakpastian yang tak terelakkan dan kurangnya pengetahuan tentang alternatif dan konsekuensinya. [5] Model bisnis startup mencakup tiga faktor: keinginan, kelangsungan hidup, dan kelangsungan hidup.

Keinginan terkait dengan pasar dan pelanggan. Kelangsungan hidup mengacu pada pengembalian yang cukup dan biaya yang masuk akal untuk menghasilkan keuntungan. Kelangsungan hidup mengacu pada aktivitas bisnis, sumber daya utama, dan mitra. [4]

Sampai saat ini, rencana bisnis dipandang sebagai solusi untuk ketiga faktor model bisnis. Diasumsikan bahwa pasar telah ditentukan dan model bisnis divalidasi dengan satu atau lain cara. Asumsi ini tidak sesuai dengan kenyataan, dan rencana bisnis “klasik” sebagai alat peramalan tidak memenuhi persyaratan era baru. Oleh karena itu, lahirlah gagasan untuk mengganti perencanaan dengan eksperimen, untuk memastikan bahwa model bisnis dapat bertahan dengan tetap memenuhi persyaratan kelayakan dan keinginan.

Tersirat bahwa bukti konsep (POC) dan kemudian produk layak minimum (MVP) memungkinkan kami untuk memvalidasi atau membatalkan model bisnis. MVP adalah produk yang disederhanakan yang berisi beberapa fitur utama dari produk akhir. Tujuan utama pembuatan MVP adalah untuk menguji produk. Sementara prototipe hanyalah demonstrasi apakah suatu produk layak secara teknis, MVP bertujuan untuk mendapatkan umpan balik pelanggan untuk merasakan model bisnis. Terlepas dari namanya, MVP belum tentu merupakan produk yang layak yang memecahkan masalah pelanggan; Ini bahkan belum tentu merupakan produk (lihat Tabel 1).

Tabel 1: Analisis komparatif MVP

Tabel 1 menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat fungsionalitas (akurasi), semakin besar kemungkinan MVP mencerminkan realitas secara memadai. Sayangnya, bahkan pemain akurasi tinggi terbaik seperti “The Concierge” memiliki penyimpangan yang disebut positif dan negatif palsu. Yang pertama mewakili situasi di mana hipotesis yang dikonfirmasi secara positif sebenarnya tidak valid. Yang terakhir menunjukkan bahwa hipotesis telah ditolak, sebenarnya itu akan valid. Positif palsu terjadi ketika startup mempekerjakan penggemar yang tidak mewakili audiens pelanggan mereka. Hasil negatif palsu dimungkinkan dengan MVP yang berkinerja buruk. [6]

Startup berbasis data untuk investor tambahan

Enhanced VC menggunakan pendekatan hybrid, berfokus secara bersamaan pada data dan faktor manusia. Pemodal ventura baru mewujudkan strategi kepemimpinan atau kepemimpinan bersama, dan membangun hubungan yang lebih dalam dengan pendiri startup untuk memenangkan kesepakatan kompetitif. [2] Pertanyaannya adalah startup mana yang mereka pilih.

Startup teknologi secara kasar dapat dibagi menjadi tiga jenis:

  • Startup mengeksploitasi topik hype (blockchain, AI/ML, IoT, dll.). Mereka tidak memiliki jalur yang jelas untuk komersialisasi teknologi, dan model bisnis mereka dideskripsikan dengan buruk (ingat ICO yang terkenal).
  • Startup yang menawarkan solusi baru untuk beberapa masalah nyata yang banyak diminati (pendidikan, kesehatan, makanan, dll.). Kesederhanaan solusi semacam itu menipu, dan dalam praktiknya beberapa solusi tidak masuk akal secara ekonomi (ingat WeWork?).
  • Startup yang mengembangkan model bisnis yang menangkap nilai, meningkatkan keuntungan, dan membuat solusi teknologi layak. Mereka banyak bereksperimen pada tingkat intuitif karena kurangnya alat dan metode. Jenis ini layak untuk diinvestasikan.

Banyak orang memiliki kesalahpahaman tentang kelangsungan model bisnis baru (SAAS, platform multi-cabang, dll.), Sementara metode dan kerangka kerja baru diperlukan untuk memvalidasi model ini. Validasi eksperimental dalam lingkungan bisnis yang terus berkembang memerlukan data berkualitas tinggi dan prosedur algoritmik yang mengubah data input menjadi output yang bermakna dalam rantai pemrosesan yang terdefinisi dengan baik. Prosesnya dimulai dari tahap POC ke tahap MVP, seringkali dari MVP fidelitas rendah ke tahap fidelitas tinggi (lihat Gambar 1).

