20+ Wallpaper Bergerak di Android dan Windows Edisi 2020

Gunakan live wallpaper untuk membuat homescreen-mu lebih menarik.
Wallpaper Bergerak
Image credit: @jupp/Unsplash.com

Bosan dengan tampilan Android atau desktop yang itu-itu saja?

Coba deh ganti tampilannya menggunakan wallpaper bergerak. Tidak seperti wallpaper biasa yang hanya diam wallpaper bergerak atau live wallpaper ini bisa membuat visual layar lebih menarik dan tidak membosankan.

Berbeda dengan wallpaper biasa yang bisa didapatkan dengan mudah dan langsung diterapkan, live wallpaper pada umumnya membutuhkan perantara berupa aplikasi khusus baik di Android maupun Windows. Untuk Android biasanya satu aplikasi wallpaper bergerak hanya memiliki satu tema saja, sedangkan di Windows kamu disediakan banyak gambar bergerak yang bisa kamu coba.

Penggunaan wallpaper bergerak diperangkat mobile (smartphone & laptop) dapat mengurangi daya tahan baterai lebih cepat, memberatkan kinerja dan meningkatkan suhunya.

Wallpaper Bergerak untuk Android

Untuk Android, aplikasi live wallpaper sebenarnya tersedia gratis di Play Store dan jumlahnya cukup banyak. Hanya saja kebanyakan dari mereka kuailtasnya tidak bagus dan terlalu banyak iklan. Karena hal tersebut, berikut ini beberapa rekomendasi wallpaper bergerak untuk Android yang patut kamu coba.

1. HexShaders by Sergey Konyukhov

HexShaders
HexShaders
Developer: Sergey Konyukhov
Price: Free

HexShaders memiliki tema live wallpaer yang unik yang mana ia menampilkan animasi dengan piksel berbentuk hexagonal dengan program shader. Wallpaper ini terlihat klasik, menghipnotis, futuristik dan untuk. HexShaders memberikan 20 jenis desain yang bisa kamu pilih. Terdapat pula pengaturan wallpaper seperti timescale, detail level dan lainnya.

2. Earth & Moon Live Wallpaper by CodeKonditor

Jika kamu memiliki minat lebih tentang luar angkasa, besar kemungkinan kamu akan menyukai Earth & Moon live wallpaper ini. Aplikasi ini membawa representasi 3D bumi, bulan dan awan. Ia menggunakan sensor gyroscope yang ada di smartphone untuk menggerakan efek parallax yang dimilikinya.

Kamu bisa mengubah beragam pengaturan berbeda seperti parallax effect, animation, camera angle dan banyak lagi lainnya. Earth & Moon live wallapper ini bisa kamu gunakan gratis tanpa iklan, dan jika membeli versi Pro kamu akan mendapatkan fitur ekstra lainnya.

3. Paperland Live Wallpaper by Joko Interactive

Paperland Live Wallpaper
Paperland Live Wallpaper
Paperland Pro Live Wallpaper
Paperland Pro Live Wallpaper
Developer: Joko Interactive
Price: 1,09 €

Unik adalah kata yang tepat untuk aplikasi ini. Paperland Live Wallpaper membawa tampilan pemandangan yang indah dengan gaya potongan kertas yang unik. Ada beberapa tema berbeda yang bisa kamu pilih seperti grassy, silent night, dessert migration dan lainnya. Kamu bisa melakukan kustomisasi warna dan objek yang tampil diwallpaper.

Aplikasi ini gratis, namun developernya juga memiliki versi pro yang memberikan lebih banyak tema untuk diaplikasikan.

4. AMOLED Live Wallpaper by maxelus.net

AMOLED LiveWallpaper FREE
AMOLED LiveWallpaper FREE
Developer: maxelus.net
Price: Free+

Untuk kamu yang memiliki smartphone dengan panel layar AMOLED, aplikasi ini sangat cocok digunakan. Dominasi warna hitam dan objek bergerak yang simpel bisa membuat tampilan ponselmu semakin menarik.

Aplikasi ini memang bisa digunakan pada hampir semua Android, tapi penggunaannya akan semakin efektif dilayar AMOLED. Sebab piksel yang ada dilayar AMOLED akan benar-benar mati saat menampilkan warna hitam, yang akan mempengaruhi daya tahan baterai.

AMOLED Live Wallpaper tersedia gratis di Play Store dengan opsi in-app purchase dan menampilkan iklan.

5. KLWP Live Wallpaper Maker by Kustom Industries

KLWP Live Wallpaper Maker
KLWP Live Wallpaper Maker

Jika kamu ingin mempunyai wallpaper dengan tampilan spesifik sesuai keinginan, maka KLWP Live Wallpaper Maker-lah yang kamu butuhkan. Aplikasi ini digunakan untuk membuat live wallpaper-mu sendiri dari awal. Kamu bisa memilih gambar dan data yang akan ditampilkan (tanggal & waktu), cuaca, animasi, posisi, layer dan banyak lagi yang lainnya.

