Hutan Wisata Adalah? Berikut Pengertiannya Simak Baik-Baik.

Hutan Wisata adalah kawasan hutan yang diperuntukkan secara khusus untuk dipelihara guna kepentingan pariwisata. Menurut ahli perhutanan, hutan dapat digolongkan sebagai hutan wisata jika memiliki beberapa unsur seperti memiliki sumber daya alam yang indah berupa pemandangan alam, flora, hingga fauna.

Manfaat Hutan Wisata

hutan wisata adalah

Hutan wisata mempunyai manfaat simak berikut ini:

rekreasi dan wisata alam

Memang sudah diatur dalam Keputusan Menteri Kehutanan bahwa hutan wisata dibentuk dikhususkan salah satunya untuk kegiatan pariwisata. Sehingga fungsi yang utama adalah sebagai wahana untuk berwisata alam. Wisata di hutan tentu saja berbeda dengan tempat lainnya.

Sarana penelitian dan pengembangan

Hutan wisata adalah jenis hutan yang disediakan untuk dikunjungi orang banyak. Jadi tidak semua hutan itu boleh untuk dikunjungi, dan hutan wisata ini adalah jenis hutan yang dibuka untuk umum. Jadi selain sebagai tempat pariwisata, manfaat hutan adalah sebagai sarana penelitian dan pengembangan.

Sarana pendidikan atau edukasi

Bahwasannya hutan juga dapat sigunakan sebagai tempat belajar dan proses pembelajaran. Hutan ini sangat cocok digunakan sebagai tempat pembelajaran bagi semua umur, mulai dari balita namun juga lansia, asalkan disesuaikan dengan kegiatan yang sesuai.

Sarana kegiatan penunjang budaya

Digunakan untuk kepentingan yang sifatnya umum, hutan ini juga digunakan sebagai tempat penunjang aktivitas budaya. Banyak sekali suku bangsa yang dimiliki Indonesia ini, semuanya beragam macam dan sangat mewakili daerahnya masing-masing. Suku bangsa di Indonesia masih kental dengan adatnya, kedaerahannya, dan tradisionalismenya, sehingga masyarakat kedaerahan atau masyarakat tradisional sangat dekat dengan alam.

Jenis-jenis hutan dapat dibedakan berdasarkan hal-hal berikut, yaitu:

1) Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya hutan dibedakan menjadi:

a. Hutan Lindung

Hutan Lindung adalah hutan yang berfungsi menjaga kelestarian tanah dan tata air wilayah.

b. Hutan Suaka Alam

Hutan Suaka alam adalah kawasan hutan yang karena sifat-sifatnya yang khas diperuntukan secara khusus untuk perlindungan alam hayati atau manfaat-manfaat yang lainnya. terdiri dari Cagar alam dan Suaka margasatwa.

Cagar Alamiah kawasan suaka alam yang keadaan alamnya mempunyai kekhasan tumbuhan, satwa dan ekosistem atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami.

Suaka margasatwa ialah kawasan suaka alam yang mempunyai cirri khas berupa keanekaragaman atau keunikan jenis satwa yang untuk kelangsungan hidupnya dapat dilakukan pembinaan terhadap habitatnya.

c. Hutan Wisata

Hutan Mangrove PIK, Destinasi Wisata yang Bikin Bahagia Hidup di Jakarta

Baca Juga:

Hutan Wisata adalah hutan yang diperuntukan untuk dibina dan dipelihara guna kepentingan pariwisata atau wisata baru.

Taman Wisata adalah hutan yang memiliki keindahan alam baik keindahan nabati, keindahan hewani, maupun keindahan alamnya sendiri yang mempunyai corak khas yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan rekreasi dan kebudayaan.

Di kawasan ini terdapat ekosistem dan keindahan khusus yang keadaan alamnya secara fisik tidak mengalami perubahan yang diakibatkan karena perbuatan manusia. Contoh taman laut adalah taman laut bunaken.

d. Hutan Produksi

Hutan Produksi berfungsi sebagai penghasil kayu atau non kayu, seperti hasil industri kayu dan obat-obatan.

a. Hutan Heterogen

Hutan Heterogen adalah hutan yang ditumbuhi oleh berbagai macam pohon, misalnya hutan rimba. Biasanya di daerah tropic yang banyak hujannya seperti di Amerika Tengah dan Selatan, Afrika, Asia Tenggara dan Australia Timur Laut pohon-pohonnya tinggi dan berdaun lebar. Di Indonesia hutan Heterogen antara lain terdapat di pulau Jawa, Sumatra,Kalimantan dan Irian Jaya.

b. Hutan Homogen

Hutan Homogen: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya Halaman all - Kompas.com

Hutan Homogen adalah hutan yang ditumbuhi oleh satu macam tumbuhan. Pada umumnya hutan homogen dibuat dengan tujuan tertentu, misalnya untuk reboisasi, penghijauan, atau keperluan perluasan industri. Contoh hutan homogen antara lain hutan jati dan hutan pinus.

Nah itulah penjelasan tentang dengan berbagai manfaat yang didapatkan. Apabila ada masukan atau kritik bisa menghubungi kami. Semoga artikel ini bermanfaat menambah wawasan kamu untuk mengetahui lebih banyak hutan.

 

 

Exit mobile version