Pendekatan berbasis data dan berbasis algoritme memungkinkan startup untuk memvalidasi model bisnis baru sebelum mereka bekerja, mengurangi risiko kegagalan dan memungkinkan peluang sukses dengan:

  • Mengumpulkan data, menyatukan komposisinya, memberikan akses kepada pengguna, dan memproses informasi
  • Menggunakan pemodelan skenario dan algoritme melalui proses pengujian dan pembelajaran mandiri yang berulang
    siklus terus menerus.
  • Libatkan pengguna secara aktif dalam proses verifikasi, membuatnya lebih cepat dan lebih murah.

Menyeimbangkan keterasingan dan memanfaatkan potensi tim

Keterasingan Ketika para pendiri mengambil investasi, hilangnya kemampuan untuk menentukan nasib startup mereka sendiri tidak bisa dihindari. Modal ventura tradisional telah memanfaatkan sepenuhnya isolasi melalui preferensi likuidasi, ketentuan pengawasan, dan posisi dewan. Pemodal ventura dengan leverage tahu bahwa kontrol yang berlebihan menghasilkan kenyamanan palsu dan konsekuensi negatif bagi investor. Mereka percaya keterasingan harus cukup minimal. [3]

Tingkat keterasingan yang dipilih sangat bergantung pada kualitas tim. Anggota tim startup memiliki keterampilan dan kemampuan yang berbeda untuk mengembangkan dan menerapkan model bisnis yang efektif. Dengan cara ini, pemahaman investor tentang kualitas tim mengarah pada persepsi yang benar bahwa model bisnisnya bagus dan dapat diterapkan secara efektif. Masalahnya adalah bagaimana mengenali dan mengukur kualitas-kualitas ini.

Saat memperkirakan tim startup, empat kelompok faktor harus dipertimbangkan:

  1. Gambaran strategis pengembangan startup – visi, misi, dan posisi strategis tim yang membentuk gaya perusahaan.
  2. Orang-orang dan peran mereka dalam startup, termasuk anggota tim, orang-orang kunci untuk dipekerjakan, dan kontraktor yang bersedia melakukan outsourcing untuk beberapa fungsi.
  3. Langkah-langkah ekonomi membuat tim menjadi mekanisme yang terkoordinasi dengan baik dan berorientasi pada keuntungan.
  4. Dinamika tim, termasuk kepemimpinan bersama, konflik konstruktif, dan keamanan psikologis (lihat Gambar 2).

Algoritma PROFIT menggunakan pola representatif yang menyertakan faktor kunci untuk memperkirakan keseluruhan tim dari perspektif investor (lihat Tabel 2).

Pemeriksa: kerangka kerja eksperimental

Platform PROFIT.enterprises menawarkan Verifier, yang menggunakan teknologi berbasis data, algoritme analitik prediktif, dan sedikit kreativitas pendiri. Akibatnya, para pendiri memvalidasi model bisnis mereka untuk membuka jalan realistis menuju profitabilitas, dan investor dapat melihat validasi yang dapat dipercaya.

Alat keuntungan praktis meliputi:

  • Dasbor dan templat bisnis untuk melakukan pra-proses masukan data dan mendorong wawasan.
  • Algoritma untuk mengotomatiskan perhitungan dan menggunakan metode standar untuk menghasilkan data keluaran.
  • Tes untuk memverifikasi hipotesis dan solusi dari pendiri awal.
  • Studi kasus untuk melihat contoh implementasi bisnis nyata untuk pemahaman yang lebih baik.
  • Alat AI/ML untuk mengumpulkan dan memproses data tidak terstruktur dari sumber alternatif.