KLWP memang lebih rumit dari live wallpaper kebanyakan, tapi kustomisasi yang bisa dilakukannya bisa dibilang tidak terbatas sesuai dengan imaginasi pembuatnya. Opsi lainnya, kamu bisa menggunakan modul wallpaper KLWP yang bertebaran di Google Play.

Memang perlu mempelajari aplikasi ini sebelum bisa menggunakannya dan membuat wallpaper-mu sendiri. KLWP Live Wallpaper Maker tersedia secara gratis dengan opsi in-app purchase.

6. Parallax Background HD by HelectronSoftPersonalisasi

Untuk kamu yang suka efek parallax pada wallpaper, aplikasi ini mungkin bisa menjadi alternatif. Dengan menggunakan background 3D, kamu bisa memilih wallpaper dari berbagai kategori yang tersedia di aplikasi seperti anime, abstrak, binatang, angkasa, planet dan banyak lagi lainnya.

Selain gratis, satu hal lagi yang menarik bahwa di aplikasi ini jumlah wallpaper akan selalu bertambah setiap minggunya, jadi kamu tidak perlu takut kehabisan stok wallpaper untuk digunakan.

7. Particle Live Wallpaper n Play by Rubbish Collector

Particle Live Wallpaper n Play

Di aplikasi ini kamu bisa menerapkan wallpaper berupa partikel yang pergerakannya mengikuti interaksimu dengan layar ponsel. Kamu bisa diberikan opsi bentuk partikel yang berebeda-beda untuk digunakan, selain itu kontrol warna partikel juga bisa kamu sesuaikan dengan keinginan. Aplikasi ini gratis dengan menampilkan iklan. Tapi kamu juga bisa membeli versi Pro seharga Rp 13.000 untuk mendapatkan fitur yang lebih banyak.

8. ZENTALED Live Wallpaper by maxelus.net

ZENTALED Live Wallpaper FREE
ZENTALED Live Wallpaper FREE
Developer: maxelus.net
Price: Free+

Mirip seperti HecShareds, ZENTALED menampilkan gambar wallpaper melalui piksel berbentuk hexagonal. Setiap piksel akan berubah warna secara otomatis, wallpaper ini juga memiliki efek parallax yang membuatnya terlihat 3D.

Ada banyak 3D art, pilihan warna dan detail yang bisa kamu sesuaikan. Lalu karena live wallpaper ini didominasi warna hitam, ZENTALED sangat cocok diaplikasikan pada smartphone yang memiliki layar AMOELD atau OLED untuk menghembat penggunaan baterai.

7. Betta Fish Live Wallpaper by maxelus.net

Betta Fish Live Wallpaper FREE
Betta Fish Live Wallpaper FREE

Live wallpaper dengan ikan cupang sebagai objeknya menjadi salah satu favorit saya, karena kita bisa menikmati siripnya. Aplikasi ini akan memberikan satu wallpaper ikan cupang untuk digunakan, sayangnya untuk mengatur warna dan jenis ikan cupang lainnya kamu harus membeli versi Pro.

Namun versi gratisnya sudah cukup bagus, ikan bisa bergerak dengan lembut dan tidak terasa memberatkan ponsel. Betta Fish Live Wallpaper juga menggunakan sensor gyroscope sehingga live wallpaper terasa lebih hidup.

8. Forest Live Wallpaper by Kaka

Forest Live Wallpaper

Forest Live Wallpaper
Forest Live Wallpaper
Developer: Kaka
Price: Free+

Jika kamu menyukai alam sebagai gambar wallpaper, coba Forest Live Wallpaper. Aplikasi ini menampilkan gambar alam dengan gaya yang unik namun menarik. Tampilannya cukup membuat rileks, kamu akan melihat pemandangan pepohonan yang bergerak karena angin, bukit dan pegunungan berwarna hijau.

Menariknya lagi, Forest Live Wallpaper mempunyai fitur untuk menyesuaikan cuaca yang ditampilkan dengan cuaca dilokasimu melalui bantuan GPS. Jadi saat kamu sedang kehujanan, ia juga akan menampilkan cuaca yang sedang hujan, begitu pula dengan siang dan malam.

Dengan menggunakan pendekatan yang minimalis, wallpaper ini bisa menjadi favoritmu karena fitur-fiturnya. Forest Live Wallpaper bisa kamu gunakan secara gratis, tanpa menampilkan, hanya saja ia menawarkan opsi in-app purchase.

9. Muzei Live Wallpaper by Roman Nurik and Ian Lake

Muzei menjadi salah satu aplikasi wallpaper bergerak terpopuler di Play Store. Aplikasi gratis ini menampilkan beragam karya lukis dari banyak pelukis terkenal seperti Leonardo da Vinci dan Vincent Van Gogh. Sebagai alternatif kamu juga bisa menggunakan gambar dari galerimu atau dari aplikasi lain dan menggunakannya melalui Muzei.

10. Walloop Live Wallpaper by Walloop

Jikaa kamu butuh koleksi wallpaper bergerak yang lebih banyak, coba Walloop Live Wallpaper. Ada berbagai kategori live wallpaper yang bisa kamu pilih, download dan terapkan di layar ponselmu seperti AMOLED, anime, natural, vaporwave dan banyak lagi yang lainnya.

Selain koleksinya yang terus bertambah, kualitas live wallpaper Walloop bisa dibilang cukup bagus dengan gambar yang detil dan pergerakan yang smooth. Hanya saja tidak banyak live wallpaper yang tersedia gratis, kamu harus mendapatkan KEYS untuk membukanya. KEYS bisa didapatkan dengan memberi rating, membagikan tentang aplikasi Walloop, menonton video iklan atau membelinya.

Kabar baiknya jika kamu ingin membeli live wallpaper di Walloop, harganya hanya $8.49 untuk membuka semua wallpaper. Penawaran yang menarik bukan? Dengan sekali bayar kamu akan mendapatkan aplikasi live wallpaper yang koleksinya terus bertambah.

11. Water Garden Live Wallpaper by Illusionsoft Inc.

Live wallpaper ikan koi juga sangat populer dikalangan pengguna live wallpaper. Kamu bisa merubah tampilan layar ponselmu menjadi kolam ikan koi yang tampak nyata dengan Water Garder Live Wallpaper. Grafik aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi, ikan tampak lebih hidup karena dibuat menggunakan 3D model.

Kamu juga bisa memberi makan ikan tersebut dengan melakukan tap dilayar, ikan akan mendatangi untuk mendapatkan makanan tersebut. Kustomisasi yang diberikan cukup lengkap, kamu bisa mendekorasi kolam, merubah ukuran ikan, menambahkan rintik hujan dan lain-lain. Aplikasi ini sendiri menawarkan opsi in-app purchase untuk beberapa kustomisasi yang lebih luas.

Wallpaper Bergerak untuk Windows

Berbeda dengan Android, live wallpaper untuk PC biasanya didapatkan menggunakan sebuah aplikasi khusus. Aplikasi tersebut akan memiliki file live wallpaper tersendiri yang akan dijalankan. Umumnya satu aplikasi memiliki banyak koleksi wallpaper bergerak yang bisa diterapkan.

Wallpaper Engine

Wallpaper Engine mungkin menjadi aplikasi live wallpaper terpopuler untuk PC saat ini. Wallpaper Engine bisa kamu beli melalui Steam dengan harga sekitar Rp 36.000 sekali bayar. Kamu akan mendapatkan sebuah software untuk dijalankan di komputer, didalamnya terdapat sangat banyak koleksi live wallpaper dari berbagai kategori.

Kamu bisa menggunakan koleksi wallpaper ini tanpa biaya tambahan. Untuk menerapkannya juga sangat mudah, kamu cukup memilih wallpaper yang kamu suka, mengunduhnya lalu mengaplikasikannya.

Kamu bisa menyesuaikan pengaturan wallpaper yang tersedia seperti Playback rate, Position, Color Scheme, dual monitor dan lainnya. Usage-nya juga bisa dikontrol dengan merubah pengaturan performa agar tidak memberatkan komputermu. Menurut saya Wallpaper Engine adalah yang terbaik karena koleksinya yang banyak dan kemudahan penggunaannya.

Sayangnya Wallpaper Engine hanya mendukung sistem operasi Windows saja, jadi untuk pengguna Ubuntu atau Mac mungkin kamu perlu menemukan solusi lain.

Desktophut

Desktophut

Desktophut tersedia gratis dengan koleksi live wallpaper HD yang tidak kalah banyaknya. Seperti Wallpaper Engine, kamu perlu menginstall aplikasi Desktophut di PC untuk menjalankan live wallpapernya. Desktophut juga punya beberapa fitur seperti Dual Monitor, Sound dan pengaturan Volume.

Berbeda dengan Wallpaper Engine yang bisa mencari wallpaper langsung melalui aplikasi, di Desktophut kamu harus mencari dan mengunduh file live wallpaper melalui website mereka dan memasukkannya ke aplikasi Desktophut.

Untuk saat ini hanya Wallpaper Engine dan Desktophut yang menjadi pilihan terbaik menurut saya jika dilihat dari harga, performa, kualitas dan koleksi wallpapernya. Memang ada beberapa aplikasi serupa lain, namun dijual dengan harga yang jauh lebih mahal.

Sedikit tambahan, Desktophut juga bisa kamu gunakan di Ubuntu dan Android. Karena koleksinya yang cukup banyak mungkin bisa menjadi alternatif lain untuk kamu yang sedang menjadi wallpaper bergerak untuk Android.

Penutup

Sudah menemukan wallpaper bergerak untuk Android yang kamu suka?

Karena sangat banyak pilihannya, kami akan mencoba menambahkan opsi lain dilain kesempatan. Sedangkan untuk komputer, menurut saya sangat mudah memutuskan apakah Wallpaper Engine atau Desktop Hut yang akan kamu gunakan.

Jika memiliki pertanyaan atau menemui kendala saat menggunakan aplikasi wallpaper diatas, silahkan tanyakan melalui kolom komentar dibawah dan saya akan dengan senang hati membantu. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.

Cheers!

Donny Satriya
Donny adalah pendiri sekaligus penulis di Nokturnal.id, menyukai dunia teknologi sejak lama. Tidak memiliki hobi khusus, namun menyukai musik dari berbagai genre.