Validator memiliki struktur modular, termasuk lusinan modul (lihat Gambar 3):

Modul 1 Pemecahan Masalah yang Tepat
Modul 1 Tinjauan organisasi dan peluang bisnis
Unit kedua adalah masalah dan solusinya

Modul 2 Produk – Sesuai Pasar
Modul Tiga: Target pasar dan pelanggan
Modul 4 Persaingan dan Unique Value Proposition
Modul Lima – Teknologi dan Produk
Modul 6 Tim dan Manajemen
Modul 7 Strategi masuk ke pasar dan waktu masuk
Unit 8 produk dan traksi minimum yang berlaku

Modul 3 Menyesuaikan Model Bisnis
Modul 9 Model Bisnis Intangible Dipadatkan
Modul 10 Proyeksi Keuangan
Unit 11 Penilaian non fisik
Modul 12 Perlindungan dan Keluarnya Investor

Seperti pepatah Cina mengatakan, “Ketika angin perubahan bertiup, ada yang membangun tembok dan ada yang membangun kincir angin.” Jadi, investor yang mencoba melindungi diri dari angin perubahan saat ini dengan langkah-langkah mengasingkan diri berisiko kehilangan kesempatan. Pada saat yang sama, investor pendorong memanfaatkan pendiri startup untuk bersama-sama memeriksa model bisnis yang menguntungkan (kincir angin).

Referensi

1. Kekurangan prediksi.

2. Retterath a. Modal Risiko #28 Berbasis Data: Apa yang Dapat Dipelajari Kapitalis Ventura Dari Hedge Funds.

3. Bouvier P. A Marxist Interpretation of Venture Investment;

4. Brecht P., Hendriks D., Stroebele A., Menemukan dan Memvalidasi Model Bisnis: Bagaimana Startup B2B Dapat Menggunakan Pengalaman Bisnis;
Situs asal=gscholar&cbl=2034500

5. DJ Hambar, Osterwalder A. Pengujian Ide Bisnis: Panduan Lapangan untuk Pengujian Cepat.
9781119551447

6. Eisenmann T., Ries E., Dillard S. Kewirausahaan Berbasis Hipotesis: The Lean Startup;

Tentang proyek LABA:

PROFIT.enterprises adalah platform teknologi yang berfokus pada sumber benih dan penyaringan investasi pada tahap awal startup. Platform ini membuat startup cocok untuk pendanaan dan menunjukkan kepada investor peluang bisnis yang menarik dengan menemukan dan menangkap aset tidak berwujud. Sebagai mitra dalam kecerdasan data, PROFIT memberi investor informasi yang dapat dipercaya tentang profitabilitas dan potensi risiko dari startup, membuat aliran transaksi menjadi efisien, cepat, dan nyaman.

Informasi Ekonomi Terkini



Berita Forex Terupdate


stratégie forex gagnante, forex factory, forex, trading forex, seputar forex, forex trading, forex adalah, harga emas hari ini seputar forex, apa itu forex, broker forex terbaik, harga emas forex, forex factory calendar, seputar forex harga emas, harga emas hari ini forex, trading forex adalah, robot forex, apa itu trading forex, kalender forex, robot trading forex, forex calendar, forex trading adalah, harga emas seputar forex, daftar broker forex yang terdaftar di bappebti 2021, forex factory hari ini, broker forex, factory forex, seputar forex harga emas hari ini, harga emas dunia hari ini forex, cara trading forex, hot forex, pt smi forex, forex time converter, berita forex hari ini, berita forex, belajar trading forex, trading forex menurut islam, cyber future forex, rekomendasi vps forex indonesia 2022, harga emas forex hari ini, daftar broker forex penipu, xm forex, just forex, forex halal atau haram, aplikasi trading forex, forex news, forex indonesia, forex factory.com, belajar forex, forex peace army, calendar forex, trading, trading adalah, trading view, robot trading, trading forex, binomo-website/trading, apa itu trading, trading binomo, adopt me trading values, trading economics, binomo trading, forex trading, trading saham, quotex trading, belajar trading, aplikasi trading terbaik, trading crypto, binomo web trading, fahrenheit trading, arti trading, hukum trading dalam islam, kursus trading, aplikasi trading, robot trading fahrenheit, robot trading dna pro, fakar trading, fahrenheit robot trading, trading forex adalah, adopt me trading value, trading halal atau haram, atg trading, binomo investment com trading, view trading, doni salmanan trading, trading artinya, aplikasi trading terpercaya, cara trading, binomo com trading, trading quotex, apa itu trading forex, mt4 trading, robot trading forex, cara trading saham, forex trading adalah, belajar trading pemula, trading bitcoin, belajar trading binomo, fbs trading, robot trading yang terdaftar di ojk, octafx copy trading

Exit mobile version